Connect with us

Hi, what are you looking for?

Cara Hidup

Cara Menyimpan Beras: Antara Memakai Freezer atau Kotak Kering

Asal disimpan dengan benar, beras bisa tahan sampai 30 tahun.

cara-menyimpan-beras
Ilustrasi beras, makanan pokok orang Indonesia. (Foto: Getty Images lewat Canva Pro)

the Monkey Times – Bahan makanan seperti beras terlanjur jadi kawan akrab bagi sebagian besar orang Indonesia. Selain mudah dimasak, beras juga dikenal sebagai bahan makanan yang penuh nutrisi dan energi.

Rasanya setiap rumah tangga di Indonesia selalu menyimpan cadangan beras, atau setidaknya selalu memasukkan beras ke dalam daftar belanja bulanan.

Beruntung beras merupakan tipikal bahan pangan yang tahan bertahun-tahun, asal disimpan dengan cara yang benar.

Sebetulnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi penyimpanan beras:

  1. Suhu udara dimana beras disimpan
  2. Teknik penyimpanan
  3. Jenis wadah penyimpanan
  4. Kondisi wadah penyimpanan
  5. Keberadaan penyerap oksigen

Artikel ini akan membantu Anda menyimpan beras dengan cara yang benar dan tepat, agar beras tahan lama dan siap digunakan kapan saja. Nah pertanyaannya: bagaimana cara menyimpan beras agar tahan bertahun-tahun?

Menyimpan beras memakai freezer

Mengutip Foods Guy, menyimpan beras di freezer merupakan teknik terbaik untuk menyimpan beras, memperpanjang ‘usianya’, dan menjadikannya bebas kutu.

Lalu kunci penyimpanan beras supaya tahan lama terletak pada penggunaan kantung kering dan kedap udara.

Taruh beras di dalam kantung kedap udara, dan simpan kantung tersebut di dalam freezer. Dengan begitu beras bisa tahan sampai 30 tahun.

Namun kalau Anda cenderung lebih suka menyimpan beras merah, cara di atas tidak akan membuat beras merah tahan dalam jumlah tahun yang sama seperti menyimpan beras putih.

Ketahanan beras merah paling maksimal hanya sampai 18 bulan bila disimpan di dalam freezer.

Cara lain menyimpan beras agar tahan bertahun-tahun

Selain di freezer, Anda juga menyimpan beras di kotak kering. Laman Knife Up menyarankan Anda menyimpan beras di kotak penyimpanan dengan suhu 21 derajat celcius.

  Tips Sederhana mengelola Keuangan untuk Kaum Milenial

Sebelum menyimpan beras di kotak kering, Anda tentu perlu menaruh beras di dalam kantong rapat, atau setidaknya kantong yang mampu menyerap oksigen di dalam bahan makanan.

Untuk keperluan tersebut, Anda tinggal membeli kantung plastik dengan penutup yang difungsikan khusus untuk menyimpan makanan.

Walau begitu, sebaiknya pilih kantung plastik yang penutupnya tidak terlalu rapat, supaya beras masih bisa memperoleh oksigen dalam jumlah cukup.

Bila Anda tidak bisa menemukan kantung yang dibuat khusus untuk beras, Anda bisa menyimpan beras di kantung biasa dan meletakkan penyerap oksigen di dalam kotak penyimpanan beras.

Benda seperti penyerap oksigen banyak dijual di pasaran dan pastinya mudah ditemukan di banyak marketplace.

Hanya saja Anda harus memeriksa fungsi alat penyerap oksigen sebelum membelinya. Sebab tipe-tipenya berbeda.

Ada yang dibuat khusus untuk makanan kering, dan ada yang dibuat spesifik untuk makanan yang mudah lembab.

Dengan kata lain, pada dasarnya ada beberapa opsi metode yang bisa digunakan untuk menyimpan beras supaya tahan bertahun-tahun:

  1. Menyimpan di kotak kering yang bersih

Penting untuk menyimpan beras di kotak penyimpanan yang bersih, kendati beras bukan tipe bahan makanan yang sensitif terhadap material seperti plastik, kaca atau besi.

Sederhananya, Anda bisa menyimpan beras di kotak penyimpanan berbahan apa pun. Kuncinya adalah Anda menyimpannya di dalam kotak dengan menyertakan penyerap oksigen.

Jangan sampai kotak penyimpanan kotor, sebab beras akan menyerap debu, sehingga nantinya berbau. Kalau sampai berbau, rasanya sudah pasti berubah.

  1. Menaruh penyerap oksigen di dalam kotak kering

Penyerap oksigen biasanya dijual dalam bungkusan kecil. Kita mudah mengidentifikasinya sebab benda tersebut biasanya disertakan dalam bungkus makanan yang mudah rusak atau basi.

  Cara dan Strategi Menabung Emas di Waktu yang Tepat

Fungsi utama penyerap oksigen adalah mencegah minyak merusak bahan makanan, sekaligus mencegah kemunculan jamur.

Nah, benda ini juga bakal menyerap oksigen dan inilah fungsi yang membantu beras berumur panjang ketika disimpan di kotak yang kering dan bersih.

Cara menyimpan beras menggunakan kotak kering

  • Siapkan kotak kering.
  • Masukkan beras ke dalam kantung plastik yang mudah dibuka dan ditutup.
  • Simpan kantung beras di dalam kotak kering.
  • Masukkan penyerap oksigen ke dalam kotak.
  • Simpan kotak kering di tempat yang bersuhu tidak lebih dari 21 derajat celcius.
Written By

Redaktur the Monkey Times yang hobi menulis apa saja yang menarik. Pokoknya gitu aja.

Artikel Terkait

Mau Tahu Donk

Tank lahir di situasi Perang Dunia 1. Dan dalam sejarah, Inggris merupakan negara pertama yang mengembangkan tank untuk keperluan perang.

Islam

Berniat puasa di 10 hari awal bulan Dzulhijjah? Ini dia panduan niat dan lafalnya.

Mau Tahu Donk

the Monkey Times – Salah satu bahasa atau dialek khusus yang dimiliki oleh warga Malang adalah osob kiwalan atau boso walikan. Mulai dari anak...

Mau Tahu Donk

Bukan cuma Amerika Serikat yang masih memiliki senjata nuklir. Masih ada delapan negara lain yang memegang senjata yang sama.

Foodies

'Keju keledai' toh nyatanya jadi keju termahal sejagat. Harganya kurang lebih sekitar $600 per kilogram, atau sekitar Rp 8,7 juta bila dikonversi ke dalam...

Mau Tahu Donk

Pancasila pada dasarnya adalah ideologi negara. Dan karenanya sila 1 Pancasila bisa diamalkan di kehidupan sehari-hari juga.

Mau Tahu Donk

Di Indonesia kita mengenal angin muson sebagai penanda pergantian musim. Lantas apa pengertiannya dan apa pengaruhnya terhadap iklim di negara ini?

Sehat dan Bahagia

Kita tentu tahu 75 persen tubuh kita terdiri dari air. Tanpa air tubuh bakal mengalami dehidrasi. Dan tanpa air, sistem metabolisme tubuh takkan bisa...