Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Biografi Leonardo Da Vinci, Seniman Termasyur Di Muka Bumi

Ia sering disebut sebagai salah satu pelukis terhebat sepanjang masa meskipun saat ini hanya ada sekitar 15 karya yang dapat bertahan.


Biografi Leonardo da Vinci

Salah satu halaman di notebooks Leonardo da Vinci (Foto : The Evveret Collection / Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey TimesLeonardo Da Vinci merupakan sosok seniman paling jenius yang pernah ada di muka bumi. Selama hidupnya, ia telah banyak menghasilkan karya fenomenal yang dikenal dunia hingga saat ini.

Iklan

Tidak hanya melukis, Leonardo Da Vinci juga ahli dalam mematung, menulis, arsitek, hingga musisi di abad Pembaharuan atau Renaissance di Italia. Berikut biografi Leonardo Da Vinci yang perlu kamu ketahui.

Mengenal Lebih Dekat Sosok Pelukis Terhebat di Zaman Renaissance

Dikutip dari berbagai sumber, Leonardo di ser Piero da Vinci atau yang lebih dikenal dengan nama Leonardo Da Vinci lahir di Anchiano, Italia pada 15 April 1452 dari pasangan Piero Fruosino di Antonio da Vinci dan Caterina.

Iklan

Ia sering disebut sebagai salah satu pelukis terhebat sepanjang masa meskipun saat ini hanya ada sekitar 15 karya yang dapat bertahan.

Sedikit yang bisa diketahui dari masa kecilnya, Da vinci tinggal di rumah sang ibu di Anchiano sampai berusia lima tahun.

Iklan

Kemudian ia tinggal bersama ayah, paman, dan kakeknya di Vinci pada tahun 1457. Di masa mudanya yang harus memasuki usia 14 tahun, pelukis hebat ini sudah belajar melukis di bawah didikan Andrea del Verrocchio di Kota Firenze.

Bahkan ada sumber yang menceritakan bahwa sang guru memilih untuk pensiun melukis setelah melihat bahwa lukisan muridnya lebih bagus dari lukisannya sendiri.

Di bawah bimbingan Verrocchio, bakat Leonardo sangat terarah dan semakin matang. Leonardo banyak mewariskan rancangan alat-alat mekanik dan senjata militer yang membuatnya dikenal sebagai orang jenius di masa itu.

Pendidikan di Florence memang mengasah kemampuan teknis serta daya imajinasinya, hingga berujung pada karya kolaborasi dengan Verrocchio. Karya tersebut diberi judul The Annunciation (1472-1475) dan The Baptism of Christ (1475).

Pada tahun 1481-1482, Leonardo memutuskan pindah dan bekerja di Milan di bawah Duke (adipati) di sana.

Selama tinggal di Milan, ia menghasilkan karya Kuda Sforza yang paling terkenal ketika itu, dan membutuhkan waktu selama lebih dari 11 tahun untuk mengerjakannya.

Sambil melukis dan membuat patung, Leonardo juga membangun kanal-kanal serta membuat jalan-jalan sungai.

Leonardo Da Vinci adalah orang yang cerdas, berkat kejeniusannya ia lalu bekerja untuk Paus Leo X di Roma membantu Michelangelo dan Raphael dalam merancang katedral Santo Petrus.

Ia juga bekerjsa untuk Raja Louis XII dari Perancis. Tak hanya tertarik dengan seni, Leonardo juga suka mempelajari bidang ilmu pengetahuan.

Ada sebanyak 7000 halaman buku yang berisi catatan pemikiran-pemikiran Leonardo. Ia bahkan menuliskan tentang sketsa studi tubuh manusia yang dipelajarinya.

Di masa itu, anatomi tubuh manusia hanya sekedar jasad biasa yang dilarang keras untuk dibedah.

Tapi tidak dengan Leonardo Da Vinci yang malah membedah tubuh orang mati secara sembunyi-sembunyi. Namun dengan kenakalannya tersebut, ia malah berhasil memberikan kontribusi besar bagi dunia kedokteran.

Karya yang Membuat Nama Leonardo Da Vinci Terkenal

Mona Lisa adalah karya lukisannya yang paling terkenal dan merupakan potret setengah badan seorang perempuan dengan senyum misterius.

Lukisan ini sangat terkenal dan banyak diperbincangkan hingga kini. Dibuat sejak tahun 1503, Mona Lisa menyimpan sejumlah fakta unik yang masih menjadi misteri.

Salah satunya adalah identitas wanita dalam lukisan yang belum diketahui sampai sekarang. Mayoritas orang percaya bahwa wanita tersebut adalah Lisa Lisa Giocondo dan Lisa Maria de Gherardini.  

Selanjutnya adalah lukisan Last Super atau dikenal Perjamuan Terakhir yang menggambarkan hubungan erat Yesus dan para rasulnya yang dibuat pada tahun 1495.

Lukisan tentang perjamuan terakhir Kristus ini juga dinobatkan sebagai karya lukis dengan dimensi terbesar yang dibuat da Vinci.

Lalu ada lukisan Vitruvian Man yang terkadang disebut sebagai preposisi manusia. Gambar ini didasarkan pada korelasi yang ideal antara proporsi manusia dengan geometri yang dijelaskan oleh arsitek Romawi kuno Vitruvian.

Leonardo da Vinci juga menyita perhatian dunia lewat lukisan Salvator Mundi tahun 1510, periode yang sama saat ia melukis Mona Lisa.

Menjelang Kematian

Leonardo Da Vinci meninggal pada tanggal 2 Mei 1519 di umurnya yang ke 67 tahun di Clos Luce. Beberapa tahun sebelum kematiannya, Leonardo pergi ke Roma selama tiga tahun.

Di sana, ia mendapatkan tawaran sebagai pelukis dan insinyur pertama di Royal Court Prancis. Tawaran tersebut langsung datang dari Raja Perancis Francois I yang kemudian menjadi teman dekat Leonardo.

Pelukis ini juga lebih banyak menghabiskan waktu untuk menulis berbagai catatan dan makalah ilmiah.

Masa akhir merupakan puncak dari studi ilmiah dalam berbagai disiplin ilmu sekaligus memberinya kredibilitas sebagai seorang jenius renaissance sejati.

Leonardo awalnya dimakamkan di kapel St Florentin, namun selama revolusi Perancis Gedung tersebut hancur. Sampai saat ini belum ada yang tahu dimana makam Leonardo dipindahkan.

Itulah biografi Leonardo Da Vinci, sang pelukis terhebat sepanjang sejarah dunia.  

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: Biografi Leonardo Da Vinci, biografi tokoh