Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Beberapa Cerita Seram Nyata di Jogja ini bikin Aku Susah Tidur

Masih banyak masyarakat yang percaya akan cerita mistis.


cerita seram nyata di Jogja

Ilustrasi cerita seram nyata (Foto : Udi Almog/ Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Selain dikenal sebagai kota pelajar dan wisata, ada banyak cerita seram nyata di Jogja yang bikin aku susah tidur.

Iklan

Hal ini juga tidak lepas dari budaya serta adat istiadat kota tersebut. Di mana masih banyak masyarakat yang percaya cerita mistis.

Kalau sudah cukup lama tinggal di Jogja, mungkin kamu akan sering mendengar banyak cerita misteri yang berhubungan dengan lokasi tertentu di seantero provinsi tersebut. Mulai dari rumah pocong sampai kisah hantu kampus terkenal, banyak kisah misteri yang kadang bikin susah tidur.

Iklan

Rumah Pocong Sumi 

Dari namanya saja sudah bikin merinding. Rumah yang satu ini sangatlah terkenal sekali. Bahkan ada beberapa stasiun TV yang memberitakannya.

Lokasinya juga berada di tengah Kotagede. Kamu pasti penasaran, kenapa disebut dengan Rumah Pocong Rumi. 

Iklan

Konon, pada sekitar tahun 1935 rumah ini ditempati oleh Mbak Sumini dengan sang suami.

Rumah yang mereka diami ini adalah warisan dari orang tua Mbak Sumini. Suatu hari, suami dari Mbak Sumini harus pergi untuk mengurusi bisnis. 

Sang suami berpesan kepada Mbak Sumini supaya tidak membuka pintu rumah pada malam hari meski ada yang mengetuknya.

Mengingat bahwa Mbak Sumini hanya sendiri. Tapi, ternyata ada tiga orang perampok yang sudah mengincar rumah tersebut.

Katanya memang kala itu keluarga Mbak Sumini adalah orang berada, sehingga banyak sekali yang berniat jahat. 

Ketika sendirian, rumah Mbak Sumini ini diketuk oleh ketiga perampok tersebut. Mereka berteriak bahwa suaminya mengalami kecelakaan.

Karena panik, Mbak Sumini lupa dengan pesan suaminya. Ia pun membuka pintu tersebut dan akhirnya perampok masuk. 

Kawanan perampok ini tidak hanya menggasak habis harta Mbak Sumini. Tapi juga memperkosanya lalu dibunuh dengan cara dicekik. Tragedi yang terjadi tersebut membuat rumah ini kosong hingga lebih dari 40 tahun. 

Sosok pocong yang sering menampakan diri di rumah tersebut dipercaya adalah Mbak Sumini. Banyak warga yang mengatakan bahwa pocong ini sering terlihat duduk di teras rumah sekitar pukul 10 malam. 

Hingga saat ini, rumah angker ini masih dijaga dan ada pemiliknya walaupun tidak pernah ditempati. Nah, apakah kamu berani mengunjungi rumah ini? 

Cerita Mbah Atin 

Bagi masyarakat Yogyakarta, sosok Mbah Atin sudah sangat dikenal. Ia adalah seorang nenek yang tidak diketahui dari mana asalnya dan juga sejarahnya. Setiap kali Mbah Atin muncul, ia selalu memakai kebaya berwarna kuning serta membawa tas hitam. 

Lalu, kenapa sosok Mbah Atin jadi cerita urban legend? Jawabannya adalah ketika Mbah Atin muncul di suatu tempat atau daerah, maka tak lama akan ada bencana yang datang. Bahkan beberapa orang mengatakan bahwa Mbah Atin adalah pencabut nyawa. 

Karena siapa saja yang bertemu dirinya, bahkan hanya di mimpi, tak lama kemudian orang yang memimpikannya itu akan meninggal.

Hingga saat ini tidak ada kepastian tentang siapa sebenarnya sosok Mbah Atin. Banyak yang menganggap bahwa Mbah Atin adalah penganut ilmu hitam. 

Meski tidak ada kejelasan tentang sosok nenek ini, tapi sebagian masyarakat Yogyakarta percaya bahwa Mbah Atin benar-benar ada. 

Pasukan Lampor 

Kalau berbicara cerita misteri di D.I Yogyakarta, pasti ada kisah tentang Nyi Roro Kidul. Penguasa pantai selatan ini memang menjadi ikon urban legend di Jogja. Khususnya bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Kali Code. 

Warga yang tinggal di area tersebut percaya akan keberadaan pasukan Lampor. Konon, pasukan Lampor adalah pengawal dari Nyi Roro Kidul. Pada malam-malam tertentu, di Kali Code akan terdengar suara gemerincing serta kaki kuda yang berderap. 

Masyarakat disana percaya bahwa ini pasukan Lampor sedang mengantarkan Nyi Roro Kidul mengunjungi Gunung Merapi.

Mereka juga meyakini, bila ada seseorang yang melihat pasukan ini lewat, maka akan diajak ke istana Nyi Roro Kidul dan tidak akan kembali lagi.

Jadi, jangan heran ketika suara-suara ini terdengar, warga Kali Code akan menutup pintu dan jendela mereka. 

Mbak Yayuk Penghuni FE UGM 

Siapa di antara kalian yang pernah atau sedang berkuliah di Fakultas Ekonomi UGM? Kalau iya, pasti pernah mendengar cerita tentang Mbak Yayuk. Sosok Mbak Yayuk sering terlihat oleh mahasiswa di sana. 

Ia sering muncul di koridor 3, di ruangan U-302 atau U-305. Mbak Yayuk ini tidak ada bedanya dengan mahasiswi yang belajar di fakultas tersebut.

Ia sering berbaur di tengah-tengah mahasiswa dan mahasiswi dari FE. Perbedaannya adalah dari pakaiannya saja yang terlihat anak muda jaman dulu. Bahasa kerennya pakai baju vintage. 

Jika terlihat, biasanya mahasiswa di sana akan menyapanya dan memanggilnya “Mbak”. Tapi, lebih baik kamu tidak menyapa bila bertemu Mbak Yayuk. Menurut cerita yang beredar, Mbak Yayuk dulunya adalah seorang mahasiswi yang pintar dan rajin. 

Ketika sudah di semester akhir, Mbak Yayuk mengajukan skripsi dan sidang. Namun, ditolak oleh dosennya. Karena kecewa, akhirnya ia pun bunuh diri. Sehingga arwahnya pun sering bergentayangan di FE UGM. 

Itulah beberapa cerita seram nyata di Kota Yogyakarta yang terkenal. Kalau kamu bertemu dengan sosok-sosok tersebut, apa yang kamu lakukan? 

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments