5 Cara Memanjakan Diri Sendiri: Bikin Bahagia, Gak Perlu Keluar Uang

Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk memanjakan diri sendiri tanpa keluar biaya apapun.


ilustrasi memanjakan diri sendiri

Ilustrasi self care. (Foto: Hazal AK/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Memanjakan diri sendiri itu tidak ada salahnya. Self care sangat perlu sekali untuk tetap membuat pikiran dan badan sehat. Apalagi dengan padatnya kegiatan yang dijalani, sudah pasti stress dan capek juga dirasakan. 

Iklan. Konten berlanjut di bawah.

Tapi, apakah kamu tahu bahwa Self Care tidak hanya seputar kegiatan yang mengeluarkan uang.

Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk memanjakan diri sendiri tanpa keluar biaya apapun. Apa saja? Yuk, simak caranya dalam ulasan berikut ini. 

Iklan. Konten berlanjut di bawah.

Memanjakan diri Sendiri Tanpa Keluar Uang 

Memperhatikan diri sendiri bisa dikatakan sebuah investasi untuk masa depan. Bukan hanya perkara kesehatan tubuh saja, tapi juga kesehatan mental.

Banyak sekali orang yang merasa bingung, apa yang bisa dilakukan untuk bisa melakukan self care. Karena banyak sekali yang beranggapan bahwa untuk self care harus mengeluarkan uang.

Iklan. Konten berlanjut di bawah.

Aku sendiri awalnya juga berpikir bahwa self care berarti ke salon, traveling dan lain sebagainya. Padahal banyak hal bisa kita lakukan untuk memanjakan diri sendiri tanpa harus susah payah mengeluarkan uang banyak.

Percayalah, semua hal yang menyenangkan bisa dilakukan dengan sederhana. Buat apa, misalnya, menghabiskan uang ratusan ribu rupiah untuk ngopi di Starbucks, kalau toh kita bisa merasakan kesenangan yang sama hanya dengan menghabiskan uang sebesar Rp 4,000 di sebuah warung kopi di dekat rumah?


Nah, di artikel ini kami akan menunjukkan beberapa kegiatan memanjakan diri sendiri yang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan uang. Sebagai tambahan, kamu bisa melakukannya kapan saja, bahkan dalam waktu seharian.

Waktu Total: 1 hari, 2 jam, dan 30 menit

Olahraga di rumah 

olahraga di rumah

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan berolahraga di rumah. Olahraga adalah self care yang paling penting dan ampuh.

Olahraga tidak hanya akan membuat tubuh menjadi lebih sehat, tapi juga kesehatan otak juga akan terjaga. Ketika kamu berolahraga, maka akan memproduksi hormon endorphin. 

Hormon yang satu ini sendiri akan memberikan rasa bahagia. Sehingga ketika kamu selesai olahraga pun akan merasa lebih tenang.
Kamu tidak harus berolahraga yang berat.

Lakukan saja olahraga ringan tapi rutin. Misalnya senam di rumah, bersepeda, jogging dan lain sebagainya. 

Dengan olahraga yang dapat dilakukan di rumah, kamu sudah tidak perlu pusing lagi untuk urusan biaya self care. 

Nonton film

nonton film

Nonton film tidak harus ke bioskop, kok. Sekarang ini banyak sekali aplikasi streaming seperti Netflix yang bisa kamu manfaatkan untuk menjadi cara self care.

Kamu bisa meluangkan waktu saat senggang, kemudian menyusun tempat senyaman mungkin dan memilih film yang mungkin belum pernah ditonton. 

Ini juga jadi salah satu self healing yang sangat disarankan, karena kamu akan bersantai sambil menikmati cerita film.

Selain Netflix mungkin kamu ingin cara yang lebih klasik, misalnya adalah dengan menonton DVD. Kalau mau yang gratis lagi, YouTube dan Viu bisa jadi pilihan yang tepat untuk memberikan waktu santai. 

Jalan-jalan ke taman kota

jalan jalan ke taman kota

Kalau bosan melakukan kegiatan di rumah, coba kamu jalan-jalan ke taman kota. Di taman banyak sekali hal yang mungkin bisa kamu lakukan.

Kalau aku biasa hanya duduk bersantai sambil baca buku dan mendengarkan musik. Cara ini sendiri menurutku sangatlah ampuh, karena bisa menenangkan pikiran. 

Bisa juga di taman kamu berolahraga dengan naik sepeda atau jogging. Bisa juga hanya sekedar jalan-jalan saja mengelilingi taman.

Kalau sedang ingin juga aku jajan di pedagang kaki lima yang berjualan di sekitar taman. Biasanya untuk bersantai di taman kota pun kamu tidak akan dikenakan biaya. Kecuali parkir dan jika ingin jajan saja. 

Meditasi

meditasi

Kalau kamu merasa bahwa sudah sangat stress dan tidak tahu ingin melakukan apa, coba untuk meditasi.

Cara yang satu ini sendiri bisa membantumu untuk tetap rileks dan membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Kamu bisa mengikuti meditasi di Youtube. Banyak sekali content creator yang bisa memberikan arahan agar pikiran menjadi tenang. 

Carilah tempat yang sekiranya sangat tenang di rumah. Kemudian mulailah bermeditasi dengan cara yang sudah diajarkan atau ikuti perintah.

Jika kamu bermeditasi secara rutin, maka tubuh akan menjadi lebih segar dan pikiran pun akan lebih tenang. Sehingga kamu siap menghadapi kegiatan di esok hari. 

Mandi air hangat dan tidur

mandi air hangat dan tidur

Mandi air hangat bisa membantu tubuh untuk lebih santai dan juga tenang. Karena suhu yang hangat akan membuat otot yang tegang menjadi rileks.

Kamu bisa menggunakan cara ini sepulang dari kegiatan yang melelahkan. Kalau kamu punyai alat atau kursi pijat, bisa juga selepas mandi air hangat langsung memijat tubuh. 

Ketika badan sudah terasa lebih enak dan tenang, tidak ada salahnya kamu tidur. Karena tidur juga adalah salah satu self care yang bisa kamu lakukan untuk bisa menjaga kesehatan tubuh dan mental. Tapi, pastikan bahwa kamu tidak tidur berlebihan, ya. 

Supply:

  • Langganan Netflix dan sejenisnya.
  • Internet yang cukup kencang.
  • Air hangat.

Tools:

  • Gadget (laptop/smartphone).
  • Kamar mandi yang bersih dan nyaman.
  • Kasur yang empuk.

Materials: Sebagai tambahan, kamu nggak perlu memikirkan macam-macam. Untuk memanjakan diri kamu hanya butuh matras di rumah (untuk meditasi), sepatu yang nyaman (untuk jalan-jalan), dan tentu saja, hati yang gembira.


Itulah beberapa cara yang biasa aku lakukan untuk self care, dimana aku jarang atau bahkan tidak pernah mengeluarkan uang.

Aku sering menerapkan seluruh cara tersebut ketika memang membutuhkan waktu untuk diri sendiri. Selama pikiran tenang dan hati senang, aku nggak perlu lagi memikirkan biaya yang memberatkan.

Artikel ini diperbarui pada:
Temukan artikel menarik lainnya di topik: tips gaya hidup

Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
Bagikan artikel ini