Ada TROJAN di APKPure Apps

Sebaiknya Anda memperbarui APKPure ke versi baru, sebelum serangan Trojan jahat menginfeksi perangkat Anda.


ilustrasi software trojan

Foto: Getty Images lewat Canva Pro


Oleh: Data Keeper

Diterbitkan:

the Monkey Times – Baru-baru ini perusahaan penyedia solusi keamanan digital, Kaspersky, mengumumkan bahaya sumber unduhan alternatif APKPure Apps, yang ternyata membawa potensi serangan Trojan di perangkat pengguna.

Bagi yang belum mengenal APKPure, ini adalah aplikasi yang menampung berbagai macam aplikasi smartphone Android. Ia akhir-akhir ini dikenal sebagai sumber alternatif bagi Google Play, aplikasi resmi yang jadi wadah bagi pengguna Android untuk memasang berbagai macam aplikasi mobile.

Pada dasarnya kehadiran APKPure merupakan fenomena wajar di dunia aplikasi mobile, khususnya yang berhubungan dengan Android. Ia dibuat dan ada karena sifat open source Android itu sendiri yang memungkinkan seseorang untuk merancang apps market di luar ekosistem Google Mobile Services yang terikat dengan infrastruktur Google.

Sederhananya, APKPure adalah apps market yang independen. Dan ia jadi wadah di mana seorang pengguna Android bisa mengunduh aplikasi free atau shareware.

Sayangnya APKPure bukanlah semesta apps market yang aman, setidaknya menurut Kaspersky.

Apa yang terjadi dengan APKPure?

Kaspersky melakukan serangkaian tes dan berkesimpulan APKPure bukanlah apps market yang aman untuk dipasang di perangkat pengguna. Tidak lain karena ia ikut menginjeksi entitas jahat bernama Trojan Dropper.

Kaspersky mendeteksinya sebagai HEUR:Trojan-Dropper.AndroidOS.Triada.ap. Cara kerjanya sederhana: ketika pengguna menjalankan APKPure, ia kemudian mengekstrak serangkaian komponen Trojan yang memaksa perangkat untuk melakukan beberapa hal: menunjukkan iklan di lock screen, membuka tab peramban, mengumpulkan informasi perangkat, dan mengunduh malware lain.

Perwakilan APKPure bukannya tidak menyadari resiko keamanan apps market buatan mereka. Mengutip Kaspersky kembali, versi terbaru APKPure 3.7.19 sudah muncul di situs resmi APKPure. Mereka mengatakan sudah memperbaiki masalah keamanan yang ada dan membuat versi terbarunya lebih aman digunakan.

Kalau kamu sudah kadung memasang APKPure di perangkat, perbarui aplikasinya ke versi terbaru 3.7.19 guna mengeliminasi Trojan yang menyerang perangkat. Jangan lupa lakukan pemindaian perangkat memakai antivirus.

Masalah program jahat yang menginfeksi perangkat pengguna sebetulnya kadung jadi masalah klasik yang belum pernah terselesaikan dengan baik. Jadi sebaiknya kamu mengunduh dan memasang aplikasi langsung dari sumber resmi.

Baca Juga:  HP Samsung Terbaru: Infografis dan Spesifikasi Galaxy A42 5G
Temukan artikel menarik lainnya di topik: berita teknologi

Atau baca artikel lain yang ditulis: Data Keeper


Artikel Terkait



Terbanyak Dibaca



Artikel Terbaru