Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Topik: Panduan

Cara Mencegah Kucing Sakit Kala Musim Hujan

the Monkey Times – Musim hujan telah tiba, tidak hanya manusia saja yang bisa menurun imunitas tapi kucing pun juga. …


kucing sakit

Tampilan kucing (Foto : Karisea/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Musim hujan telah tiba, tidak hanya manusia saja yang bisa menurun imunitas tapi kucing pun juga.

Iklan

Pada musim ini penyebaran virus dan bakteri meningkat, sehingga kemungkinan kucing terkena penyakit juga cukup besar.

Agar kucing tidak jatuh sakit ketika musim hujan datang, simak beberapa cara pencegahannya dalam artikel. 

Iklan

Cara Mencegah Kucing Sakit Saat Musim Hujan 

Ketika musim hujan, matahari tidak akan muncul terlalu sering. Ini menyebabkan virus dan bakteri menyebar dengan mudah.

Jika kamu tidak menjaga kesehatan kucing kesayangan, mereka akan sakit dan bahkan berakibat kematian. Agar hal ini tidak terjadi, berikut ini adalah cara mencegah agar kucing tidak sakit: 

Iklan

Usahakan kucing tidak main di luar rumah 

Ada baiknya kamu tidak membiarkan kucing main keluar rumah. Ketika musim hujan, kadang cuaca yang cerah bisa berubah mendung dengan cepat dan tak lama hujan akan turun.

Ditakutkan ketika sedang main di luar rumah, kucing tidak bisa pulang karena terjebak hujan. Selain itu tubuh mereka pasti basah dan akibatnya akan kedinginan. 

Bila suhu tubuh kucing karena dingin, mereka bisa sakit. Sama seperti manusia, kucing juga bisa pilek.

Ketika pilek menyerang, maka virus pun akan masuk dan membuat penyakit akan semakin parah.

Jika kamu ingin mengeluarkan kucing agar bisa terkena matahari sebentar, lebih baik tetap di kandang sebentar. 

Kamu juga harus memperhatikan tingkat stress pada kucing kesayangan. Karena selalu dikurung di rumah juga bisa membuat mereka stress.

Agar mereka tidak stress, berikan perhatian yang lebih dan ajak mereka bermain. Kamu bisa membeli beberapa mainan kucing yang bisa membuat mereka tetap aktif. 

Jaga kebersihan 

Kunci kesehatan pada kucing adalah kebersihan. Kamu menjaga kebersihan di tempat yang sering didatangi kucing, seperti kandang, area bermain, area beristirahat hingga litter box.

Bersihkan tempat-tempat itu secara rutin dan jika perlu disemprot dengan cairan desinfektan agar virus dan bakteri mati. 

Sedangkan khusus untuk litter box harus kamu bersihkan setiap hari. Cuci litter box agar tidak ada sisa kotoran yang menempel.

Jika kucing buang air, jangan tunda lagi untuk membersihkannya. Gunakan pasir kucing yang berkualitas agar kebersihan area toilet mereka tetap terjaga. 

Berikan alas untuk tidur kucing 

Udara yang dingin saat musim hujan adalah musuh untuk kesehatan anabul. Karena suhu rendah bisa membuat kucing sakit.

Agar mereka tidak kedinginan, lebih baik kamu selalu membuat tempat istirahatnya selalu hangat. Berikan saja alas pada kandang atau area tidur kucing kesayangan. 

Kamu mungkin bisa membeli pet bed agar kucing tetap hangat walau udara sedang dingin.

Tapi, jika terlalu mahal bisa juga kamu membuat rumah-rumahan kucing dari kardus dan berikan kain bekas bersih untuk alasnya. Adanya tempat tidur nyaman juga akan membuat kucing enggan keluar di saat musim hujan. 

Berikan suplemen tambahan 

Banyak sekali suplemen khusus kucing yang bisa membantu menjaga imun. Kamu bisa mencarinya di pet shop terdekat.

Semisalnya adalah Nutriplus Gel, minyak ikan, Vita Gel dan lain sebagainya. Kamu bisa memberikannya sesuai dengan aturan yang sudah tercantum.

Kamu juga bisa ke dokter hewan untuk mendapatkan vitamin khusus untuk anabul kesayangan. 

Jangan terlalu sering dimandikan 

Jika bisa, kamu jangan terlalu sering memandikan kucingmu. Inilah alasan lain kenapa sebaiknya tidak membiarkan kucing main di luar rumah agar tetap membuat tubuh mereka bersih.

Memandikan kucing di saat musim hujan bisa membuat anabul masuk angin. Di mana tandanya adalah muntah dan tidak mau makan. 

Apabila memang terpaksa harus dimandikan, pastikan menggunakan air hangat dan langsung mengeringkan tubuh kucing secepatnya.

Agar kucing tidak merasa kedinginan terlalu lama. Setelah dimandikan, kamu juga harus menjaga tubuh kucing tetap hangat. 

Jaga asupan cairan pada tubuh kucing 

Karena udara yang dingin, kucing terkadang malas minum. Jika kamu biarkan, bisa jadi tubuh kucing akan kekurangan cairan dan menyebabkan dehidrasi.

Kamu harus memastikan bahwa kucing minum dalam jumlah yang cukup. Apabila kucing malas minum, kamu bisa mengakalinya dengan memberikan makanan basah yang mengandung air lebih banyak daripada dryfood. 

Berikan vaksin 

Selain cara-cara yang sudah disebutkan, kamu bisa memberikan vaksin pada kucing. Vaksin adalah pencegahan paling ampuh untuk membuat imun tubuh anabul semakin kuat.

Apabila terkena sakit pun tidak akan terlalu parah dan bisa sembuh dengan cepat. Kamu bisa menjadwalkan anabul untuk vaksin ke dokter hewan terdekat.

Kemudian jangan lupa mengulang vaksin setiap tahun sesuai dengan jadwal yang tertera di buku vaksin. 

Demikianlah beberapa cara agar bisa mencegah kucing sakit saat musim hujan tiba. Karena kucing tidak bisa memberitahu kamu jika sedang sakit, jadi kamu harus terus memperhatikan gerak gerik serta waspada.

Bila ternyata kucing sudah tidak mau makan, segera bawa ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: Seputar dunia binatang