Cara dan Strategi Menabung Emas di Waktu yang Tepat

Berencana membeli dan menabung emas? Perhatikan dulu beberapa tips penting berikut agar investasi Anda tidak sia-sia.


Menabung emas sambil berinvestasi

Oleh: Kaisar

Diterbitkan:

the Monkey Times – Emas adalah komoditas yang jumlahnya terbatas. Siapa pun tahu itu. Namun yang harus kita cermati adalah nilainya yang tahan banting. Karena itu pula emas jadi salah satu komoditas investasi paling berharga. Saking berharganya, menabung emas jadi opsi yang sebaiknya dimasukkan ke dalam daftar teratas pilihan investasi masa depan.

Salah satu alasan kenapa emas jadi tahan banting adalah karena sifat nilai intrinsiknya yang terbilang unik. Harga emas dunia memang cenderung dipengaruhi – salah satunya oleh – nilai mata uang dollar.

Sekadar ilustrasi penjelas, ketika nilai dollar meningkat dibanding mata uang negara lain di seluruh dunia, harga emas dalam dollar cenderung turun. Namun di saat bersamaan, harga emas di negara non-dollar merangkak naik ketika dibeli memakai mata uang lain.

Sebaliknya ketika nilai dollar turun dibanding mata uang lain, harga emas menurun ketika dibeli memakai mata uang selain dollar. Rumusan ini menjelaskan mengapa harga emas di Indonesia saat ini cenderung fluktuatif dari waktu ke waktu.

Sampai artikel ini diturunkan, harga emas Antam Jumat (30/10/2020) yang tercatat di situs Logam Mulia mencapai Rp 995,000. Turun sebesar Rp 12,000 ketimbang kemarin (29/10/2020) yang mencapai Rp 1,007,000. Artinya hari ini nilai dollar sedang menurun terhadap mata uang rupiah.

Strategi menabung emas

Ilustrasi menabung emas
Menabung emas mulai dari sekarang. (Foto: Getty Images lewat Canva Pro)

Emas pantas dipilih sebagai instrumen tabungan atau investasi, karena sifatnya yang terlindungi dari inflasi. Kadang dalam kasus spesifik, emas bisa bertahan ketika ekonomi negara kolaps.

Jadi walau harga emas cenderung fluktuatif, komoditas tersebut membawa serta harga yang cenderung merangkak naik. Kekurangannya barangkali ada di fakta bahwa emas bukan komoditas yang memberi keuntungan besar dalam jangka pendek.

Konon katanya harga emas belum akan turun, setidaknya sampai beberapa tahun ke depan. Karena itu siapapun yang mau menabung emas harus menerapkan strategi menabung yang masuk akal dan tidak memberatkan keuangan. Bagaimana caranya?

  • Pilih harga emas yang masuk akal

Dengan banyaknya pilihan produk emas, harganya juga jadi beragam. Jadi tips pertama: pilihlah emas dengan harga yang masuk akal dan di waktu yang tepat. Maksudnya, belilah emas ketika ada uang tak terpakai yang bisa disisihkan.

Sebagian besar orang mungkin menganggap sekarang ini jadi waktu yang tepat untuk membeli emas, dengan alasan harganya sedang terjangkau.

Baca Juga:  BPS Merilis Data Kejahatan Kekerasan 2015-2018

Walau begitu, akan lebih bijak bila membeli emas dengan uang tak terpakai. Jadi hindari membeli emas dengan uang yang dipakai untuk menopang kebutuhan bulanan.

  • Jangan beli emas dengan cara mencicil

Menurut Nomad Capitalist, jangan pernah membeli emas koin maupun batangan dengan cara mencicil. Lebih baik Anda menabung uang tunai terlebih dulu, baru kemudian memakainya untuk membeli emas.

Rumusan di atas akan membantu Anda keluar dari jebakan sistem keuangan yang tidak sehat, yang mengandalkan hutang, pembayaran kredit dan perilaku konsumtif.

