Penulis: Rika Avisha

Belajar dari Belva Devara, Pendiri Ruangguru yang Sukses di Usia Muda

Mungkin sosok satu ini bisa jadi inspirasimu.

the Monkey Times – Adamas Belva Syah Devara atau biasa disapa Belva Devara tentu bukan sosok yang asing, ia dicap sebagai anak muda cerdas, inspiratif dan sukses.

Namanya mulai terkenal sejak aplikasi belajar online Ruangguru berhasil menduduki peringkat pertama di Indonesia. Kini ia dijadikan sebagai idola para generasi muda di Indonesia.

Belva Delvara lahir di Jakarta pada tanggal 30 Mei 1990, merupakan lulusan dari dua universitas bergengsi di dunia, Harvard University dan Stanford University.

Sebelum sukses di dunia akademis, sosok ini diketahui pernah bekerja di perusahaan bergengsi skala global yakni Accenture dan Goldman Sachs yang berbasis di Singapura.

Beberapa waktu lalu, ia sempat diangkat menjadi staf khusus milenial oleh presiden Joko Widodo, hanya saja memilih mundur karena Ruangguru terpilih sebagai mitra program Kartu Prakerja.

Namun terlepas dari mundurnya Belva dari stafsus milenial masyarakat Indonesia telah mengenalnya sebagai salah satu pemuda terbaik yang punya kepedulian tinggi terhadap pendidikan.

Belva Devara bukanlah berasal dari keluarga yang memiliki ekonomi tinggi, namun ia berhasil mencapai kesuksesan berkat hasil kerja kerasnya sendiri. Tentu ini menjadi kisah inspiratif yang patut kita contoh sebagai sesama generasi muda. Pengen tahu tips rahasia sukses dari Belva Delvara? Yuk cari tahu bersama dari pembahasan berikut!

Rahasia Dibalik Kesuksesan Belva Delvara yang Patut Dicontoh

Belva Delvara bersama dengan sahabatnya Iman Usman berhasil dalam mendirikan Ruangguru, sebuah perusahaan yang menghadirkan inovasi belajar dengan mengandalkan teknologi mulai dari tahun 2014.

Sejak awal berdiri hingga saat ini Ruangguru menjadi salah satu startup dalam negeri yang berkembang sangat pesat, mendapat kepercayaan pasar terutama generasi muda. Tak butuh waktu lama bagi Belva cs untuk menjadi primadona, terbukti dari jumlah pengguna Ruangguru yang mencapai 9 juta orang dan akan terus bertambah.

Dilansir dari IDNTimes yang melakukan wawancara dengan Belva Delvara, berikut ini ada sejumlah rahasia dibalik pencapaian sosok tersebut hingga bisa sesukses sekarang.  

Sejak Awal Sudah Punya Tujuan yang Jelas

Belva Delvara mengatakan bahwa untuk melakukan sesuatu, kita harus punya misi yang jelas. Bukan perkara bisnis saja, tapi juga tujuan dari sosial. Sebuah bisnis tanpa tujuan bagaikan mengemudi tanpa arah yang jelas.

Setiap pebisnis harus memulainya dari menuliskan mimpi-mimpi yang realistis seperti menentukan tujuan spesifik yang dapat diukur, masuk akal, dan harus tercapai dalam jangka waktu tertentu.

Contoh saja Belva Delvara, ia bersama dengan rekannya memiliki keinginan untuk mengubah tatanan pendidikan Indonesia saat ini agar semakin baik di masa mendatang melalui media belajar yang menyenangkan yakni Ruangguru.

Aplikasi tersebut bukan hanya sekedar bisnis, tapi juga meningkatkan kualitas guru serta memudahkan akses pendidikan.

Ruangguru telah menentukan misinya sejak awal, dan lihatlah sekarang dapat dijangkau oleh seluruh kalangan masyarakat. Kalau dilihat dari sisi bisnis, Belva cs sudah membuktikan bahwa hanya dalam waktu 7 tahun Ruangguru sudah untung dan hampir jadi startup unicorn.

Membuat Perencanaan Matang dan Lakukan Eksekusi yang Baik

Sebagai salah satu penggagas Ruangguru, Belva sangat merasakan bahwa perencanaan yang matang membutuhkan waktu cukup lama. Ada banyak riset yang dilakukan, kemudian mengambil keputusan dari berbagai pertimbangan yang ada.

Tumbuh suburnya perusahaan Ruangguru di Indonesia tentu berasal dari ide-ide cemerlang yang dibarengi dengan rencana dan realisasi.  

Setiap orang bisa saja menelurkan ide, namun kalau tidak diwujudkan maka hanya menjadi konsep saja. Hal ini merupakan salah satu faktor penyebab kegagalan sebuah startup, tapi tidak dengan Belva cs.

Ia dan rekan-rekan melakukan validasi ide, membuat perencanaan yang matang kemudian melakukan eksekusi-eksekusi dengan baik. Kalau kamu berencana memulai bisnis sendiri, bisa meniru strategi yang dilakukan Belva Delvara.

Memahami Kondisi Pasar dan Mengetahui Permasalahan Sosial Bisa Terselesaikan Atau Tidak

Berdasarkan cerita Belva dan Iman, latar belakang berdirinya Ruangguru dikarenakan masalah pendidikan. Kedua anak muda inspiratif ini ingin memajukan pendidikan di negara Indonesia dengan memanfaatkan teknologi.

Itulah alasan kenapa mereka menggembangkan Ruangguru, aplikasi belajar daring berkualitas, terbesar dan terpercaya.

Ruangguru bertujuan untuk memberikan akses pendidikan berkualitas bagi semua anak di Indonesia, berkat dukungan teknologi bisa digunakan semua masyarakat dari Sabang sampai Merauke. Inilah hal yang selalu dipegang teguh oleh Belva.

Kemudian apa yang harus dilakukan? Yakni memahami kondisi pasar. Belva mengatakan bahwa pasar yang mereka incar adalah generasi milenial. Perkembangan generasi muda zaman sekarang memang begitu cepat, tentu ini menjadi tantangan yang tak mudah diatasi Belva cs.

Ia akhirnya memikirkan strategi jitu supaya Ruangguru dilirik oleh pasar, yakni dengan menggandeng public figure berprestasi. Tak lupa menghadirkan media pembelajar berkualitas, menarik, dan mudah dipahami pengguna.

Selain poin-poin di atas, Belva juga menyampaikan bahwa kita harus terbuka untuk menjalin kerjasama dengan setiap pihak. Temukan tim yang kuat dan selalu hadirkan inovasi, karena inilah kekuatan utama startup dalam menghadapi persaingan pasar.

Jadi, jangan ragu untuk memulai bisnismu sendiri kawan. Belajarlah dari rahasia sukses Belva Delvara di atas, semoga kamu berhasil.