Cuitan Twitter Berlabel untuk Melindungi kamu dari Disinformasi

Twitter dilaporkan merilis fitur baru untuk membantu pengguna mendeteksi informasi yang menyesatkan.


label-twitter

Ilustrasi platform media sosial Twitter. (Foto: Getty Images lewat Canva)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Twitter memperluas fitur labelisasi untuk cuitan yang dianggap berpotensi mengandung disinformasi.

Setelah memberikan label dan peringatan untuk cuitan diduga disinformatif, yang akan dire-tweet pengguna, Twitter kini melakukan hal yang sama untuk pengguna yang ingin memberikan like untuk cuitan yang dimaksud.

Mengutip NDTV, fitur baru tersebut sudah dirilis untuk pengguna Twitter global, baik yang memakainya di iOS maupun yang mengakses Twitter versi web.

Lewat pernyataan resmi di akun Twitter Support, terlihat jelas bagaimana Twitter sangat percaya diri dengan kemampuan kedua fitur tersebut untuk mengerem laju disinformasi di platform mereka.

Menurut Twitter, percobaan pemberian label membantu mengurangi penyebaran Cuitan yang Dikutip (fitur Retweet) dan ditengarai mengandung disinformasi sampai 29 persen.

Faktor tersebut ikut menyumbang keputusan Twitter untuk memberi fitur serupa bagi siapa pun yang ingin memberi tanda “Likes” untuk cuitan yang berpotensi mengandung informasi yang tidak benar.

Sebelumnya dilaporkan Twitter mengaktifkan fitur pemberian label yang sudah dimulai sejak Pemilu Amerika Serikat.

Pemberian label tersebut agaknya didasari keinginan untuk membuat platform blog mikro itu lebih “bersih” dari informasi menyesatkan yang potensial muncul dimana-mana, terutama di momen-momen krusial seperti pemilihan umum dan pandemi coronavirus.

Baca Juga:  iPhone 12, MagSafe, HomePod Mini: tiga Produk Apple Terbaru
Temukan artikel menarik lainnya di topik: berita teknologi

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru