Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Hanya Perlu Lakukan Ini Jika Ingin Bahagia

Sebagai manusia, mengalami rasa kecewa, sedih dan marah merupakan hal wajar. Tapi, kita diharuskan agar tidak terlalu larut dalam perasaan negatif terlalu lama.


jika ingin bahagia

Ilustrasi sedang bahagia (Foto : i love simple beyond/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Siapa orang di dunia ini yang tidak ingin bahagia? Sudah pasti seluruh manusia ingin mendapatkan kebahagian dalam hidup.

Iklan

Tapi, kehidupan pasti ada masalah yang kadang membuat hati terasa berat. Disaat kondisi terasa sulit, bahagia tidak akan dirasakan. 

Namun, ada beberapa cara agar bahagia yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kebahagiaan, meski keadaan sedang susah. Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

Iklan

Yuk Mulai Bahagia dalam Kondisi Apapun 

Sebagai manusia, mengalami rasa kecewa, sedih dan marah merupakan hal wajar. Tapi, kita diharuskan agar tidak terlalu larut dalam perasaan negatif terlalu lama.

Untuk menangkalnya adalah dengan berbahagia. Berikut ini adalah beberapa cara sederhana agar kamu tetap merasa bahagia: 

Iklan

Lakukan hobi yang kamu cintai 

Menjalani hobi yang kamu cintai bisa memberikan rasa bahagia di dalam kehidupan. Tapi, hobi yang dijalankan haruslah bersifat positif.

Banyak orang yang melakukan hal negatif dengan alasan itu adalah hobi. Contoh hobi yang positif adalah seperti berolahraga, melukis, membaca dan lain sebagainya. 

Dengan menjalankan hobi yang bersifat positif, energi dan pikiran juga akan positif. Ketika sudah mendapatkan energi baik, bahagia juga akan kamu rasakan. Bahkan kamu akan merasa bahwa apa yang kamu lakukan sudah lebih dari cukup. 

Belajar memaafkan 

Rasa kecewa yang membuat kamu tidak bahagia biasanya disebabkan oleh kesalahan dari orang sekitar.

Walau sudah mengatakan memaafkan orang tersebut, tapi biasanya rasa kecewa ini membayangi.

Hasilnya kamu akan memiliki rasa benci. Sifat inilah yang harus kamu hilangkan agar hidupmu bahagia. 

Kamu harus sadar bahwa siapapun pernah melakukan kesalahan, termasuk dirimu sendiri.

Jangan sampai kesalahan orang lain menjadi alasan untuk membenci. Maafkanlah dan ikhlas dengan apa yang sudah terjadi.

Sulit memang, tapi bukan berarti tidak bisa. Dengan memaafkan ini, kamu akan merasa lega dan bisa hidup lebih bahagia. 

Cintai diri sendiri 

Apakah kamu pernah melihat orang lain dan membandingkan dengan diri sendiri? Setelah melihatnya kamu merasa insecure?

Kalau iya, itu tandanya kamu tidak mencintai diri sendiri. Jika ini terus kamu lakukan, bisa jadi kamu tidak akan pernah puas serta timbul rasa iri. Bahagia pun juga akan semakin jauh. 

Berhentilah membandingkan diri dengan orang lain. Cintai dan terima apapun yang kamu miliki sekarang.

Kamu adalah kamu. Kamu bukan dia atau siapapun. Jadi diri sendiri merupakan hal paling membahagiakan. 

Beristirahat 

Tidak hanya saat lelah saja kamu harus beristirahat. Tapi, ketika perasaan sedang dalam kondisi tidak baik dan banyak pikiran, tidak ada salahnya kamu berhenti sebentar. Mengambil nafas dan beristirahat.

Kosongkan sementara pikiran dan buatlah hati lebih tenang. Meditasi bisa sangat membantumu untuk bisa mengistirahatkan pikiran. 

Membuang segala pikiran negatif akan menjadikan dirimu lebih bahagia. Sehingga segala persoalan hidup bisa diselesaikan dengan baik. Jadi, berikanlah waktu untuk dirimu sendiri untuk beristirahat dari segala hal. Supaya hidup bisa lebih bahagia. 

Usahakan untuk tidak mengeluh 

Sebenarnya mengeluh adalah sifat yang manusiawi. Tapi, mengeluh terus pun juga tidak akan memberikan hasil.

Malah kamu tidak akan merasa bahagia dalam kehidupan. Mengeluh sewajarnya atau menggunakan metode lain. Semisalnya adalah menulis diary dan berdoa bisa menjadi cara yang tepat. 

Mengeluarkan pikiran negatif dengan cara-cara tersebut akan sangat membantumu menghadapi kehidupan dengan tenang dan lebih bahagia.

Jadi, tidak ada salahnya mengeluh tapi kamu harus ingat bahwa mengeluh pun tidak akan mengubah apapun. 

Belajar dari pengalaman meski sakit 

Pengalaman adalah guru paling terhebat dalam kehidupan. Belajar dari pengalaman walau sakit adalah cara sederhana agar selalu bahagia.

Dari pengalaman yang menyakitkan itu, maka kamu akan mengerti kalau hidup tak selamanya indah. Buatlah keindahan sendiri dengan hal-hal menyakitkan tersebut. 

Contoh paling mudah adalah ketika kamu putus dengan pacar. Sakit hati sudah pasti akan dirasakan.

Tapi, kamu mendapatkan pengalaman bahwa hubungan tidak selamanya mulus. Kamu akan belajar bahwa apapun yang terjadi kehidupan harus berjalan terus dan hanya bahagialah kunci supaya hidup menjadi lebih baik. 

Mulailah bersyukur 

Sudahkah kamu bersyukur dengan apapun yang kamu miliki sekarang? Jika belum, cobalah untuk mensyukurinya.

Misalnya bersyukur masih diberi kesehatan, bisa makan sehari-hari, bisa berkumpul dengan keluarga atau lain sebagainya. Hal-hal baik walau kecil harus kamu syukuri. 

Dengan bersyukur, hati akan menjadi lebih tenang dan kamu akan lebih bahagia karena sudah merasa cukup dengan apa yang sudah dimiliki.

Bahkan kamu juga perlu bersyukur akan masalah atau musibah yang dialami. Kenapa? Karena Tuhan tahu bahwa kamu adalah orang yang kuat. 

Semua manusia di dunia berhak bahagia, termasuk kamu. Cara agar bahagua di atas sekalipun sederhana mungkin bisa membantumu mendapatkan kebahagian walau sedang dalam keadaan sulit.

Berbahagialah, karena kamu adalah manusia yang hebat dan kuat. 

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: panduan hidup sehat
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments