Beli Skincare Retinol untuk Wajah? Perhatikan Hal-hal Berikut!

Sebelum menggunakan skincare retinol pada wajah, para ahli kecantikan menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan.


skincare retinol wajah

Perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum menggunakan skinkcare.

Diterbitkan:

the Monkey Times – Para penggemar kecantikan pasti selalu mengikuti tren skincare terbaru. Nah, ada satu produk yang kini banyak digemari kaum hawa maupun adam, yaitu produk retinol.

Produk ini menjadi senjata ampuh bagi para penggemar kecantikan untuk mempertahankan cahaya wajah yang sehat serta pembasmi garis-garis halus pada wajah.

Perlu diketahui, retinol pada dasarnya adalah turunan vitamin A yang dibutuhkan tubuh selama meningkatkan pergantian sel.

Selain mengandung nutrisi yang baik, produk kecantikan ini juga mampu meningkatkan produksi kolagen, mengurangi jerawat, hingga mencerahkan kulit wajah.

Sebelum menggunakan skincare retinol pada wajah, para ahli kecantikan menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Berikut ini beberapa hal penting yang dapat diketahui sebelum memasukan produk ini ke dalam rangkaian perawatan skincare Anda.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Retinol

Retinol merupakan salah satu senyawa kimia selain salicylic acid dan benzoyl peroxide yang sering digunakan untuk mengobati masalah pada kulit, seperti jerawat, whitehead dan blackhead.

Produk ini dapat diperoleh dengan mudah tanpa harus pakai resep dokter. Selain dipakai sebagai obat jerawat, retinol juga berfungsi menghilangkan kerutan wajah (anti-aging), sehingga wajar bila banyak orang menggemari produk satu ini.

Nah, ada hal-hal yang perl dipertimbangkan sebelum Anda menggunakan produk perawatan wajah dengan bahan retinol. Seperti berikut ini, silahkan disimak sampai habis.

  1. Tidak Dianjurkan untuk Ibu Hamil dan Orang dengan Kulit Sensitif

Produk skincare dengan bahan aktif retinol tidak dianjurkan untuk digunakan oleh ibu hamil.

Ini karena kandungan anti-aging dalam retinol mempunyai risiko cacat pada janin, sehingga tidak dianjurkan oleh dokter.

Selain itu, produk ini juga sebaiknya tidak dipakai oleh orang-orang dengan kulit sensitif. Misalnya penderita rosacea, permukaan kulit tidak dapat menerima retinol yang dioleskan.

  1. Beberapa Skincare Berbahan Aktif yang Tidak Boleh Dicampur dengan Retinol

Anda harus tahu bahwa produk retinol tidak dapat dicampur dengan beberapa skincare berbahan aktif berikut ini. Ingat baik-baik.

  • Serum Vitamin C yang bersifat asam tidak akan aktif saat dicampur dengan retinol.
  • Toner, cleanser, dan astringent yang mengandung obat secara bersamaan dengan retinol dapat menyebabkan kulit kering hingga iritasi.
  • Sunscreen atau SPF yang memiliki bahan aktif tidak dapat bekerja dengan baik saat dipakai bersama dengan retinol. Justru malah membuat kulit wajah menua bila digunakan di pagi atau siang hari.
  • Chemical exfoliant dan benzoyl peroxide akan menyebabkan kandungan retinol tidak bekerja secara maksimal dan bahkan bisa menyebabkan kulit wajah iritasi.
  1. Sebaiknya Digunakan Pada Malam Hari
Baca Juga:  Tips Mencegah Anemia saat Masa Kehamilan

Para ahli kecantikan tidak menganjurkan produk ini digunakan pada pagi dan siang hari.

Sebaiknya digunakan pada malam hari sehingga produk ini dapat bekerja dengan maksimal.

Sinar matahari diketahui dapat membuat retinol yang dioleskan ke wajah tidak berfungsi.

Dan jika digunakan secara rutin, sangat disarankan untuk menggunakan tabir surya ketika akan beraktivitas di luar ruangan. Karena retinol dapat membuat lapisan kulit paling luar menipis, maka untuk mencegah kulit memerah dan iritasi.

  1. Gunakan Retinol dalam Jumlah Secukupnya di Awal Penggunaan

Semua orang pasti ingin punya kulit wajah yang bersinar, halus dan bersih. Hal ini dapat dipahami, hanya saja hasilnya bisa tidak baik bila digunakan secara berlebihan.

Untuk pengguna yang ingin mendapatkan efek anti-aging, Anda disarankan untuk menggunakan produk kecantikan ini perlahan-lahan dalam seminggu awal, baru frekuensi penggunaannya ditingkatkan.

Jika bermasalah dengan kulit wajah yang berjerawat, menggunakan produk retinol satu kali dalam seminggu awal, sambil memperhatikan kondisi kulit dan jerawat Anda dapat meningkatkannya menjadi 2-3 kali dalam seminggu.

  1. Hentikan Penggunaan Retinol Ketika Akan Melakukan Wax atau Laser

Saat Anda melakukan perawatan wax atau laser pada wajah, sebaiknya hentikan penggunaan produk ini selama beberapa hari atau minggu sebelumnya.

Lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, dengan demikian kulit Anda tidak akan iritasi atau terasa terbakar.

Cara Memilih Produk Retinol yang Bagus dan tepat untuk Wajah

Sangat penting memilih produk skincare retinol yang tepat sebelum membeli. Beberapa pertimbangan harus dilakukan supaya nanti setelah produk digunakan hasilnya dapat sesuai harapan.

Nah, berikut cara tepat memilih skincare retinol yang bagus dan tepat untuk wajah Anda.

  • Sesuaikan dengan jenis kulit.
  • Baca komposisi skincare, apakah ada kandungan yang sangat mudah menyebabkan iritasi pada kulit.
  • Perhatikan izin produk sudah lulus uji dan terdaftar di BPOM atau belum.
  • Hindari produk retinol yang menawarkan hasil instan.

Sebelum membeli produk retinol apapun, cek dulu bahan-bahan apa saja yang ada di dalamnya. Perhatikan juga beberapa hal penting di atas tentang skincare retinol yang akan dioleskan ke wajah.

Semoga informasi ini membantu, namun bila Anda masih ragu dapat melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu. Selamat mencoba.

Temukan artikel menarik lainnya di topik: Pengetahuan sehari-hari, Perawatan wajah, tips gaya hidup

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru