Kirim Pesan WA ke Nomor Sendiri tidak Terlalu Sulit, Ada Caranya kok

Ini dia cara mudah kirim pesan wa ke nomor sendiri. Cuma perlu tiga langkah saja kok.


ilustrasi cara kirim pesan wa ke nomor sendiri

Ilustrasi aplikasi whatsapp di gadget seseorang. (Foto: Istimewa)

Oleh: Hero
Diterbitkan:

the Monkey Times – Pernah berpikir gimana caranya kirim pesan wa ke nomor sendiri, supaya kita bisa menyimpan sesuatu di chat wa kita, entah itu tautan web favorit atau foto resep masakan?

Kebanyakan orang biasanya berpikir untuk menitipkan hal-hal itu ke orang yang terbiasa chat dengan kita, entah di di grup keluarga atau dengan orang yang paling dekat dengan kita.

Atau cara lainnya: kita memakai aplikasi lain untuk menyimpan catatan pribadi, foto resi pengiriman, foto KTP, dan lain sebagainya.

Dua-duanya nggak aneh dan rasanya jamak dilakukan kebanyakan orang. Tapi cara pertama tidak terlalu efektif. Bagaimana kalau ternyata hal-hal penting yang kita simpan tertumpuk oleh chat anggota keluarga lain di grup yang sama.

Begitu pula cara kedua.

Kenapa kita harus membebani penyimpanan internal hp kita dengan meng-install aplikasi baru?

Whatsapp sebetulnya menyediakan fitur untuk mengirim pesan ke nomor sendiri, sesuatu yang tidak diberikan aplikasi pertukaran pesan lain macam Signal atau Telegram.

Fitur yang dimaksud tentu berguna betul kalau suatu waktu kita ingin menyimpan catatan penting yang berisi informasi yang tidak perlu dibagi ke orang lain.

Cara kirim pesan ke nomor WA sendiri

Fitur wa untuk mengirim pesan ke nomor sendiri disebut “click to chat“. Pada dasarnya fitur ini berfungsi untuk mengirim pesan wa ke orang lain, tanpa menyimpan nomor orang itu ke perangkat kamu.

Untungnya pihak Whatsapp membolehkan kita sebagai pengguna untuk memanfaatkan fitur tersebut supaya bisa mengirim pesan ke nomor sendiri.

Caranya pun mudah:

  • Buka browser hp, misalnya Chrome.
  • Ketik wa.me//62X. Ganti “X” dengan nomor wa kamu, misalnya 628110000000.
  • Sebuah jendela baru akan terbuka, klik “lanjutkan ke chat”.
  • Setelahnya kamu akan diarahkan untuk membuka aplikasi WA di hp.
  • Kamu siap menyimpan pesan penting di wa sendiri.

Setelah menerapkan langkah-langkah di atas, kamu nggak perlu lagi menitipkan pesan penting di grup wa keluarga, atau memasang aplikasi tambahan di hp.

Kirim pesan ke nomor wa sendiri memang nggak pernah sulit, kok.

Baca Juga:  Whatsapp Melunak, Takkan Memaksa Pengguna Menyetujui Kebijakan Privasi Baru
Temukan artikel menarik lainnya di topik: berita teknologi, tips teknologi

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru