Connect with us

Hi, what are you looking for?

Narasi

Blogging dulu, Urusan lain Belakangan yaa

Apakah kegiatan blogging masih relevan hari ini? Memangnya tidak ada kegiatan lain.

ilustrasi menjadi seorang blogger

the Monkey Times – Beberapa waktu belakangan ini saya merasa sedikit terganggu dengan pernyataan teman-teman saya “ngapain masih ngurusin blog sekarang tuh jamannya visualisasi, nonton tutorial bukan baca blog”. Kebetulan waktu itu saya sedang memposting konten di sebuah blog.

Memang video semakin gencar dijadikan pilihan generasi sekarang. Sekalipun saya kadang merasa kesal, namun tidak bisa dipungkiri akhir-akhir ini saya juga lebih senang menonton video dibandingkan membaca ulasan panjang. 

Tetap saya masih merasa terganggu dengan pernyataan di atas, bagaimanapun juga saya adalah seorang blogger dan sampai sekarang menulis masih menjadi jalan hidup saya untuk mendapatkan penghasilan.

Demi mengobati kekesalan tersebut, akhirnya saya berselancar di dunia maya untuk mempertanyakan apakah ngeblog masih relevan hari ini?

Beberapa saat setelah mesin pencarian menunjukkan hasilnya saya kurang bersemangat untuk melakukan penelusuran. Bukan karena jawabannya bertolak belakang dengan yang saya inginkan, tetapi yang ada justru saya mendapatkan jawaban berkaitan dengan teknis melakukan blogging.

Yang pada akhirnya malah membuat orang malas blogging karena banyak printilan teknis yang harus dipahami. 

Kadang kenyataan bisa nggak sesuai dengan harapan. Mungkin memang seharusnya saya jawab sendiri keresahan ini. 

Baiklah untuk mengawalinya saya mulai dari pengertian aktivitas blogging ini terlebih dahulu.

Mengutip dari thebalancesmb disebutkan jika “Blogging refers to writing, photography, and other media that’s self-published online”.

Pernyataan tersebut akhirnya sedikit melegakan pertanyaan saya, jika ngeblog tidak sekedar menulis di blog website pribadi saja, lebih dari itu berbagai aktivitas yang berkaitan dengan menulis, fotografi hingga media lain yang diterbitkan secara online juga masuk dalam kategori ngeblog.

Berlandaskan pernyataan singkat tersebut kesimpulan sederhananya ngeblog masih sangat relevan, bahkan di tengah meningkatnya minat konten dalam bentuk video.

  Gus Gayeng bersama Santrinya di Youtube

Ngeblog tidak harus dilakukan di website pribadi juga memberikan pengertian kepada kita jika aktivitas menulis ulasan di sosial media, melakukan komentar dan menjawab komentar tanpa disadari itu merupakan bagian dari ngeblog.

Bahkan pada akhirnya banyak yang mendapatkan pengikut setia, hingga penghasilan melalui aktivitas yang berkaitan dengan marketing brand.

Ini sudah dibuktikan dengan banyaknya selebtwit dan beberapa influencer kondang yang dikenal karena tulisan-tulisan singkatnya di sosial media. 

Lebih luas lagi, sekalipun dunia semakin ramai diisi oleh konten visual, namun awal mula itu semua berasal dari tulisan terlebih dahulu.

Pembuatan konten dalam bentuk visual tidak serta merta langsung mengalami proses syuting, tetapi dibutuhkan konsep, ditulis terlebih dahulu bagian-bagian pentingnya, hingga bagaimana skenario konten tersebut. 

Bagaimana jika kedua hal tersebut sama-sama dipublikasikan? Bukan hanya memberikan pengetahuan kepada banyak orang, lebih dari itu juga membuat Anda mendapatkan keuntungan lebih atas aktivitas tersebut.

Sederhananya, Anda sangat menyukai aktivitas vlogging, hingga akhirnya Anda mau membeli berbagai perangkat vlogging dengan harga yang tidak mudah dan juga Anda rela belajar untuk bisa menghasilkan video yang menarik.

Saya kira Anda bisa mendapatkan double benefit jika Anda bukan hanya melakukan vlogging saja, melainkan juga melakukan blogging

Lalu bagaimana untuk mereka yang belum terjun dalam dunia vlogging?

Jika Anda masih sama seperti saya, yang belum merambah ke dunia video, Anda tetap masih sangat berpeluang mendapatkan benefit dari aktivitas blogging ini. Terlebih jika Anda memang serius dan senang melakukannya, terlebih lagi jika aktivitas bloggingnya bukan sekedar menulis di sosial media saja.

Tetapi Anda juga memiliki blog pribadi yang berisi tulisan-tulisan Anda. Di era yang semakin maju seperti sekarang ini Anda bisa membuat blog semenarik mungkin tanpa harus menguasai dunia IT.

  Persewaan Komik dan Kenang-kenangan yang Hidup

Misalnya dengan memilih platform wordpress yang menyediakan berbagai tema hingga plugin yang mudah dipakai. Ini semakin memudahkan Anda untuk melakukan blogging sehingga Anda semakin bersemangat dan membuka lebar peluang penghasilan. 

Untuk penghasilan, tentu Google Adsense dan beberapa program affiliate lain di internet masih sangat bisa diandalkan. Peluang menarik tersebut masih sangat terbuka lebar, belum jika Anda menyertainya dengan branding di sosial media terkait dengan aktivitas tersebut.

Potensi untuk mendapatkan banyak followers dan mendapatkan kunjungan ke blog pribadi semakin besar juga hingga akhirnya semakin banyak iklan yang tayang dan tentunya penghasilan Anda akan bertambah. 

Tentu kunci dari itu semua adalah ketertarikan Anda terhadap aktivitas tersebut sehingga Anda bisa melakukan dengan enjoy dan pada akhirnya juga mengamini jika ngeblog masih relevan untuk saat ini. 

Written By

Penulis konten. Tinggal di Yogyakarta. Suka traveling, jalan-jalan dan jajan-jajan.

Artikel Terkait

Internasional

Ambisi menjelajah luar angkasa bukan cuma milik negara, tapi juga individu super kaya.

Info Promo

Siap makan pizza bareng keluarga?

Mau Tahu Donk

Tank lahir di situasi Perang Dunia 1. Dan dalam sejarah, Inggris merupakan negara pertama yang mengembangkan tank untuk keperluan perang.

Mau Tahu Donk

Ada tiga jadwal keberangkatan Rosalia Indah dari Cibubur ke Solo yang dilayani setiap hari.

Narasi

Artikel ini pertama terbit di Project Multatuli dan direpublikasi di sini menggunakan lisensi Creative Commons.

Islam

Berniat puasa di 10 hari awal bulan Dzulhijjah? Ini dia panduan niat dan lafalnya.

Mau Tahu Donk

Sedang merencanakan perjalanan dari Kampung Rambutan ke Jogja? Rosalia Indah bisa jadi satu pilihan.

Jelajah

Ke Malang boleh-boleh aja. Tapi jangan lupa oleh-olehnya.