Asal Muasal dan Fakta Hari Minggu yang Menjadi Hari Libur di Seluruh Dunia

Asal muasal hari minggu adalah dari bangsa Romawi Kuno di Italia yang pada waktu itu menandakan sebagai hari penting di penanggalan dengan warna merah.


Fakta Hari Minggu

Ada fakta unik dibalik hari Minggu.

Diterbitkan:

the Monkey Times – Minggu adalah hari yang paling ditunggu-tunggu setiap orang karena merupakan hari libur di seluruh dunia.

Kita selalu menyambut hari minggu dengan sukacita dan penuh rasa gembira, pasalnya kita dapat beristirahat sejenak dari pekerjaan dan memiliki waktu bersama keluarga tercinta.

Tapi, apakah pernah terlintas di pikiran Anda mengenai tentang asal muasal hari minggu yang menjadi hari libur di seluruh dunia?

Bagi Anda yang penasaran sejarah hari minggu, yuk simak informasi berikut.

Tradisi Bangsa Romawi

Dalam beberapa informasi yang kami rangkum, disebutkan bahwa asal muasal hari minggu adalah dari bangsa Romawi Kuno di Italia yang pada waktu itu menandakan sebagai hari penting di penanggalan dengan warna merah.

Bangsa Romawi Kuno juga menandai Minggu sebagai hari untuk beribadah dan menjadi kebiasaan hingga sekarang.  

Dalam bahasa Indonesia sendiri kata Minggu sebenarnya berasal dari bahasa Portugis Dominggo atau bahasa latinnya Dies Dominicus yang berarti hari Tuhan kita.

Sesuai dengan arti tersebut, maka Minggu menjadi hari yang dianggap paling suci untuk melakukan ritual keagamaan, terutama bagi penganut agama nasrani.

Jika nama-nama hari lainnya dalam bahasa Indonesia diserap dari bahasa Arab. Indonesia menggunakan kata Minggu pada hari tersebut setelah dijajah oleh Belanda yang pernah menjadi negara jajahan Romawi.

Bangsa Belanda membawa budaya ini selama 350 tahun menduduki Indonesia.  Maka dari itu Indonesia juga menjadikan hari Minggu sebagai hari libur nasional.

Beberapa Fakta Hari Minggu  

Hari Minggu adalah hari yang menyenangkan bagi sebagian orang karena menjadi hari libur di akhir pekan.

Biasanya pada hari ini para pekerja dan pelajar memanfaatkannya untuk berlibur bersama keluarga atau sekedar bersantai di rumah.

Tapi tahukah Anda bahwa hari Minggu memiliki beberapa fakta unik yang menarik untuk diketahui? Apa saja?

  1. Berwarna Merah Pada Kalender

Kenapa hanya hari Minggu saja yang ditandai dengan warna merah di kalender? Maksudnya adalah menunjukkan hari libur, dimana tradisi tersebut berawal dari kebiasaan banga Romawi Kuno untuk menandai hari libur dengan warna merah.

Seperti yang kita tahu, perhitungan kalender internasional hingga kini didasarkan pada sistem kalender bangsa Romawi Kuno, sehingga kebiasaan menandai hari libur dengan warna merah juga ikut diterapkan.  

  1. Hari Bersantai dan Bermalas-Malasan

Orang-orang lebih suka bermalas-malasan di rumah di hari minggu, bahkan sampai ada yang tidak mau melakukan pekerjaan rumah apapun karena ingin bersantai.

Baca Juga:  Bisa Jadi kamu Mengisi ulang Baterai Smartphone dengan Cara yang Salah

Jadi pada hari tersebut sebagian besar orang lebih suka menghabiskan waktunya untuk jalan-jalan.

  1. Hari Matahari

Berdasarkan sejarah bangsa Romawi Kuno,  hari Minggu atau yang dalam bahasa Inggrisnya Sunday adalah hari khusus untuk dewa matahari Helios.

Namun seiring berjalannya waktu, budaya tersebut diadaptasi oleh kaum nasrani untuk melakukan kebaktian.

  1. Pemilihan Umum Eropa

 Beberapa negara di Eropa mengadakan pemilihan umum di hari Minggu, berbeda dengan negara lain di Asia atau Amerika yang mengagendakan kegiatan tersebut pada hari biasa.

Hal ini disebabkan oleh kesibukan dan pekerjaan masyarakat yang menyebabkan pemilihan umum di negara-negara Eropa ditetapkan pada hari tersebut.

  1. Hari Pertama di Beberapa negara

Beberapa negara menjadikan hari Minggu sebagai hari pertama, seperti negara Bahrain, Arab Saudi, Dubai, dan negara lain yang ada di kawasan Timur Tengah..

Selain itu, beberapa negara yang didominasi penganut katolik seperti Amerika dan Eropa juga menjadikan hari minggu sebagai hari pertama.

Padahal dalam kalender yang menganut sistem standar internasional, minggu adalah hari ketujuh yang artinya hari terakhir dalam satu pekan.

  1. Membuat Harga Tiket Mahal

Sadar gak sih kalau beberapa tempat hiburan, bioskop, wisata dan sebagainya pada hari Minggu menjual tiket dengan harga yang lebih tinggi dari hari biasa?

Tempat-tempat ini memang memasang tarif lebih mahal pada hari tersebut karena pengunjung yang datang jauh lebih banyak, sehingga keuntungan yang didapat naik signifikan.

  1. Hari Minggu Jadi Hari Libur di Indonesia Sejak Tahun 1940-an

Pemerintah Indonesia menetapkan Minggu sebagai hari libur sejak tahun 1940-an yang sebelumnya menggunakan nama Ahad.

Perubahan ini terjadi seiring dengan masuknya bangsa Portugis ke tanah air. Ahad diganti Minggu sejak tahun 1940-an, dan ini merupakan fakta yang tertulis dalam dokumen lama milik Indonesia.

  1. Tidak Menjadi Hari Libur Bagi Bangsa Arab dan Yahudi

Rata-rata negara yang menetapkan minggu menjadi hari libur sebelumnya pernah dijajah oleh bangsa Romawi.

Sebut saja Jerman, Perancis, Inggris, Belanda, dan negara lainnya. Sementara itu, juga ada negara yang tidak menggunakan budaya tersebut, seperti Yahudi dan Arab.

Untuk bangsa Arab, mereka menetapkan libur pada hari Jumat. Sedangkan Yahudi memilih Sabtu sebagai hari liburnya.

Demikianlah sekelumit fakta hari Minggu yang di Indonesia resmi dijadikan hari libur sejak dekade 1940-an. Gimana, sudah liburan belum?

Temukan artikel menarik lainnya di topik: Asal muasal hari Minggu, Fakta hari Minggu, Hari Minggu

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru