BMW M2 Futura 2000: Eksklusif dan Nyeni

Ketika seni bertemu dengan otomotif, hasilnya adalah eksklusivitas yang menjadikan tipe itu terasa spesial.


bmw tampak depan

Penampakan BMW M2 Edition FUTURA 2000. (Foto: BMW)


Oleh: Roda

Diterbitkan:

the Monkey TimesBMW menyimpan DNA eksklusivitas dalam nadinya. Harga sebagian besar produknya yang tinggi-melangit, plus gengsi sebagai brand otomotif ternama, membuat BMW layak menyandang nama eksklusif.

Di sisi lain, seni sebagai sebuah istilah juga menyimpan eksklusivitas tersendiri. Orang yang memahami seni tentu bukan golongan orang kebanyakan.

Bagaimana bila seni sebagai istilah disatukan dengan produk otomotif? Salah satu jawabannya bisa dilihat dari BMW M2 Futura.

Tipe M, oleh BMW, kini disebut-sebut sebagai sebuah seni kontemporer.

Sebutan itu melekat pada salah satu variannya, M2 Edition, yang mendapat citra eksklusif berkat kerjasama BMW GmbH dengan seniman kontemporer yang memperoleh julukan: FUTURA 2000.

Sang seniman spesialisasi grafitti itu kebagian jatah mendesain kendaraan tersebut, mulai dari bagian luar sampai dalam.

M2 Edition FUTURA 2000 diperkenalkan ke publik Jumat (6/11/2020) lalu. Menurut kabar, BMW Indonesia hanya menjual satu unit mobil tersebut.

‘Satu’ menandakan eksklusifitas. Dipersembahkan untuk orang tertentu, yang tentunya spesial. Jadi kita bisa membayangkan harganya, yang pastinya kurang terjangkau bagi karyawan startup level-B dengan gaji Rp 15 juta per bulan.

Namun kami lebih tertarik dengan fenomena sebuah brand otomotif yang menggandeng seniman untuk merakit sebuah produk eksklusif.

Sedikit melenceng dari pembahasan mobil. Piaggio sudah melakukannya ketika merilis Vespa Primavera Sean Wotherspoon. Jadi kita sebetulnya tidak perlu heran kalau ada brand otomotif lain, dengan produk yang berbeda, melakukan hal yang sama.

Kembali ke BMW. Agaknya elemen ‘nyeni’ terlihat jelas bila kita memperhatikan bodi bagian depan BMW M2 Futura 2000. Futura 2000 memoles bodi bagian luar dengan elemen warna dan guratan khas graffiti jalanan.

Mungkin bagi kebanyakan orang, polesan Futura 2000 terkesan ‘urakan’, asal corat-coret. Namun begitulah kesan umum yang bisa kita dapatkan dari karya seorang seniman graffiti.

Tapi polesan sekaligus coretan seorang seniman graffiti bukannya tanpa nilai sama sekali. Setidaknya bagi orang yang sadar bahwa mobil bukan hanya kebutuhan primer, tapi juga soal citarasa, BMW M2 Futura 2000 terlihat aneh bin nyeni.

Futura 2000 bukan cuma memoles bagian luar M2 Edition, tapi sampai ke bagian dalam: mulai dari dasbor sampai command control yang berada dekat tuas transmisi.

Eksklusif dan terbatas

bagian belakang BMW Futura 2000
Polesan Futura 2000 di bagian eksterior dan interior BMW M2 Edition. (Foto: tangkapan layar situs resmi BMW)

BMW hanya merakit M2 Edition Futura 2000 dalam jumlah terbatas. Mengutip Antara, brand tersebut menyediakan dua versi, yakni limited edition yang tersedia 500 unit dan dua versi one-offs.

Karena dibangun di atas basis BMW M2 Competition, jadilah edisi spesial M2 Edition mampu menghasilkan tenaga 410 hp, menurut klaim BMW sendiri.

Baca Juga:  Tumbuh Kembang Motor Listrik di Indonesia dinilai Bakal Lebih Cepat

Selain itu dia bisa melesat 100 km/jam hanya dalam waktu 4,2 detik ketika digeber maksimal,

Temukan artikel menarik lainnya di topik: kabar otomotif, otomotif istimewa

Atau baca artikel lain yang ditulis: Roda



Slide
Infografis jumlah bus listrik di seluruh dunia
Slide
Infografis vespa matik di Indonesia
Slide
Infografis kencan di era pandemi
Slide
melek finansial
Slide
infografis waralaba
Slide
infografis-jaga-kesehatan-saat-banjir
Slide
Infografis aktor Philip Seymour Hoffman
Slide
Infografis estetika film Paul Anderson
previous arrow
next arrow


Rekomendasi Artikel


Cara Sinema Sport Wisata Sosial