Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Bunga Indah Cantik Yang Bisa Digunakan Sebagai Penyedap Makanan

Kalangan koki sudah banyak yang memilih bunga berikut ini untuk penyedap rasa.


bunga indah cantik

Tampilan bunga Endflower (Foto : Rostislasvediacak/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Indonesia sangatlah kaya akan rempah-rempah, khususnya pala. Namun baru-baru ini booming di kalangan koki dunia bumbu masak yang sudah ada sejak lama di Indonesia, terkenal karena rasa dan aromanya yang unik yakni bunga kecombrang atau honje.

Iklan

Bentuk tumbuhan ini mirip seperti bunga indah cantik dengan daun memanjang, sering dijumpai di kawasan Asia seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Bagian batangnya bisa berdiri kokoh hingga 5 meter. Jika dicium, bunga kecombrang mengeluarkan aroma harum dan segar yang membuatnya banyak dijadikan sebagai bumbu penyedap rasa masakan.

Iklan

Dengan aroma harum dengan rasa pedas jahe serta asam mirip seperti jeruk, makanya para koki internasional menjadikan bunga kecombrang sebagai primadona bumbu yang disebut juga dengan ‘ginger torch’.   

Bunga kecombrang juga memiliki manfaat dalam pengobatan penyakit kulit dan luka, mencegah dehidrasi, meningkatkan fungsi otak, menguatkan tulang dan gigi, menghilangkan bau tak sedap, dan membersihkan darah.

Iklan

Selain bunga ini, masih ada beberapa bunga lainnya yang bisa digunakan sebagai penyedap makanan. Yuk, simak daftar berikut.

Bunga Turi

Di beberapa daerah di Pulau Jawa, bunga turi biasa dijadikan pelengkap pecel dan lalapan.

Bila dikonsumsi baik bagi kesehatan karena memiliki nutrisi lengkap seperti kalsium, zat besi, fosfor, kalium, lemak, protein, karbohidrat, vitamin C, B1, B2, B6, dan beta karoten.

Jika direbus dan dijadikan sebagai obat kumur maka kamu akan mendapat manfaat seperti mengobati sariawan, mengatasi disentri, mengobati rabun senja, mengatasi pilek, batuk, sakit kepala dan demam, serta melancarkan ASI bagi ibu menyusui.

Bunga Melati

Pernah nonton film horor yang diperankan oleh Suzana? Mungkin kamu sering melihat ada adegan dimana aktris ini memakan bunga melati.

Suzana memang kerap makan bunga melati semasa hidupnya, tidak hanya saat syuting film saja.

Sejatinya kebiasaan makan bunga melati ini bukan sekedar ritual belaka, karena diketahui ada manfaat bagi kecantikan dan kesehatan yang dapat diperoleh.

Ekstrak bunga melati biasanya dipakai sebagai bahan obat penyakit hati dan sakit perut karena diare.

Memiliki harum semerbak yang cocok untuk relaksasi, bahkan bisa meningkatkan gairah seksual.

Untuk kuliner, bunga ini sering digunakan sebagai bahan tambahan minuman atau makanan seperti teh dan juga permen. Ada juga yang menambahkan aroma masakan yang diolah dengan cara dipanggang.

Elderflower

Elderflower atau bunga elder adalah bunga yang didominasi oleh warna putih. Keberadaan bunga ini sering dijumpai di Inggris karena menjadi bahan masakan dapur, namun sayangnya jarang ada di Indonesia.

Elderflower pada umumnya diolah menjadi minuman, punya perpaduan rasa asam unik yang dapat menggugah selera.

Setidaknya ada beberapa olahan masakan dengan bahan bunga ini, seperti pie, cupcakes, cake, eton mess, dan waffle.

Bila kamu kebetulan memiliki bahan unik ini, jangan lupa untuk menambahkannya dalam santapan, ya.

Bunga Hibiscus

Bunga hibiscus atau kembang sepatu dapat dikonsumsi setelah dikeringkan, kemudian diseduh menjadi minuman seperti teh.

Rasa bunganya mirip seperti buah cranberry yang diberikan sedikit perasan lemon. Bagian kelopak yang masih segar bisa ditambahkan ke salad atau dijadikan manisan.

Beberapa penelitian menemukan adanya kandungan antioksidan dan anthocyanin dalam bunga hibiscus yang diyakini mampu mengontrol kadar kolesterol dan tekanan darah.

Apple Blossom

Bunga ini bukan hanya pemanis hidangan tetapi juga dapat dimakan. Bila ditambahkan dalam hidangan, apple blossoms terasa halus dan rasanya mirip apel. Umumnya digunakan dalam hidangan pastry, pie, kue, es krim, dan campuran pencuci mulut dan salad.

Bunga Begonia

Selain menjadi tanaman hias, bunga begonia ternyata juga bisa dimakan. Diketahui dalam bunga ini terkandung zat asam karbolik, vitamin c, flavonoid, alkaloid yang bermanfaat mengatasi gangguan pencernaan, mengobati flu, disentri, batuk, mengurangi keputihan dan nyeri hadi, anti-inflamasi, serta dapat menjaga kesehatan organ hati.

Salah satu resep makanan yang akan terasa lebih nikmat jika dimasak dengan bunga begonia adalah tumis kambing madu.

Bunga Anggrek

Salah satu bunga yang populer di Indonesia, anggrek ternyata punya tekstur mirip mentimun dengan cita rasa sedikit pedas. Umumnya sih digunakan sebagai penghias makanan, meskipun tak jarang jadi campuran menu berbasis tumis-tumisan dan permen.

Lilac

Lilac punya harum yang legendaris, kerap dijadikan sebagai pewangi ruangan dan aromaterapi. Namun siapa sangka kalau bunga ini juga dijadikan bahan dasar makanan dan campuran minuman seperti selai, sorbet, es krim, dan masih banyak lagi.

Violet

Beberapa jenis bunga violet dapat dimakan, memiliki rasa manis dan memiliki aroma sedap.

Sering ditambahkan sebagai garnish kue dan pastry, manisan, masakan ikan dan ayam, bahkan pelengkap salad.

Manfaatnya cukup banyak untuk kesehatan, mulai dari mencegah gagal ginjal, menurunkan demam, menjaga kesehatan jantung, dan mengatasi batuk pilek.

Itulah daftar bunga indah cantik yang bisa dimakan dan dijadikan penyedap masakan. Selain rasanya yang enak, bunga tersebut juga dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kamu, lho. Nah, sudah pernah nyicip belum?

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: serba-serbi tumbuhan