Connect with us

Hi, what are you looking for?

Advertorial

Berbahasa Inggris untuk Masa Depan anak Indonesia

Tidak ada salahnya memberikan pendidikan Bahasa Inggris terbaik untuk anak Anda. EF jadi salah satu rujukan belajar terbaik.

belajar bahasa inggris sejak dini
Bahasa Inggris penting dipelajari sejak dini. (Foto: Getty Images lewat Canva Pro)

the Monkey Times – Sekitar 20 persen dari populasi manusia di seluruh negara menggunakan Bahasa Inggris. Ini berarti sekitar 1,5 miliar dari 7,5 miliar manusia menggunakan Inggris sebagai bahasa untuk berkomunikasi dengan sesama. Berdasarkan statistik ini, kita bisa tahu bahwa belajar berbahasa Inggris penting artinya untuk anak.

Data di atas merujuk pada statistik penggunaan Bahasa Inggris secara global, yang ditulis oleh Babbel. Yang menarik, hanya ada 360 juta orang yang memakai Bahasa Inggris sebagai bahasa ibu.

Kita di Indonesia tentu tidak memakai Inggris sebagai bahasa ibu. Namun berbagai lembaga pendidikan di Indonesia sudah lama memakai Bahasa Inggris sebagai satu mata pelajaran yang diajarkan di berbagai jenjang pendidikan.

Jadi sebagian besar dari kita relatif mengenal Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua yang dipakai di kesempatan khusus, sebut misalnya seperti ketika bercakap dengan turis asing atau ketika kita bekerja di perusahaan multinasional.

Mengajarkan Bahasa Inggris sejak dini

Bahasa Inggris setidaknya penting di tiga sektor. Pertama di sektor turisme dan travel – terutama dalam perjalanan bisnis maupun liburan keluar negeri atau ke negara yang berbahasa Inggris. .

Kedua di sektor komersial – terutama yang melakukan transaksi bisnis dengan partner luar negeri yang berbahasa Inggris.

Dan ketiga dalam hubungannya dengan pekerjaan, misalnya bila anak Anda memiliki keinginan untuk bekerja di perusahaan multinasional dimana pemakaian Bahasa Inggris jadi wajib.

Jadi kalau Anda ingin memberikan kemampuan lebih untuk anak, sekaligus ikut serta dalam memupuk keahlian anak dalam berbicara bahasa lain, ajarkanlah Bahasa Inggris sejak dini. Siapa tahu nantinya anak Anda punya cita-cita untuk bekerja di sektor-sektor yang membutuhkan keahlian Bahasa Inggris mumpuni.

5 alasan belajar bahasa inggris sejak dini

ilustrasi berbahasa inggris
Sudahkah Anda melatih anak berbahasa inggris? (Foto: Getty Images lewat Canva Pro)

Mengutip Eurocentres, setidanya ada 5 alasan tambahan tentang pentingnya belajar Inggris bagi anak:

  • Inggris adalah bahasa resmi di 53 negara

Dengan mempelajari Bahasa Inggris, anak Anda bisa bisa berkomunikasi dengan lebih dari seperempat negara di seluruh belahan bumi.

  • Era internet, Bahasa Inggris semakin penting

Sekitar 52 persen situs di dunia internet memakai Bahasa Inggris, menurut data ELC Schools. Dengan begitu, kemampuan membaca dan memahami Bahasa Inggris jadi penting, agar anak Anda mampu membaca konten informatif dan edukatif yang diesajikan miliaran situs diluar sana.

  • Akses ke dunia hiburan

Musik, film dan buku yang masuk kategori populer secara global disajikan dalam Bahasa Inggris.

Karena itulah Bahasa Inggris jadi penting, terutama untuk mengakses manfaat besar dari budaya berbeda yang disampaikan lewat kanal hiburan seperti buku, film dan musik.

  • Inggris adalah bahasa bisnis internasional

Angkatan kerja global membutuhkan talenta yang tidak hanya fasih berbahasa ibu, namun juga lancar berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan.

Jadi bila anak Anda memegang cita-cita bekerja di luar negeri, Bahasa Inggris jadi satu sarana utama yang harus dipelajari.

  • Sara komunikasi dengan warga negara dunia

Dengan jumlah penutur Bahasa Inggris yang semakin berkembang, dan status Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua – setelah bahasa ibu – yang sering digunakan secara global, mempelajari bahasa tersebut jadi penting artinya.

Dengan kata lain, mempelajari Bahasa Inggris akan memudahkan anak Anda untuk berkomunikasi dengan warga negara dunia.

Setelah tahu arti penting Bahasa Inggris, tidak ada salahnya mulai mendorong anak memakai Bahasa Inggris kepada anak sejak dini.

Hitung-hitung sebagai investasi bahasa yang nilainya sangat berharga di masa depan. Jadi tidak ada salahnya memberikan pendidikan Bahasa Inggris terbaik untuk anak Anda.

Ingin mulai mengasah kemampuan Bahasa Inggris buah hati?

EF Kids & Teens memperkenalkan program belajar daring yang memungkinkan siswa-siswi belajar berbahasa Inggris dari rumah dengan metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

Artikel Menarik Lainnya

Advertorial

Menjual mobil kesayangan butuh banyak pertimbangan. Berikut hal-hal yang perlu dipikirkan memutuskan melego mobil Anda.

Advertorial

Langganan TV Box Transivison XStream sekarang! Dapatkan tontonan dan layanan streaming berkualitas untuk Anda dan keluarga.

Advertorial

Konten promo ini bersponsor. Kami mungkin menerima komisi dari pembelian yang dilakukan di laman tujuan yang Anda klik.

Advertorial

Konten promo ini bersponsor. Kami mungkin menerima komisi dari pembelian yang dilakukan di laman tujuan yang Anda klik.

Advertorial

Konten promo ini bersponsor. Kami mungkin menerima komisi dari pembelian yang dilakukan di laman tujuan yang Anda klik.