Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Topik: Panduan

Cara Baca Cepat yang Praktis dan Gampang Dipraktikkan

Membaca merupakan bagian dari relaksasi diri dan bukan beban yang harus kamu lakukan secara terpaksa.


cara baca cepat

Ilustrasi sedang membaca (Foto : Retha Ferguson/Canva Pro)

Oleh: Redoni
Diterbitkan:

the Monkey Times – Apakah kamu termasuk hobi membaca buku? Membaca termasuk salah satu aktivitas dan kegiatan yang paling menyenangkan untuk rileks dan santai menjalani kehidupan.

Iklan

Tapi kadang banyak orang yang merasa proses membaca butuh waktu lama. Sebabnya bisa macam-macam. Entah karena memang belum terbiasa membaca buku, atau memang butuh waktu supaya kegiatan membaca jadi sesuatu yang menyenangkan.

Sebenarnya ada beberapa cara membaca efektif yang bisa kamu lakukan. Dan dengan demikian akan membuat kamu lebih semangat menambah koleksi bacaan.

Iklan

Memang sih, kebanyakan dari kita cenderung merasa malas ketika melihat buku yang tebal. Kok kayaknya buku tebal yang kita hadapi itu bakal sulit dibaca. Nah, bagaimana sih agar bisa membaca secara cepat dan efektif?

Menikmati Proses Dengan Menentukan Target Bacaan 

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan agar bisa membaca cepat dengan menentukan dan memasang target yang ingin dicapai.

Iklan

Tujuannya sangat sederhana, ketika kamu sedang membaca akan ada rasa tanggung jawab dalam diri.

Dengan cara seperti itu, menentukan halaman per halaman yang ingin kamu baca bisa diterapkan dengan tujuan untuk membantu baca cepat. 

Bahkan, lebih menarik lagi jika kamu menentukan waktu untuk membacanya itu berdasarkan target mingguan atau bulanan, tergantung dari ketebalan bukunya.

Apabila kamu tidak menentukannya dari awal membaca, maka akan terasa membosankan dan tidak ada target dalam prosesnya, nantinya buku yang ingin kamu baca akan tertunda dan tidak ada progres. 

Perlu diingat juga, membaca itu bagian dari relaksasi diri dan bukan beban yang harus kamu lakukan secara terpaksa.

Tapi, lebih kepada membuat kamu akan lebih cepat dalam membaca saja dan tetap bisa menikmati semuanya dengan menarik. 

Coba Gunakan Pembatas Buku 

Beberapa penerbit buku menyertakan pembatas buku didalamnya, hal itu tentunya sangat membantu kamu untuk menandai halaman yang sudah dibaca.

Bahkan, ada beberapa buku yang membuat pembatasnya benar-benar menarik dan elegan. Karena, kebutuhannya sangat penting untuk dalam proses membaca kedepannya. 

Jika kamu sedang membaca dan ingin meneruskannya kemudian hari, manfaatkan secara maksimal pembatas yang ada tersebut.

Sehingga tidak perlu kamu mencari dan mengingat kembali halaman yang sudah dibaca. Tapi, apabila kamu tidak mendapatkan pembatas dari bukunya, kamu bisa menggunakan benda lainnya. 

Terpenting bisa menandai dan mengingat halaman yang sudah kamu baca tersebut, bisa dengan memanfaatkan beberapa benda atau barang sekitar kamu membaca. 

Hindari Untuk Membaca Kata per Kata

Hal lain yang membuat kamu sering mengalami lambat dalam membaca adalah fokusnya membaca berdasarkan pada kata per kata yang ada.

Melakukan bacaan dengan melihat kata yang ada bukanlah tindakan yang buruk, tapi waktu yang harus kamu habiskan dan menyelesaikan buku yang akan dibaca jauh lebih lama. 

Mungkin untuk kamu yang sudah terbiasa melakukannya, maka sangat sulit untuk mengubah kebiasaan lama tersebut, sehingga butuh penyesuaian.

Namun, apabila kamu ada niat untuk mengubah dan perlahan menguranginya, membuat target yang kamu lakukan bisa dilakukan dan target membaca dengan cepat bisa kamu dapatkan sepenuhnya. 

Proses menjadi bagian yang tidak kalah penting hadir dalam setiap tindakan yang dilakukan, perlahan saja dan jangan terlalu memaksa. 

Menganalisis dan Memanfaatkan Metode yang Ada

Sebenarnya penelitian mengenai membaca secara cepat itu sudah ada dan lama dilakukan, sehingga menghadirkan berbagai metode yang menarik untuk bisa kamu coba.

Mulai dari mencoba metode skim read atau membaca secara sepintas, biasanya kegiatan ini hanya berfokus dari kata kunci yang ingin kamu dapatkan dan pahami. 

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan meta-guiding atau menggunakan petunjuk jari untuk menentukan beberapa kata-kata tertentu ketika hendak ingin membaca.

Dalam tahap ini kamu akan mendapatkan panduan, ketika beberapa kata terasa sulit kamu nalar dan membantu semuanya akan jauh lebih cepat dalam memahami keseluruhannya. 

Berbagai metode yang ada tersebut bisa kamu manfaatkan dan pilih berdasarkan kemampuan kamu dalam melihat dan memahaminya. 

Perbanyak Jumlah Bacaan, Baik Buku atau Jurnal

Paling penting untuk kamu lakukan dalam membaca adalah rutinitas dalam membaca buku atau berbagai media lainnya.

Apabila kamu jarang membaca dan ingin mendapatkan hasil yang optimal, rasanya sulit untuk bisa kamu capai.

Dengan demikian, perbanyak dalam membaca termasuk bagian paling penting untuk bisa kamu dapatkan dalam mencapai baca cepat. 

Mulai saja dengan perlahan dan pilih buku dengan latar yang memang kamu sukai, sehingga membantu kamu untuk rutin dalam membaca.

Nantinya, apabila kamu sudah rutin dan setiap hari membaca perlahan kamu akan menentukan sendiri metode yang paling tepat dan nyaman dalam melakukannya, sehingga bukan lagi menjadi persoalan. 

Dengan demikian, semakin sering kamu membaca, maka waktu yang kamu butuhkan dalam membaca akan semakin sedikit atau lebih cepat. 

Nah, kuncinya memang pada diri kamu sendiri. Apabila kamu ingin tahu cara baca cepat memang harus dilandasi dari kebiasaan membaca dan butuh waktu.

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: Langkah mudah membaca cepat