Cara Membuat Email dan Contohnya: Rekomendasi Layanan Gratisan dan Berbayar

Kamu hanya memerlukan sebuah nomor handphone dan sedikit berpikir memakai alamat email yang mudah diingat.


ilustrasi cara membuat email

Email adalah satu jenis identitas digital. (Foto: Getty Images lewat Canva Pro)

Oleh: Hero
Diterbitkan:

the Monkey Times – Artikel ini akan membahas cara membuat email yang mudah, lengkap dengan rekomendasi layanan email, baik yang gratis maupun berbayar.

Apa yang dimaksud alamat email

Alamat email adalah identitas yang kamu gunakan untuk bertukar pesan lewat jaringan internet. Seseorang bisa memakai alamat email pribadi seperti berikut ini:

Contoh alamat email di atas adalah identitas yang kamu pakai ketika bertukar pesan melalui internet dengan memanfaatkan layanan email yang disediakan banyak perusahaan, baik yang gratisan maupun berbayar.

Identitas inilah yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan tertulis, yang bisa diakses lewat hp maupun lewat laptop.

Nah, zaman sekarang sepertinya semua orang nggak bisa lepas dari pemakaian email. Kamu membutuhkan alamat email ketika membeli ponsel Android baru. Kamu membutuhkan alamat email ketika melamar pekerjaan.

Kamu membutuhkan email untuk membuat akun media sosial. Dan seterusnya. Jadi boleh dibilang email bukan hal yang aneh di zaman sekarang.

Cara membuat email

Gunakan layanan email populer seperti Gmail, lalu ikuti langkat berikut:

  • Buka gmail.com atau ikuti tautan berikut. Kamu juga bisa membuka aplikasi Gmail yang secara default sudah terpasang di hp/gadget.
  • Ikuti langkah-langkah registrasi akun yang ditampilkan di layar.
  • Gunakan akun yang sudah didaftarkan untuk masuk ke kotak masuk Gmail.

Cara membuat email dan registrasi akun baru yang diberikan penyedia layanan email lain kurang lebih sama dengan proses pendaftaran akun Gmail.

Rekomendasi layanan email gratis dan berbayar

Kebanyakan orang lebih suka layanan email gratisan, sementara beberapa yang lain membutuhkan layanan email berbayar.

Kalau ada orang yang memilih membayar langganan untuk layanan email, hampir bisa dipastikan dia memakainya untuk kepentingan bisnis. Lalu siapa saja sih perusahaan yang memberikan layanan email gratisan?

  • Gmail

Layanan email yang diberikan Google satu ini adalah yang paling populer. Google menyediakan layanan email-nya, baik melalui aplikasi Gmail di hp maupun lewat alamat gmail.com di desktop.

Layanan dasar Gmail sebetulnya gratis, namun kalau kamu membutuhkan layanan berbayar, Google menyediakan Workspace yang menyediakan akses ke semua layanan produktivitas bisnis bikinan Google.

  • Yahoo

Ini adalah layanan email yang sudah ada lebih dulu ketimbang Gmail. Fiturnya sama seperti layanan email gratis lainnya. Lumayan kalau kamu ingin membuat email di luar gmail.

Baca Juga:  Layar Smartphone Refresh Rate 90hz: pengertian, kelebihan dan kekurangannya

Di luar opsi email gratis, Yahoo menyediakan layanan business mail untuk pelanggan mereka yang membutuhkan solusi email korporat.

  • Outlook

Ini adalah layanan email yang disediakan Microsoft. Kalau mau membuat akun email lewat Outlook, kamu juga bisa membuat akun email di Hotmail.

Microsoft menyediakan layanan Outlook Premium untuk pelanggan Microsoft 365.

  • Protonmail

Protonmail mendaku layanannya sebagai layanan email terenkripsi dan menghargai privasi pengguna. Kamu bisa memakainya andai kata privasi jadi sesuatu yang benar-benar kamu pikirkan.

Layanan Protonmail juga menyediakan opsi di mana kamu bisa berlangganan Protonmail Plus.

Tips tambahan: memilih alamat email

Katakanlah sekarang kamu sudah menjatuhkan pilihan kepada salah satu dari layanan email gratis maupun berbayar di atas, dan kamu ingin memilih alamat email yang cantik untuk digunakan.

Begini caranya memilih alamat email yang pas untuk kamu:

  • Gunakan format yang menyertakan nama kamu

Mulailah dengan memakai nama pribadi sebagai alamat email. Kamu bisa memilih memakai nama belakang, maupun nama depan, atau kombinasi dari keduanya.

Kalau memilih kombinasi nama depan dan belakang, kamu bisa memakai tanda baca seperti hypen, underscore, maupun titik. Contohnya begini seperti [email protected], [email protected], [email protected], atau [email protected]

  • Pertimbangkan pemakaian angka

Kalau format alamat email tidak memungkinkan bagimu untuk menyertakan nama, gunakan angka. Misalnya, [email protected], [email protected], atau [email protected]

  • Pakai inisial juga boleh

Pakai huruf pertama di nama depan dan/atau belakang untuk membuat satu alamat email yang cakep. Misalnya nama kamu Agung Santoso, maka kamu bisa memakai inisial “AS”.

Jadi alamat emailmu nantinya bisa begini: [email protected], [email protected], [email protected], atau [email protected]

Penutup: pilih layanan email gratis yang mana?

Tentu saja kami merekomendasikan Gmail sebagai solusi terbaik untuk email gratis. Selain mudah digunakan, layanan Gmail juga sudah kadung akrab di kehidupan sehari-hari kita.

Lagipula, kamu bisa memakai satu akun email untuk menikmati layanan Google lainnya. Jadi kamu nggak perlu repot-repot membuat akun lagi.

Sebelum mulai membuat email baru, jangan lupa pikirkan dulu nama yang ciamik dan mudah diingat untuk email kamu, ya!

Temukan artikel menarik lainnya di topik: cara membuat email, tips teknologi

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru