Penulis: Dina Meidiana

Creative Block? Ini Tips Untuk Mengatasinya 

Sebenarnya, creative Block sangatlah wajar dialami oleh pekerja kreatif. Tapi, ketika hal ini terjadi juga akan membuat diri sendiri menjadi gemas.

the Monkey Times – Bagi pekerja di bidang kreatif, seringkali mengalami creative block atau tidak bisa menemukan inspirasi. Padahal ketika tidak menemukan inspirasi tentu saja pekerjaan akan melambat dan suka bikin kesal. Apakah kamu juga pernah mengalami hal ini? Aku pun sering kali mengalaminya. Paling pusing kalau sudah dikejar deadline. 

Tapi, ada beberapa cara yang bisa yang bisa membantumu agar bisa memperoleh inspirasi di tengah creative block yang melanda. Disini aku akan bagikan beberapa tips yang mungkin bisa membantu kamu untuk tetap berkarya di tengah kebuntuan ide. Yuk, simak apa saja tipsnya di bawah ini. 

Tips Atasi Creative Block 

Sebenarnya, creative Block sangatlah wajar dialami oleh pekerja kreatif. Tapi, ketika hal ini terjadi juga akan membuat diri sendiri menjadi gemas. Karena jelas pekerjaan harus tetap selesai dan memuaskan klien. Nah, jika kamu mengalami hal ini, maka lebih baik kamu melakukan beberapa tips yang sering aku jalani berikut ini: 

Istirahat sejenak

Ketika aku sedang tidak tahu harus membuat sebuah tulisan atau konten apa, biasanya aku akan beristirahat sejenak. Terkadang aku akan main game atau hanya sekedar scroll media sosial. Bahkan aku pernah memejamkan mata sesaat dan mengosongkan pikiran. Lakukan saja sekitar 10 menit hingga 15 menit. 

Dengan cara ini, biasanya pikiran akan lebih jernih. Kemudian bisa mendapatkan inspirasi yang kamu perlukan. Kamu tidak harus mengikuti caraku, bisa juga melakukan hal lain yang bisa meningkatkan mood booster. Bisa minum kopi, mendengarkan musik dan lain sebagainya. Selama bisa membuatmu mendapatkan inspirasi selama istirahat, lakukan saja. 

Ide kecil jangan terlewatkan 

Terkadang kita tidak menyadari bahwa sudah banyak ide yang terpikirkan. Tapi, karena memikirkan ide yang sekiranya lebih baik, membuat kamu jadi tidak mengeksplorasi lebih jauh ide tersebut. Maka daripada itu, ada baiknya kamu langsung saja membuat ide-ide kecil yang sudah terbesit. 

Hal ini sering sekali aku lakukan ketika sedang menulis. Dimana ide yang muncul akan aku tuliskan saja langsung. Walaupun hanya judul saja, tapi secara perlahan kerangka tulisan pun akan muncul. Jadi, tidak masalah walau yang muncul hanyalah ide-ide kecil, karena bisa jadi itu akan membantu kamu mendapatkan inspirasi yang dapat dikembangkan. 

Berjalan-jalan

Terkadang creative block terjadi karena rasa suntuk karena memandang satu tempat yang sama. Kalau kamu bekerja di sebuah agency, tidak ada salahnya untuk berjalan-jalan di sekitar kantor. Mencari pemandangan baru akan sangat membantu sekali untuk menjernihkan pikiran. Tidak usah terburu-buru, selama kamu menikmati lingkungan sekitar, biasanya akan muncul satu atau dua ide sekaligus. 

Kalau aku biasanya berjalan-jalan sekitar area kantor dengan tujuan membeli cemilan atau hanya sekedar ingin menyegarkan pikiran saja. Walau pemandangan yang dilihat mungkin sangat familiar, tapi melihat orang beraktivitas akan sangat membantu pikiran menjadi lebih segar. 

Nonton Youtube 

Nah, tips yang ini terbilang sangat ampuh untukku. Kalau sudah mentok, pasti akan membuka Youtube, kemudian mencari konten-konten yang bisa merefreshkan otak. Karena aku penggemar k-pop, sering kali mencari video kompilasi dari idola yang aku sukai. Terkadang saat menonton konten ada saja ide yang terbesit. 

Apalagi di Youtube banyak sekali konten menarik yang juga bisa dikembangkan menjadi sebuah ide menarik. Kamu juga bisa menonton berbagai konten yang sekiranya bisa membuat rileks selama sesaat. Karena ketika pikiran rileks, maka ide secara terus menerus akan masuk ke otak. Kamu pun bisa dengan mudah mengerjakan pekerjaan dan deadline pun tidak akan terlewat. 

Diskusi dengan teman 

Berdiskusi dengan teman kantor juga bisa cara ampuh ketika kamu mengalami creative block. Kamu bisa mengobrolkan hal-hal ringan bersama dengan teman. Dari diskusi yang dijalankan pun juga kamu bisa saja memperoleh ide yang bisa mungkin bisa dikembangkan. Banyak sekali hal-hal menarik yang bisa saja menjadi topik untuk karyamu. 

Tidak harus berdiskusi secara serius, terkadang mengobrol sambil bercanda juga akan bisa memberikan inspirasi yang menarik. Karena pada dasarnya ketika terjun ke dua kreatif, hal paling utama ada terus belajar banyak hal termasuk dengan berdiskusi bersama dengan teman ataupun orang lain. 

Selama ini, aku selalu menjalankan tips di atas apabila memang tidak ada satupun inspirasi untuk aku jadi tuliskan atau saat ingin buat konten. Menurutku pun tips di atas cukup berhasil membantuku untuk menghasilkan ide-ide menarik. 

Apabila kamu mempunyai cara lain untuk bisa membantu mendapatkan inspirasi juga tidak masalah. Asal yang kamu lakukan tetap dalam batas positif. Menjadi pekerja kreatif memang penuh dengan tantangan. Karena kita sendiri harus dituntut untuk mendapatkan ide baru. Jadi, jangan menyerah kalau tidak menemukan inspirasi, ya.