Cara membuat Blog di Wordpress.com: Plus tips untuk Pemula

Ada dua cara: gratisan dan berbayar.


cara membuat blog di wordpress

Foto: Getty Images lewat Canva Pro.


Oleh: Data Keeper

Diterbitkan:

the Monkey Times – Berbicara Wordpress, sebagian besar orang mengingatnya sebagai platform blogging yang paling diingat. Menurut data Kinsta, Wordpress memegang market share Content Management System (CMS) sebesar 60,8%. Kemudian 14,7% situs top di seluruh negara memakai Wordpress. Dan setiap hari ada lebih dari 500 situs baru yang dibuat menggunakan Wordpress. Dari statistik ini saja kita bisa berasumsi cara membuat blog di Wordpress tidak lah terlalu sulit diikuti.

Sejarah singkat Wordpress

Akar Wordpress muncul pada 2001 dengan nama yang berbeda: b2 cafelog, yang dikembangkan Michel Valdrighi. Ini merupakan perangkat lunak yang dibuat untuk menciptakan blog. Sayang pengembangnya kemudian menelantarkan b2 cafelog. Namun dari sanalah Wordpress lahir.

Adalah Matt Mullenweg dan Mike Little yang pada 2003 memutuskan merombak b2 cafelog dan memberinya nama: Wordpress. Di tahun yang sama pula Wordpress versi 0.7 lahir.

“Versi pertama WordPress menyertakan antarmuka admin baru, templat baru, dan templat yang memenuhi standar XHTML 1.1,” tulis WP Beginner.

Sejak saat itu Wordpress terus berkembang menjadi platform blogging yang relatif mudah digunakan dan intuitif. Salah satu kelebihan Wordpress adalah: pengguna yang awam dengan bahasa pemrograman tidak perlu merasa kesulitan ketika mengoperasikan CMS berbasis Wordpress.

Selain itu ada banyak pengembang yang tergabung dalam komunitas Wordpress. Belum lagi kalau kita menyebut keberadaan plugin gratis untuk memperluas fungsi Wordpress, yang sampai artikel ini ditulis berjumlah lebih dari 50,000 plugin. Angka ini belum menghitung Plugin berbayar yang berada di luar ekosistem komunitas open source Wordpress.

Dua cara membuat blog di Wordpress

Wordpress menyediakan dua opsi bagi orang yang ingin memulai blogging:

  1. Membuat blog Wordpress.com
  2. Membuat blog Wordpress lewat metode self hosted Wordpress

Metode membuat blog Wordpress dengan sistem self hosted sedikit lebih rumit ketimbang metode pertama. Karena itu kami ingin menjabarkan cara pertama terlebih dulu, yang memang lebih mudah dilakukan pemula.

Langkah membuat blog di Wordpress.com

Opsi ini menyediakan dua pilihan lanjutan, yakni gratis dan berbayar. Bila memilih gratis, Anda akan mendapat alamat blog dengan tautan wordpress.com di belakang nama blog yang Anda pakai. Jadi misalnya Anda membuat blog ‘masakanindonesia’ dan memilih platform gratisan dari Wordpress, maka alamat blog Anda akan menjadi ‘masakanindonesia.wordpress.com’.

Baca Juga:  iPhone 13 Segera Meluncur Tahun 2021, Catat Tanggal Mainnya

Namun kalau Anda sudah menyiapkan budget, Wordpress menyediakan serangkaian opsi untuk membuat blog tanpa menyertakan ‘wordpress.com’ di belakang nama blog yang Anda pilih.

Sudah siap membuat blog di Wordpress.com? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka alamat Wordpress.com di peramban.
  2. Pilih opsi “Get Started” atau “Memulai” yang ada di pojok kanan atas layar peramban.
  3. Buat akun menggunakan email Anda.
  4. Pilih nama domain yang diinginkan.
  5. Pilih opsi domain berbayar atau gratis.
  6. Klik ‘next’ atau ‘selanjutnya’.
  7. Pilih opsi langganan yang diinginkan (bila sudah siap membuat blog berbayar); atau.
  8. Pilih opsi ‘start with a free site’ (bila mantap dengan opsi gratisan).
Ilustrasi membuat blog di wordpress
Memilih opsi nama domain dan pembayaran di Wordpress.com

Asumsikan Anda selesai dengan urusan registrasi blog, selanjutnya Anda akan diantar melihat dashboard CMS Wordpress yang intuitif dan mudah dioperasikan. Misalkan setelahnya Anda ingin melakukan pengaturan situs, bagian sidebar sebelah kanan, dengan judul menu ‘Site Setup’ akan membantu Anda menyelesaikan langkah-langkah pembuatan blog Wordpress.com dengan mudah.

Di bagian bawah, persisnya di menu ‘quick link’, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengkustomasi tema, mengedit menu, dan lain sebagainya. Pendek kata, Anda bisa mengubah tampilan blog Anda lewat menu yang tersedia di ‘quick link.’

Sedangkan sidebar sebelah kiri berisi opsi menu di mana Anda bisa membuat tulisan baru, mengunggah gambar, mengubah setting global blog, atau menambahkan blog baru. Jadi akan relatif mudah bagi Anda untuk mengoperasikan Wordpress sebagai blog pertama.

Tips untuk pemula yang baru membuat blog

  • Rajinlah memperbarui blog dengan tulisan baru.
  • Manfaatkan forum di media sosial untuk bertemu dengan sesama blogger Wordpress.
  • Fokuskan tulisan pada satu tema yang paling diminati.
  • Beralih ke versi berbayar Wordpress.com hanya bila benar-benar siap.

Untuk tips terakhir, sebetulnya tidak ada masalah bila Anda memang ingin membayar lebih guna mendapatkan lebih banyak fitur Wordpress.com yang lebih canggih. Namun untuk pemula, fitur-fitur dasar blogging yang disediakan di versi gratisan Wordpress.com rasanya sudah lebih dari cukup.

Demikianlah cara membuat blog di Wordpress. Gampang kan? Kalau memang Anda berminat menjadi seorang penulis profesional, membuat blog bisa jadi cara terbaik untuk memperkenalkan kemampuan.

Temukan artikel menarik lainnya di topik: berita teknologi, info wordpress, tips teknologi

Atau baca artikel lain yang ditulis: Data Keeper


Artikel Terkait



Terbanyak Dibaca



Artikel Terbaru