Penulis: Dina Meidiana

Jawaban yang Bisa Kami Sarankan pas Ditanya Kapan Nikah

Paling gak enak, saat datang ke nikahan teman. Sudah pasti pertanyaan ini gak pernah absen.

the Monkey Times – Bagi kalian yang masih jomblo, pasti sering ditanya kapan nikah. Apalagi saat kumpul bersama keluarga saat lebaran atau acara lainnya.

Paling gak enak, saat datang ke nikahan teman. Sudah pasti pertanyaan ini gak pernah absen. Kadang bikin sebel, kadang juga bikin sedih.

Tapi, ya namanya saja belum bertemu jodoh sudah pasti tidak banyak yang bisa kamu lakukan. 

Aku sendiri juga masih single, jadi jangan merasa sendirian. Kalau sahabat dan keluarga inti, gak pernah bertanya masalah kapan aku akan menikah.

Karena mereka memahami ada hal yang ingin aku capai dan memang menikah bukan prioritas paling utama saat ini.

Tapi, bagaimana dengan yang lain? Terus bagaimana aku menyikapi pertanyaan kapan nikah? 

Aku ada beberapa tips yang mungkin bisa kamu gunakan juga biar tidak ada satupun orang yang tersakiti. Ikuti terus, ya pembahasannya di bawah ini. 

Yang bisa kamu lakukan pas ditanya kapan nikah 

Pertanyaan ini memang sebenarnya tidak ada salahnya. Tapi, tentu saja terkadang pertanyaan ini bisa menyinggung perasaan orang yang mungkin belum menikah karena masalah yang tidak kita tahu.

Itulah kenapa pertanyaan kapan nikah suka menjadi bahan perbincangan. Karena pada dasarnya sendiri menikah atau belum menikah bukan urusan orang lain. 

Meski begitu, kita juga tidak bisa mengatur orang lain untuk tidak bertanya. Walaupun mungkin kalian agak risih karena pertanyaan ini muncul terus, tapi ada beberapa tips untuk menghadapinya. Berikut ini tipsnya: 

Menjawab sebaik mungkin 

Cara pertama jika ada yang bertanya kapan menikah adalah dengan menjawab dengan sebaik mungkin.

Apalagi jika yang bertanya mungkin anggota keluarga yang lebih tua. Setidaknya kamu harus menjawab sebijak mungkin agar mereka juga tidak tersinggung.

Aku pun biasanya akan memilih menjawab yang sekiranya mereka juga akan mengerti. 

Contohnya adalah masih belum ketemu yang cocok denganku atau Tuhan masih belum kasih izin bertemu dengan jodohku.

Terkadang aku juga mengatakan bahwa akan fokus terlebih dahulu ke karir biar nanti saat menikah tidak merepotkan siapapun. Cara ini biasanya cukup ampuh untuk mengalihkan pembicaraan. 

Becandain juga tidak masalah 

Nah, untuk yang satu ini biasanya sih ketika bertemu teman di acara pernikahan atau saat reuni.

Kalau sama teman tidak masalah agak sedikit bercanda. Apalagi buat yang lama tidak berkomunikasi, mendadak tanya seperti itu. Wah, kadang bikin gemas juga. 

Aku biasanya akan menjawab “ada yang teman yang bisa dikenalin gak?” atau “kalau aku nikah emang mau kasih sumbangan berapa?”.

Tentu saja nada bicara ku buat dengan seriang mungkin. Bahkan pernah aku menjawab “nunggu sampai ada sultan melamar biar gak pusing urusan biaya resepsi”. 

Menjawab pertanyaan seperti ini dengan nada bercanda bisa bantu kamu biar tidak lagi ditanya ketika bertemu di kemudian hari. Mereka pasti akan sadar bahwa tidak semua orang akan diberikan jodoh dalam waktu yang cepat. 

Cukup disenyumin saja 

Cara yang satu ini juga aku sering gunakan kalau memang malas menjawab pertanyaan kapan nikah.

Dengan kita tersenyum akan pertanyaan tersebut, orang yang bertanya pasti akan menyadari bahwa aku tidak akan membahas apapun tentang masalah pernikahan.

Aku hanya akan tersenyum ketika memang sedang dalam mood yang tidak begitu bagus. 

Apalagi kalau yang bertanya tidak begitu dekat dengan kita. Sudah jelas bisa bikin makin sebel.

Jadi, lebih baik disenyumin aja. Sambil menikmati keadaan sekitar. Setidaknya aku masih bisa menjaga image biar tidak mengeluarkan kata-kata pedas. 

Minta doanya saja 

Tips terakhir yang juga paling ampuh adalah dengan menjawab, doakan saja atau minta doanya supaya bisa bertemu jodoh yang tepat.

Aku pasti akan menjawab seperti itu ke orang yang mungkin jauh lebih tua atau merupakan seorang yang dihormati. Cara yang satu ini juga akan membuat mereka mendoakan kita yang baik-baik. 

Siapa tahu, setelah mereka berdoa aku akan bertemu dengan jodoh lebih cepat. Ketika aku menjawab seperti ini pun biasanya mereka akan segera mengalihkan pembicaraan ke topik lain. Sehingga aku masih bisa mengobrol dengan santai dan tidak canggung. 

Kalau semisalnya kamu memang masih sering ditanya “kapan nikah?” lebih baik tidak perlu diambil hati.

Karena menikah juga bukan satu-satunya yang membuat kamu bahagia. Masih banyak hal lain yang bisa bikin kamu menjadi lebih bahagia. 

Soal jodoh juga tidak perlu dipusingkan, karena mau bagaimanapun kalau Tuhan belum memberikannya, kita tidak akan bertemu.

Tapi, kamu tetap harus berusaha mencari. Jangan diam saja jika memang sudah ada keinginan menikah. 

Namun, satu hal yang paling aku tekankan adalah jangan mengambil keputusan menikah hanya karena ditanya orang lain.

Menikah adalah keputusan yang harus dipikirkan secara matang agar bisa selamanya bersama dengan pasangan.