Apa Itu Air Fryer? Simak Kegunaan dan Keunggulannya Berikut Ini

Air fryer telah menjadi tren di Indonesia, meskipun tak terlepas dari pro dan kontra.


Air Fryer

Air Fryer membantu Anda mengurangi konsumsi minyak dalam makanan.

Diterbitkan:

the Monkey Times – Di jaman yang semakin sibuk, mau masak hidangan yang enak, cepat dan sehat tentu tidak mungkin semudah yang dibayanhkan.

Proses memasak cukup memakan waktu apalagi jika dilakukan dengan cara yang konvensional.

Namun seiring dengan berkembangnya teknologi masa kini, muncul sebuah alat baru yang dapat digunakan untuk menggoreng dan memasak makanan dalam waktu singkat.

Adalah air fryer, alat masak yang memanfaatkan udara sebagai medium mengalirkan sumber panas sehingga pengguna tidak perlu memasak makanan dengan minyak sama sekali.

Sejak tahun 2020, nama alat ini sempat bikin heboh para warga khususnya yang menggunakan sosial media.

Air fryer telah menjadi tren di Indonesia, meskipun tak terlepas dari pro dan kontra. Berikut ini beberapa kegunaan dan keunggulan dari air fryer.

Kegunaan Air Fryer

Menikmati ragam makanan yang digoreng menggunakan minyak memang sulit untuk dihindari, mengingat dampaknya yang tidak baik bagi kesehatan.

Namun tidak perlu kecewa, karena kini muncul sebuah inovasi dalam peralatan masak berteknologi tinggi yang dapat meminimalisir kandungan minyak goreng pada makanan. 

Yakni air fyrer, alat masak yang memungkinkan para pengguna dapat menggoreng makanan dengan sedikit bahkan tanpa minyak goreng sekaligus.  

Alat ini diklaim lebih menyehatkan dari peralatan masak biasa. Hanya saja masih banyak orang Indonesia yang belum mengetahui kegunaan air fryer selain yang menggunakan social media.

Dirangkum dari beberapa sumber, alat ini bekerja dengan cara mengambil sumber panas dari udara sampai suhu 200 derajat celcius.

Sehingga dapat digunakan untuk menggoreng makanan dengan sedikit minyak saja, bahkan tidak perlu sama sekali untuk beberapa jenis makanan tertentu.

Hasil makanan yang digoreng menggunakan alat ini sama seperti makanan yang digoreng di wajan penggorengan.

Saking canggihnya, air fryer dapat mengeluarkan minyak dalam makanan dan menyaringnya ke dasar wadah.

Cara kerjanya hampir sama seperti saat Anda memanggang oven yang memanfaatkan sumber daya listrik.

Panas yang dihasilkan dari udara melalui kipas mekanik akan menyebar dengan kecepatan tinggi dan mengelilingi makanan.

Kandungan air dalam makanan akan menguap seiring peningkatan suhu panas tersebut, sehingga jadi lebih cepat matang. Makanan yang digoreng dengan air fryer juga diklaim lebih renyah dan sehat.

Keunggulan Air Fryer

Air fryer datang sebagai solusi sehat untuk orang-orang yang ingin menggoreng makanan tanpa minyak.

Baca Juga:  Cek Tagihan Listrik PLN Pasca Bayar Terbaru

Dengan kombinasi kecanggihan teknologi pemanas, air fryer mampu menghasilkan makanan lezat super renyah dalam waktu singkat.

Proses memasaknya lebih cepat dari penggorengan biasa, serta tingkat kematangan merata yang dihasilkan alat ini sudah terbukti.

Sebelum menggunakan air fryer, biasanya orang-orang akan mencari informasi tentang keunggulannya terlebih dahulu. Untuk itu, simak informasi berikut ini.

  1. Mengurangi Pembentukan Zat Berbahaya Pada Makanan

Makanan yang dimasak dengan air fryer diklaim lebih sehat karena zat berbahaya pada makanan yang terbentuk saat proses penggorengan berkurang signifikan, seperti zat akrilamida yang terdapat pada makanan dengan karbohidrat tinggi.

Tentu ini tidak dapat dihasilkan oleh penggorengan biasa yang membutuhkan minyak untuk memasak makanan. Dengan menggunakan air fryer, Anda dapat mereduksi kadar akrilamida sebanyak 90%.

  1. Meminimalisir 75% Kandungan Lemak Pada Gorengan

Alat masak air fryet juga bisa meminimalisirs kandungan lemak yang ada pada makanan sebanyak 75%.

Selain lemak, kalori makanan juga berkurang drastis. Sehingga penggunaan alat ini sangat membantu Anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan.

Anda tetap bisa menikmati makanan yang lezat tanpa khawatir terhadap kalori dan lemak di dalamnya.

  1. Hanya Membutuhkan Sedikit Minyak Goreng Bahkan Tidak Perlu Sama Sekali

Kecanggihan lainnya yang dimiliki air fryer adalah dapat menggoreng makanan dengan sedikit minyak.

Biasanya itu hanya perlu 1 sdm minyak goreng, dan bahkan ada beberapa jenis makanan yang tidak perlu digoreng dengan minyak sama sekali.

Hal ini tentu akan menguntungkan dari segi ekologi dan ekonomis, sebab para pengguna dapat mengurangi limbah minyak yang dihasilkan setelah proses penggorengan biasa.

Maka dari itu, inovasi alat masak modern ini dianggap lebih ramah lingkungan.

  1. Menurunkan Lemak pada Makanan

Air fryer terbukti berhasil menurunkan lemak pada makanan dalam sebuah penelitian European Journal of Lipid Science and Technology. Nantinya lemak yang digunakan saat menggoreng akan disaring di wadah khusus.

Apakah Semua Makanan Dapat Digoreng dengan Air Fryer

Air fryer dapat menggoreng bahan makanan apapun seperti daging, ikan, ayam, kentang, dan lain sebagainya.

Anda hanya perlu meletakkan bahan makanan tersebut di dalam wadah yang akan selama beberapa waktu.

Saat menggoreng dengan air fryer, pastikan makanan tidak mengandung banyak air atau dalam keadaan kering supaya tekstur yang dihasilkan lebih garing.

Selain itu, Anda harus memanaskan alat ini terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Dengan demikian proses memasak jadi lebih cepat dan maksimal.

Baca Juga:  Cara menjaga Fisik dan Kesehatan ketika banjir Tiba

Demikian informasi tentang kegunaan dan keunggulan dari air fryer. Apakah Anda tertarik untuk memilikinya?

Temukan artikel menarik lainnya di topik: air fryer, alat masak, Pengetahuan sehari-hari

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru