Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Fakta Menarik Tentang Anjing Kintamani Bali

Anjing kintamani Bali memiliki perawakan yang terbilang gagah dan berbulu tidak terlalu lebat.


Anjing kintamani Bali

Tampilan anjing Kintamani (Foto : Christian Suteja/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Bagi dog lovers Indonesia, anjing kintamani adalah ras yang sudah sangat dikenal. Bahkan ras anjing yang satu ini juga sudah diakui dunia.

Iklan

Anjing kintamani Bali memiliki perawakan yang terbilang gagah dan berbulu tidak terlalu lebat. Untuk lebih mengenal tentang anjing ini, yuk simak beberapa faktanya berikut ini. 

Fakta Menarik dari Anjing Kintamani 

Anjing kintamani memang sekarang sedang banyak dikembangbiakan. Hal ini tidak lepas dari sifatnya yang sangat ramah terhadap manusia dan juga lucu.

Iklan

Tapi, dibalik kelucuannya terdapat beberapa fakta yang harus kamu ketahui. Berikut fakta-faktanya: 

Asli dari Bali 

Dari namanya saja pasti kamu bisa tahu berasal dari mana anjing ini. Ya, anjing asli dari Kintamani, Bali. Anjing ini menempati daerah pegunungan Kintamani dan terlihat dari bulunya yang tidak terlalu tipis. 

Iklan

Bahkan bulu di area leher lebih tebal dibandingkan bagian lain. Beda ketebalan ini karena anjing kintamani hidup di daerah yang bersuhu dingin. Sehingga bulu-bulu tersebut akan melindungi dirinya agar tidak kedinginan. 

Sudah masuk trah anjing dunia

Seperti yang sudah disinggung tadi bahwa anjing kintamani sudah diakui dunia. Dalam dunia pecinta anjing, diakui dunia sama dengan hewan asli dari daerah tersebut. Contoh adalah ras anjing yorkshire yang berasal dari Yorkshire, Inggris. 

Sama dengan anjing kintamani yang sudah terbukti merupakan ras asli dari daerah di Bali tersebut.

Dulu sempat ada kabar yang beredar bahwa anjing kintamani adalah campuran dari ras Chow Chow yang dibawa oleh orang luar negeri dan kawin dengan anjing di Bali. 

Namun, pernyataan tersebut pun dibantah. Melalui penelitian yang dilakukan oleh para ahli sudah memastikan bahwa DNA dari anjing kintamani sudah kehilangan ragam genetiknya.

Sehingga mereka meyakini bahwa anjing kintamani adalah ras lokal dan masuk kategori ancient dog atau anjing kuno. 

Adanya bukti tersebut, akhirnya FCI atau Federation Cynologique Internationale mengakui bahwa anjing kintamani adalah trah atau ras asli di dunia pada 20 Februari 2019. FCI sendiri merupakan sebuah lembaga global yang mengurusi tentang ras atau trah anjing.

Proses pengakuan ini menjadi salah satu pencapaian pecinta anjing Indonesia. Pasalnya membutuhkan waktu hingga 20 tahun lama sampai anjing asli Bali ini bisa sejajar dengan Chow Chow, Samoyed dan lain sebagainya. 

Cocok untuk dijadikan anjing penjaga 

Walaupun anjing kintamani terlihat sangat lucu dan menggemaskan, tapi jika kamu membutuhkan teman yang bisa menjaga rumah, ia sangatlah cocok.

Anjing kintamani mempunyai karakter yang pemberani, kewaspadaan sangat tinggi serta protektif. 

Jika kamu ingin memelihara anjing kintamani, harus benar-benar tahu bagaimana menghadapinya.

Karena sifatnya yang terlalu pemberani, ia tidak akan segan menyerang anjing lain yang masuk wilayahnya. Bila kamu diamkan karakter tersebut, tentu akan berbahaya sekali. 

Anjing kintamani terbilang mudah perawatannya 

Kelebihan dari anjing asli Indonesia ini adalah dari perawatannya. Kasus paling banyak saat memelihara anjing adalah dari bulunya yang mudah rontok.

Sedangkan anjing kintamani bulunya tidak mudah rontok. Sehingga dari segi perawatannya pun lebih mudah. Paling penting adalah rutin memandikan dan juga sering disisir.

Namun, bukan berarti kamu tidak memperhatikan kesehatannya. Karena tetap saja anjing kintamani harus mendapatkan perawatan maksimal, contohnya adalah pemberian vaksin secara rutin dan diatur pola makannya. 

Sangat mudah dilatih 

Kecerdasan dari anjing kintamani juga terbilang sangat tinggi. Karena itulah ia sangat mudah untuk dilatih menjadi anjing penurut. Cara paling umum untuk melatih anjing ini adalah dimulai dari umur 3 bulan. 

Kamu bisa melatihnya dengan perintah dasar, seperti duduk, tunggu dan lain sebagainya. Tapi, pelatihan ini harus konstan hingga si anjing mengerti apa yang kamu perintahkan.

Bila kamu tidak sanggup, bisa juga menyerahkan kepada pelatih anjing yang berpengalaman. 

Ukuran anjing kintamani 

Untuk ukurannya, anjing kintamani masuk kategori sedang. Bobot anjing kintamani jantan dewasa mulai dari 15 kg hingga 17 kg, sedangkan untuk betinanya memiliki berat sekitar 13 kg hingga 15 kg.

Sedangkan untuk ukurannya, anjing kintamani jantan dewasa bisa mencapai panjang 55 cm dan betinanya sekitar 50 cm. 

Itulah beberapa fakta menarik tentang anjing Kintamani Bali yang ternyata merupakan ras asli dari Bali.

Bagi kamu yang ingin memelihara anjing ini, pastikan bahwa kamu sudah siap merawatnya, ya.

Karena anjing juga makhluk hidup yang mempunyai perasaan jadi harus dijaga dan dirawat dengan baik. 

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: Seputar dunia binatang
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments