Penulis: Dina Meidiana

Rindu Kampung Halaman Saat Merantau? Obati dengan Cara Berikut Ini

Jika kalian memang sedang merasa rindu dengan keluarga dan suasana di kampung halaman, sebisa mungkin bertahan, ya.

the Monkey Times – Aku yakin banyak diantara kalian yang tengah merantau dan jauh dari keluarga.

Kalau kota tempat mencari rezeki dekat, sudah pasti bisa sering pulang. Tapi, kalau jauh bahkan beda pulau sudah pasti akan merasa rindu dengan lingkungan di rumah dan keluarga. 

Aku pun juga merasakan hal yang sama, walaupun kota merantau dan kampung halaman dekat, tapi kesempatan untuk pulang tidak terlalu banyak karena waktu yang kuhabiskan untuk bekerja.

Jadi, rasa kangen bisa bertumpuk dan ingin sekali rasanya pulang tapi masih banyak sekali hal yang harus dilakukan. 

Bagi kalian yang juga mengalami kondisi yang sama denganku, mungkin bisa menggunakan beberapa cara yang hampir setiap hari aku lakukan agar rasa rindu dengan orang rumah bisa terobati. 

Tips Agar Rasa Kangen Kampung Halaman Terobati Saat Merantau 

Ada banyak sekali cara yang aku lakukan agar rasa rindu bisa terobati atau setidaknya aku tidak terlalu terbebani dengan perasaan ini. Mungkin kamu juga bisa melakukan hal yang sama agar bisa lebih fokus untuk bekerja di perantauan. Ini caranya: 

  1. Video call dan chatting sebisa mungkin 

Karena kemajuan teknologi saat ini sudah sangat keren, jadi aku juga memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Video call dan chatting adalah hal yang paling sering aku lakukan. Walau hanya sebentar, setidaknya aku bisa melihat wajah keluarga di rumah. Mengetahui kondisi mereka dan melihat apa yang sedang mereka lakukan. 

Aku bahkan selalu chatting setiap hari dengan salah satu saudara di rumah agar bisa terus menjalin ikatan kekeluargaan kami. Cara ini juga yang paling mudah dan juga paling ampuh untuk mengatasi rasa kangen dengan keluarga di rumah. 

  1. Ikut kegiatan sosial 

Aku juga sering mengikuti kegiatan sosial yang diadakan dari beberapa komunitas. Karena aku pecinta hewan, maka aku akhirnya menjadi relawan untuk bisa membantu hewan di tempat aku merantau.

Setidaknya ini bisa membantu diriku untuk mencari teman baru dan mengobati rasa rindu yang tidak ada habisnya. 

Dengan membantu komunitas, aku jadi merasa mempunyai keluarga baru yang akan selalu menemani ketika aku rindu dengan keluarga di rumah. Terjun ke dunia sosial juga sangat membantuku untuk selalu bersyukur di tengah sulitnya mencari rezeki di kota orang. 

  1. Bertemu dengan teman dari kota yang sama 

Ada beberapa teman baik itu dari SD, SMP atau SMA yang ternyata juga merantau di kota yang sama denganku. Aku pun mulai menjalin silaturahmi dengan mereka. Bertemu dikala senggang sembari nostalgia setidak bisa membuat perasaanku menjadi lebih tenang dan rasa rindu pun akan bisa terobati. 

Setidaknya bertemu dengan teman dari satu kota yang sama bisa saling memahami. Sehingga bila ada kesulitan pun akan ada teman yang membantu dan menemaniku. Walau pun tidak terlalu sering bertemu, tapi cara ini cukup ampuh ketika rasa rindu terhadap kampung halaman sedang muncul. 

  1. Mencari kuliner dari kota asal 

Kadang rasa kangen yang aku alami tidak hanya kepada keluarga dan lingkungan saja, tapi juga beberapa jenis makanan yang berasal dari daerahku. Aku sendiri lahir dan besar di Jakarta, ada banyak sekali makanan yang jarang aku temui di kota tempat aku merantau sekarang ini. 

Tapi, bukan berarti tidak ada. Jadi aku pun kadang akan mengunjungi warung makan yang menjual kuliner khas Jakarta. Biar rasa kangen bisa terobati dan aku pun bisa menikmati rasa yang sudah akrab semenjak aku kecil. Aku paling sering makan bubur ayam dan ketoprak Jakarta yang memang jarang aku temui. 

  1. Menyusun rencana jika ada kesempatan pulang kampung 

Cara ini sendiri mungkin akan aku lakukan jika memang tidak ada lagi kegiatan atau sedang malas keluar kost.

Biasanya aku akan menyusun rencana jika bisa kembali ke kampung halaman. Mulai dari mengunjungi seluruh keluarga, makan di resto favorite sampai mengunjungi beberapa tempat wisata

Dengan cara ini setidaknya aku menjadi lebih fokus untuk terus berusaha sehingga nantinya keluarga pun bisa merasakan usahaku di kota orang. Kadang aku akan menyusun rencana sedetail mungkin dan ku tempelkan di planner. Jadi, dikala sudah ada waktu, aku akan melakukan semua rencana yang telah aku susun. 

Itulah beberapa cara yang aku lakukan untuk bisa mengobati rasa rindu terhadap kampung halaman. Mengingat kondisi pandemi yang sedang terjadi, aku beberapa kali mengurungkan niat untuk pulang kampung. Jadi, hanya dengan cara tersebut aku bisa bekerja dengan tenang selama diperantauan. 

Jika kalian memang sedang merasa rindu dengan keluarga dan suasana di kampung halaman, sebisa mungkin bertahan, ya. Karena kamu sekarang sedang berjuang agar bisa memberikan kebahagiaan untuk mereka.