Lagipula, cara seperti itu akan memastikan bahwa Anda sepenuhnya memiliki emas dan tidak dibayang-bayangi kekhawatiran gagal bayar.

Toh ketimbang mencicil emas, Anda sebaiknya memilih untuk membuka tabungan emas.

  • Memakai uang yang tidak dibutuhkan

Pakailah simpanan uang tunai untuk menabung emas, sembari memperhitungkan satu hal: bahwa ada kepastian uang itu tidak akan Anda gunakan setidaknya selama lima tahun ke depan.

Harga emas memang cenderung fluktuatif. Namun seandainya Anda ingin membeli sekarang, ada kemungkinan Anda akan bahagia mendapati nilai tinggi tabungan emas pribadi lima tahun kemudian.

  • Membeli emas berwujud

Menabung emas boleh-boleh saja, namun akan lebih baik bila Anda membeli emas yang ada wujudnya, entah itu berbentuk koin atau emas batangan.

Kalau Anda menaruh kepercayaan pada emas sebagai jenis investasi yang tahan inflasi dan dengan demikian Anda bermaksud menyimpan uang dalam jangka waktu lama, pastikan bahwa Anda membeli emas koin atau batangan.

Opsi lain: menabung emas

Menabung emas dari sekarang
Asal dilakukan dengan sabar, menabung emas memang menjanjikan. (Foto: Getty Images lewat Canva Pro)

Alternatif lain, Anda bisa menabung emas, kemudian meminta pihak yang menyediakan produk tabungan untuk mencetak emas yang telah Anda beli. Salah satu lembaga yang memberikan fasilitas ini di Indonesia adalah pegadaian.

Baca Juga: Pilihan dan Cara Investasi Emas di Pegadaian

Oktober silam, pegadaian telah bekerjasama dengan Shopee melalui kesepakatan kerjasama yang membantu memudahkan orang menabung emas melalui platform Shopee.

Cara menabung emas di Shopee tidak lah sulit:

  • Buka aplikasi Shopee dan pilih menu tabungan emas.
  • Bukan rekening tabungan emas.
  • Lengkapi data yang diminta Shopee, termasuk alamat email, nomor telepon, dan verifikasi melalui KTP.
  • Nasabah akan menerima informasi bahwa sebuah rekening tabungan emas sudah dibuka.
  • Pilih nominal emas yang ingin dibeli. Bisa dalam jumlah gram maupun jumlah rupiah.
  • Bayar emas yang dibeli dengan memilih opsi pembayaran yang diatur Shopee.
  • Registrasi ke cabang pegadaian yang dipilih nasabah, paling lambat enam bulan sejak tanggal pembukaan rekening emas pertama kali.
Baca Juga:  Tips Cerdas Investasi Reksa Dana yang Aman Bagi Milenial

Ada beberapa ketentuan tabungan emas di Shopee yang harus dipatuhi siapa saja yang berminat menabung emas di sana:

  1. Saldo emas mengendap minimum 0,05 gram dan tidak bisa ditarik.
  2. Nasabah tabungan emas Shopee akan mendapat buku tabungan setelah pergi ke cabang pegadian tempat dia membuka rekening.

Siapkah Anda menabung emas? Sebaiknya lakukan mulai dari sekarang.

Temukan artikel menarik lainnya di topik: nasihat investasi, panduan investasi, Pengetahuan sehari-hari

Atau baca artikel lain yang ditulis: Kaisar



Slide
Infografis jumlah bus listrik di seluruh dunia
Slide
Infografis vespa matik di Indonesia
Slide
Infografis kencan di era pandemi
Slide
melek finansial
Slide
infografis waralaba
Slide
infografis-jaga-kesehatan-saat-banjir
Slide
Infografis aktor Philip Seymour Hoffman
Slide
Infografis estetika film Paul Anderson
previous arrow
next arrow


Rekomendasi Artikel


Cara Sinema Sport Wisata Sosial