Luis Zuarez pindah ke Atletico dengan transfer gratis
Atletico meresmikan kepindahan Suarez dari Barca. (Foto: tmtimes.id)
Iklan

Luis Suarez pindah, Atletico Madrid ketiban Gratisan

Suarez akhirnya pindah ke Atletico dengan biaya gratis, meski disertai klausul khusus. Apa yang terjadi sebelum kepindahannya yang cukup dramatis itu?

Photo of author

Oleh: tmtimes bola

Redaktur yang bertanggung jawab mengabarkan informasi seputar dunia sepakbola. Dia sebenarnya nggak demen sepakbola.

tmtimes.id – Atletico Madrid tidak membayar biaya transfer sepeser pun guna meresmikan kepindahan Luis Suarez dari Camp Nou ke Wanda Metropolitano. Ya, Luis Suarez pindah ke Atletico Madrid setelah membela Barcelona selama enam musim.

Bagi Atletico Madrid, kepindahan Suarez jelas jadi keuntungan besar. Pemain yang menurut situs Transfermarkt bernilai € 28 juta (atau sekitar Rp 485 miliar) itu didapat dengan cara gratis. Di Atletico, Suarez dikontrak selama dua tahun, hingga 30 Juni 2022.

advertisement

Walau begitu, Suarez masih harus melewati tes medis di Atletico. Setelah lolos tes, Atletico akan secara resmi memperkenalkan dia sebagai pemain baru.

Selain itu, Atletico harus membayar sejumlah bonus ke Barcelola bila Suarez menuai prestasi tertentu di kompetisi yang diikuti Atletico.

Mengutip media the Catalans, Atletico nantinya harus membayar sejumlah uang performa sebesar € 6 juta (sekitar Rp 104 miliar) kepada Barcelona. Masing-masing jumlah bonus € 2 juta wajib dibayar Atletico bila mereka mencapai perempat final Liga Champions dalam kurun dua musim ke depan.

Penampilan Suarez di La Liga sebetulnya cukup impresif. Sang pemain tampil di 191 pertandingan dan mencetak 147 gol untuk Barca di La Liga, menurut data Transfermarkt. Dia juga berperan besar dalam perolehan empat trofi juara La Liga dan piala Spanyol, serta satu trofi Liga Champions untuk Barca.

La Liga 2015/16 jadi musim terbaik untuk Suarez, dimana dia tampil sebagai pencetak gol terbanyak dengan torehan 40 gol. Suarez bermain di 283 pertandingan dan mencetak 198 gol untuk Barca di semua kompetisi. Dengan semua gol dan prestasi mentereng itu, Suarez didaulat sebagai pencetak gol ketiga terbanyak Barcelona sepanjang masa.

Suarez bukan lagi pemain Barca. (Foto: tmtimes.id)

Kepindahan Suarez dari Barca ke Atletico jelas meninggalkan jejak harum. Paling tidak sang pemain berperan besar dalam kesuksesan Barca meraih banyak trofi selama lima tahun belakangan. Namun kepergiannya meninggalkan kabar tidak menyenangkan.

Sebelumnya lewat sambungan telpon singkat (tak lebih dari semenit) pada 24 Agustus 2020, Suarez mendapat kabar bahwa dia takkan masuk dalam rencana manajer Barca yang baru, Ronald Koeman.

Tiga hari kemudian sang penyerang mengutarakan keinginannya untuk lanjut bersama Barca, meski sebagai pemain pengganti. Kesediaan Suarez itu diungkap meski rumor terlanjur berhembus kencang, dan mengabarkan bahwa Barcelona memaksa dia untuk keluar, meski kontrak Suarez masih tersisa satu tahun lagi.

Suarez akhirnya setuju untuk hengkang, dengan catatan dia sendiri yang menetapkan klausul kepindahan. Walhasil, pengacara pribadinya membantu menegosiasikan jalan keluar, dengan klausul bahwa sisa nilai kontraknya dibayar secara penuh dan Suarez bisa meninggalkan klub sebagai pemain bebas kontrak.

Semua klausul yang diajukan Suarez disetujui oleh Barca. Lebih jauh lagi, Barca akan membayar perbedaan nilai, antara gajinya di Barca yang mencapai € 14 juta dan gajinya di Atletico.

Tetapi Barca juga meminta klausul tersendiri, yang mensyaratkan agar Suarez tidak diperbolehkan pindah ke Real Madrid, Manchester City atau Paris Saint-Germain. Atletico beruntung karena klausul tersebut tidak menyebut nama mereka. Tapi toh Suarez sempat berencana pindah ke Juventus, sebelum akhirnya mendarat di Atletico.

Statistik penampilan Luis Suarez sebelum pindah ke Atletico Madrid
Bagaimana kualitas seorang Luis Suarez? (Foto: tmtimes.id)

Suarez memang telah lama diminati pelatih Atletico Diego Simeone, yang memujinya selangit sebagai pemain yang sangat penting, luar biasa dan agresif. Simeone pula yang, menurut laporan Guardian, menelpon Suarez guna meyakinkannya bergabung dengan Atletico.

Di Atletico, Suarez akan berduet bareng Diego Costa. Lebih jauh lagi, pemain timnas Uruguay berusia 33 tahun itu datang untuk menggantikan Álvaro Morata yang Selasa (22/09/2020) silam memutuskan pindah ke Juventus.

(sumber: Guardian/Transfermarkt/the Catalans)

advertisement
Berita Terkini:
kereta bogowonto

Kereta Bogowonto menempuh perjalanan selama kurang lebih 8 jam 40 menit dari Jakarta Pasar Senen hingga Lempuyangan

advertisement
Artikel Terkait:
West Ham VS Totenham
West Ham vs Tottenham, Bisakah The Hammers Menang Di Kandang Sendiri?
ilustrasi Arsenal menang
Arsenal menang 3-1 atas Aston Villa, Hati Arteta Gembira
hasil liga inggris tadi malam
Hasil Liga Inggris Tadi Malam: MU Keok, Liverpool Puas, Chelsea Lega
chelsea vs shouthampton
Menang 3-1, The Blues Mampu Bertahan di Posisi Puncak Klasemen Liga Inggris
Brighton VS Arsenal
Hasil Imbang, The Gunner Belum Bisa Menyumbangkan Gol
pertandingan liga Inggris
Hwang Hee-Chan jadi Aktor Kemenangan The Wolves atas Newcastle United
advertisement
Bagikan artikel ini