Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Mom, Begini Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Benar dan Aman

Cara membersihkan lidah bayi dapat dilakukan dalam jangka waktu 3-4 hari sekali.


cara membersihkan lidah bayi

Ilustrasi lidah bayi (Foto : bat_sd/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Setiap orangtua yang baru saja punya anak mungkin sering bertanya-tanya tentang berbagai hal yang berkaitan dengan perawatan si kecil. 

Iklan

Salah satunya cara menjaga kesehatan mulut bayi, sangat penting diketahui karena rentan menjadi tempat tinggal bakteri. 

Terutama pada bagian lidah, jika melihat ada bercak putih bekas susu yang tertinggal maka harus segera dibersihkan. Cara membersihkan lidah bayi dapat dilakukan dalam jangka waktu 3-4 hari sekali.

Iklan

Menurut Preetika Chandna, dokter gigi anak dan penelitian kesehatan mulut dan bayi menyampaikan bahwa lidah bayi yang baru lahir harus dibersihkan supaya mikroorganisme tidak mulai berkoloni di dalam alurnya.

Jika tidak dibersihkan secara teratur, maka sangat berpotensi menyebabkan penyakit gusi yang disebabkan oleh kuman atau bakteri, dan juga bisa menimbulkan risiko infeksi lainnya.

Iklan

Membersihkan lidah akan mengurangi akumulasi bakteri, mengurangi bau mulut, dan membersihkan partikel makanan yang tak diperlukan.

Jadi, harus dilakukan secara rutin ya, Mom, apalagi kesehatan si kecil masih rentan terhadap bakteri maupun virus.

Masalah Kesehatan Mulut yang Sering Terjadi Pada Bayi

Sejak dari kecil para orang tua harus memperhatikan kebersihan gusi, lidah, dan langit-langit mulut pada bayi.

Karena seiring dengan pertumbuhannya, mungkin saja akan terjadi berbagai masalah kesehatan mulut.

Sebagai saluran pencernaan teratas, mulut terdiri dari lidah, gusi, gigi, dan otot-otot yang menjalankan fungsi pencernaan mekanik. Peran mulut sangatlah besar, makanya penting sekali menjaga kesehatan organ tubuh ini.

Pada bayi juga sering terjadi masalah kesehatan mulut, lho. Sama halnya dengan orang dewasa.

Mulai dari bercak putih dalam mulut yang disebabkan infeksi jamur atau bekas susu yang diminum bayi, tanda-tanda pertumbuhan gigi (khusus bayi 6 bulan keatas), dan tong tie.

Jangan panik saat melihat bayi mengalami kondisi di atas, ya Mom. Karena kamu dapat mengatasinya sendiri. Tapi jika memerlukan bantuan medis, segera bawa si kecil ke dokter.

Manfaat Membersihkan Lidah Bayi, Perlu Dipahami Para Orangtua

  • Menghilangkan racun berbahaya dan bakteri yang terus menumpuk jika tak dibersihkan. Maka dari itu, kamu perlu melakukannya secara rutin agar si kecil tetap sehat.
  • Memudahkan bayi merasakan rasa sebenarnya pada makanan yang masuk ke mulutnya. Sebab indra perasa mereka akan berkurang jika terjadi penebalan kotoran atau sisa-sisa ASI pada lidah. Makanya para ahli menganjurkan para orang tua supaya rutin membersihkan lidah bayi supaya mereka punya sensitivitas lebih terhadap makanan yang masuk.
  • Merupakan langkah awal kesehatan yang baik karena mencegah bau nafas tak sedap dan membantu pertumbuhan gigi susu si bayi. Selain lidah, kamu juga harus membersihkan area mulut dalam dan gusinya.

Panduan Membersihkan Lidah Baik yang Benar dan Aman

Dikutip dari situs klikdokter.com, berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membersihkan lidah bayi.

  • Terlebih dahulu kamu harus mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sampai bersih, mulai dari kuku hingga sela-sela jari. Pastikan bahwa tidak ada residu sabun yang tersisa, semua bagian tangan harus dibilas.
  • Siapkan air hangat suam-suam kuku dalam wadah, serta kain kasa. Potong kecil-kecil bagian kain kasa, kemudian lilitkan pada bayi.
  • Pastikan ibu menggendong bayi dalam posisi menyusui, kalau sudah nyaman maka dapat memulai sesi pembersihan lidah.
  • Celupkan jari dengan kain kasa ke dalam air hangat. Peras lalu masukkan ke dalam mulut bayi.
  • Bersihkan dengan cara diusap, lakukan dengan lembut dan perlahan. Sang ibu harus berhati-hati memasukkan jarinya ke mulut si kecil agar mereka tidak tersedak dan muntah, jadi jangan dimasukkan terlalu dalam.
  • Apabila bayi tidak mau membuka mulutnya, coba usap lembut bagian bibir. Kuncinya harus sabar. Biasanya mulut bayi akan terbuka secara perlahan pakai cara ini.
  • Sang ibu juga harus membersihkan bagian mulut dalam dan aera gusi. Jadi, bukan hanya bagian lidah saja ya. Hal ini bertujuan agar tidak ada bakteri dan kuman yang menempel di mulut si kecil.

Bayi baru lahir kan belum punya pola makan yang teratur, lalu kapan waktu yang tepat untuk membersihkan lidahnya?

Untuk hal ini Mom bisa mengatur waktu tetap, misalnya pada waktu malam yang dilakukan rutin setiap hari.

Jika bayi sudah memasuki usia 6 bulan ke atas, kamu dapat membersihkan lidah mereka setelah selesai makan.  

Berikut panduan membersihkan lidah bayi usia 6 bulan – 1 tahun yang kami kutip dari situs orami.co.id.

  1. Untuk bayi berusia 6 bulan ke atas yang sudah memiliki gigi susu, Mom dapat menggunakan sikat gigi lembut bersama dengan pasta gigi khusus bayi. Gosok secara lembut dan perlahan area lidah dan gusi si kecil. Atau bisa menggunakan kain kasa sampai mereka sedikit lebih besar.
  2. Membersihkan mulut dan lidah bayi usia 1 tahun bisa dimulai dengan menggosok area depan dan belakang gigi. Basahi dulu sikat giginya dan tambahkan sedikit pasta gigi khusus anak. Kamu dapat membimbing mereka agar terbiasa melakukannya sendiri.

Cara membersihkan lidah bayi di atas mungkin sedikit sulit dilakukan oleh para orang tua yang baru pertama kali punya anak.  Namun jika dilakukan setiap hari pasti akan lebih terlatih. Selamat mencoba.

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: Menjaga kesehatan anak
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments