jelang derby mrseyside
Iklan

Bagaimana Liverpool, Siap melawan Everton?

Liverpool akan bertandang ke Goodison Park akhir pekan ini. Siapkah mereka melawan tim sekota yang sedang ada di puncak klasemen itu?

Photo of author

Oleh: tmtimes bola

Redaktur yang bertanggung jawab mengabarkan informasi seputar dunia sepakbola. Dia sebenarnya nggak demen sepakbola.

the Monkey Times – Kekalahan Liverpool dari tim semenjana semacam Aston Villa tentu membuat banyak orang kaget. Bagi para penggemarnya, kekalahan itu juga berarti kekecewaan tingkat tinggi.

Lantas bagaimana ketika melawan Everton dalam matchday Liga Premier Inggris di akhir pekan? Siapkah skuad asuhan Jurgen Klopp tersebut?

advertisement

Untungnya Liverpool memegang beberapa macam keuntungan jelang derby Merseyside. Pertama, dua pemain mereka yang tadinya divonis mengidap COVID-19, Thiago Alcantara dan Sadio Mane, sudah sembuh dan siap membela panji Liverpool.

Kedua, para pemain Liverpool yang bertanding di UEFA Nations League (UNL) sepanjang akhir pekan lalu sampai malam ini dikabarkan baik-baik saja.

‘Baik-baik saja’ berarti ada kelegaan tersendiri yang mendera batin Jurgen Klopp sepanjang rehat liga di tengah pertandingan internasional macam UNL.

Di tengah situasi pandemi seperti sekarang, tentu bakal sangat beresiko bagi seorang pemain terbang ke negara lain untuk membela tim nasionalnya. Belum lagi dengan kekhawatiran pemain terkena cedera ketika membela negaranya.

Untungnya hal itu tidak terjadi pada pemain yang membela Liverpool. Namun toh Xherdan Shaqiri sempat dilaporkan terpapar coronavirus ketika membela Swiss di UNL, walau kemudian dinyatakan negatif beberapa hari kemudian.

Ketiga, pemain macam Thiago Alcantara akhirnya memutuskan berlatih di Melwood – kompleks latihan milik Liverpool, ketimbang terbang membela Spanyol. Klopp boleh lega mendengar keputusan tersebut.

Rekor pertemuan Liverpool vs Everton

Kalau acuannya lima pertandingan termutakhir, Everton kalah dari Liverpool sebanyak tiga kali. Dua pertandingan lainnya berakhir seri, menurut statistik yang dihimpun dari situs 11v11.

Dari lima kali pertemuan tersebut, satu kekalahan telak diterima Everton musim lalu, yang dipaksa takluk dari tuan rumah Liverpool 5-2 dalam lanjutan Liga Premier Inggris pada 4 Desember 2019.

Dalam sejarah pertemuan kedua klub, Liverpool boleh dibilang lebih digdaya dengan mengoleksi 121 kemenangan, 82 kekalahan, dan 84 pertandingan berakhir imbang.

Dari segi sejarah rivalitas Everton dan Liverpool, yang disebut terakhir ini menang telak dalam soal rekor head-to-head. Tapi kita sebaiknya jangan lupa satu hal: Everton tengah menguasai puncak klasemen Liga Premier Inggris.

Everton mendapat poin sempurna, 12, dari hasil empat kali kemenangan dalam empat matchday Liga Premier Inggris. Mereka mencetak 12 gol, dan hanya kebobolan 5 gol selama.

Bandingkan dengan Liverpool yang mencetak 11 gol, untuk kemudian kebobolan dalam jumlah yang sama. Belum lagi absennya Allison selama 6 pekan, dan keberadaan penggantinya, Adrian, yang performanya kadung bikin khawatir. (ingat blunder konyolnya ketika melawan Aston Villa dua pekan lalu?)

Jadi walau banyak pemain Liverpool yang kembali dalam keadaan bugar setelah membela negaranya masing-masing, toh mereka masih harus mewaspadai tetangganya itu. Tanpa perbaikan berarti di sektor pertahanan, Liverpool rasanya bakal menemui banyak kesulitan ketika menghadapi Everton.

Terkait pertahanan, legenda Liverpool, Danny Murphy, menyarankan Klopp untuk menepikan Joe Gomezz, yang dalam pertandingan melawan Aston Villa tidak mampu menopang pertahanan timnya dengan baik.

“Joe Gomez berjuang di jantung pertahanan (Liverpool) musim ini. (Tapi) dia tidak terlihat percaya diri, bahkan (terlihat) tidak bugar ketika menghadapi tugasnya, dan manajer (Klopp) menghadapi keputusan besar dengan mengeluarkannya dari jantung pertahanan,” kata Murphy seperti dikutip Mirror.co.uk.

Walau begitu, terlalu dini menyebut Gomez tidak siap menghadapi tekanan partai besar. Karena toh nyatanya dia bermain baik ketika Liverpool menang 3-1 melawan Arsenal. Barangkali dia hanya membuthuhkan lebih banyak kesempatan untuk membuktikan diri.

Liverpool akan menghadapi Everton pada Sabtu 17 Oktober 2020, pukul 18:30 di Goodison Park, Liverpool.

advertisement
Berita Terkini:
kereta bogowonto

Kereta Bogowonto menempuh perjalanan selama kurang lebih 8 jam 40 menit dari Jakarta Pasar Senen hingga Lempuyangan

advertisement
Artikel Terkait:
West Ham VS Totenham
West Ham vs Tottenham, Bisakah The Hammers Menang Di Kandang Sendiri?
ilustrasi Arsenal menang
Arsenal menang 3-1 atas Aston Villa, Hati Arteta Gembira
hasil liga inggris tadi malam
Hasil Liga Inggris Tadi Malam: MU Keok, Liverpool Puas, Chelsea Lega
chelsea vs shouthampton
Menang 3-1, The Blues Mampu Bertahan di Posisi Puncak Klasemen Liga Inggris
Brighton VS Arsenal
Hasil Imbang, The Gunner Belum Bisa Menyumbangkan Gol
pertandingan liga Inggris
Hwang Hee-Chan jadi Aktor Kemenangan The Wolves atas Newcastle United
advertisement
Bagikan artikel ini