Alur Pendaftaran Vaksin Covid-19 dan Ulasan Lengkapnya

Sudah kamu mengikuti program penyuntikkan vaksin covid-19 hari ini?


ilustrasi vaksin covid-19

Ilustrasi suntik vaksin Covid-19


Oleh: Ika Umi Hayati

Diterbitkan:

the Monkey Times – Ditengah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat ini membuat Pemerintah Indonesia masih terus menyuntikkan vaksin covid-19 ke warga masyarakat.

Untuk mempermudah prosesnya Pendaftaran Vaksin Covid tersebut dapat dilakukan secara online melalui aplikasi yang dibuat oleh pemerintah untuk mempermudah masyarakat. 

Mulai 1 Juli 2021 ini Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mempersiapkan vaksin massal agar prosesnya bisa lebih cepat untuk mencapai target yang diinginkan.

Melihat kebutuhan yang semakin banyak, peranan digitalisasi menjadi pilihan. Apa saja beberapa aplikasi untuk daftar vaksin Covid 19 itu, yuk simak ulasan lengkapnya. 

Daftar Vaksin Online 

PPKM Darurat masih terus dilanjutkan, melihat kebutuhan tersebut pemerintah pada 1 Juli 2021 kemarin menerapkan pendaftaran vaksin secara online.

Proses ini  dilakukan oleh pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Menkes) untuk mempercepat vaksinasi massal. Apalagi vaksin saat ini sebagai syarat untuk bepergian, sehingga kebutuhannya semakin banyak. 

Nah, bagaimana untuk mendapatkan vaksin sebagai perlindungan diri dari Covid 19 tersebut? Berikut ini beberapa penjelasannya. 

Syarat Melakukan Vaksin 

Ada 10 persyaratan yang harus dilihat dan dipatuhi oleh peserta vaksin:

  1. Harus mempunyai KTP dan statusnya sebagai WNI
  2. Peserta berusia antara 18-49 tahun dengan KTP DKI Jakarta atau Non-DKI
  3. Peserta wajib hadir selama 15 menit setelah e-voucher tertulis
  4. Harus mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan
  5. Peserta wajib menunjukkan e-voucher yang telah didaftarkan sebagai tanda untuk masuk ke dalam area puskesmas dan bagian untuk menerima vaksin nantinya. 
  6. E-voucher bukan sebagai jaminan akan mendapat vaksin, karena data akan diverifikasi lagi melalui p-care. 
  7. Peserta yang datang tanpa mendaftar dan datang diluar jadwal akan ditolak
  8. Untuk peserta penyakit kronis harus membawa atau menyertakan surat rekomendasi untuk vaksin dari dokter spesialis yang menangani
  9. Pelayanan untuk vaksin Hari Sabtu hanya sampai pukul 12.00 WIB
  10. Layanan vaksin tidak ada pada hari Minggu dan Hari Besar. 

Cara Mendaftar Vaksin Online 

Semenjak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat yang masih diperpanjang hingga 9 Agustus 2021 ini membuat beberapa kebijakan dan proses pendaftaran dilakukan secara online.

Prosesnya sangat mudah untuk dilakukan dan tidak sulit untuk proses mendaftar tersebut. Terpenting Anda sudah berusia 18 tahun keatas dan mempunyai KTP, program ini sudah ada sejak 1 Juli 2021 dan dilakukan serentak ke seluruh Indonesia.

Baca Juga:  Mengenal tipe-tipe Gunung berdasarkan Cara Terbentuknya

Namun, untuk proses pendaftaran secara online hanya baru bisa dilakukan di wilayah DKI Jakarta saja. Nah, untuk prosesnya para peserta bisa langsung mengakses di https://vaksin.loket.com

Berikut ini beberapa langkah-langkah yang bisa dilakukan, simak penjelasan lengkapnya. 

  • Kunjungi situsnya di vaksin.loket.com
  • langsung memilih lokasi untuk vaksin
  • Pilih tanggal kedatangan
  • Pilih jam untuk datang
  • Lengkapi Isi data 
  • Proses pendaftaran akan selesai
  • E-voucher akan dikirimkan melalui email dan Whatsapp

Setelah semua proses selesai dilakukan, maka para peserta langsung melakukan pengecekan pada aplikasi Peduli Lindungi. 

Individu Tidak Boleh Vaksin 

Ada beberapa kriteria yang tidak boleh vaksin, berikut ini  beberapa persyaratannya.

  • Wanita Hamil
  • Orang yang sakit
  • Ada riwayat autoimun
  • Penyintas Covid 19
  • Usia harus sesuai 
  • Orang dalam proses pengobatan 

Efek Vaksin Covid 19

Untuk efeks samping dari vaksin itu sangat beragama untuk beberapa orang dan muncul beragam, ada yang mengalami gejala ringan dan sifatnya sementara, dan tahapannya tidak selamanya.

Pprosesnya tergantung dari kondisi tubuh masing-masing orang. Sehingga gejala yang terjadi berbeda-beda antara satu orang dengan lainnya.

Dampak ringan dari penggunaan vaksin ini juga terjadi antara demam, terjadi nyeri pada otot, dan muncul ruam bekas suntikan.

Mengenai beberapa kasus ini masih dalam tahap yang wajar dan tetap dilakukan monitoring terus. Namun jika terjadi permasalahan berat harus segera dilakukan evaluasi dan dideteksi lebih lanjut. 

Tahapan ini sebenarnya sudah pasti menimbulkan berbagai efek samping, namun dibandingkan dengan kebutuhannya vaksin jauh lebih efektif dalam menekan angka sakit jika Anda tidak melakukan vaksin.

Untuk itu apabila Anda mempunyai kesempatan untuk melakukan vaksin, langsung saja manfaatkan secara maksimal. 

Mengenal Vaksin 

Jika Anda belum mengenal vaksin secara keseluruhan, maka pada tahap ini kami akan memberikan ulasan singkat.

Vaksin merupakan produk biologi yang prosesnya terisi beberapa antigen yang ada, untuk bahannya terdapat mikroorganisme atau zat tertentu yang hasilnya dikhususkan untuk kebutuhan yang ada. 

Hal ini tentunya diperuntukkan untuk tubuh agar tetap aman dan mendapatkan hasil yang maksimal, dampaknya akan menghasilkan kekebalan pada tubuh terhadap berbagai penyakit tertentu, sehingga vaksinasi lebih kebal dan terlindungi dari serangan penyakit.

Jika mengalami paparan yang ada tidak akan sakit atau mengalami gejala ringan. Dengan demikian, vaksin menjadi bagian penting yang harus diperhatikan.

Sehingga akan mendapatkan hasil yang maksimal untuk menjaga kesehatan tubuh nantinya. Oleh karena itulah, apabila ada kesempatan vaksin langsung daftar.

Baca Juga:  Mengenal Kebaya Nusantara Tradisional-Modern

Perihal keamanan sudah pasti terjamin dan dilakukan penelitian lebih jauh terkait dampaknya. 

Demikianlah ulasan lengkap mengenai pendaftaran vaksin COVID-19 dan pembahasan lainnya, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan berguna untuk kebutuhan masyarakat luas. 

Atau baca artikel lain yang ditulis: Ika Umi Hayati

artikel Terkait

Terbanyak Dibaca


Artikel Terbaru