Liburan nggak Lengkap tanpa Jelajah Wisata Pantai Malang

Sudahkah kamu pergi ke pantai akhir-akhir ini?


wisata pantai Malang

Oleh: Ika Umi Hayati

Diterbitkan:

the Monkey Times – Malang dikenal dengan julukan Kota Bunga. Selain menawarkan kuliner yang lezat, kota ini juga menyimpan panorama alam yang indah dipandang mata. Salah satunya adalah pantai yang kini mulai menarik minat para wisatawan dari berbagai daerah. Wisata pantai Malang tentu tidak boleh dilewatkan oleh para penggemar keindahan bahari, terutama bagi Anda yang sedang berada di kota tersebut.

Ini dia Wisata Pantai Malang yang Wajib Dijelajahi

Ada 9 rekomendasi jelajah wisata pantai di Malang yang siap menawarkan pesona dan karakternya masing-masing. Mulai dari pantai dengan ombak besar hingga yang menawarkan suasana asri. Meskipun wisata ini belum seterkenal Museum Angkut, Eco Green Park, ataupun Jatim Park, namun jangan anggap remeh pesona pantai Malang yang tidak kalah dari Lombok dan Bali.

Penasaran dengan wisata pantai Malang yang bisa menjadi alternatif liburan? Yuk simak informasi berikut!

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang Malang jika dilihat sekilas memang mirip dengan Tanah Lot, Bali. Banyak orang menyebut pantai ini demikian karena adanya pulau karang Ismoyo di tengah laut yang sangat mirip dengan yang ada di Tanah Lot. Di atas pulau karang juga terdapat Pura Amerta Jati yang bisa dikunjungi para wisatawan. Jadi, sambil menikmati ombak Pantai Balekambang, Anda juga bisa berkunjung ke Pura dengan berjalan kaki melalui jembatan penghubung yang ada.

Pantai Gatra

Suka dengan wisata pantai Malang berpasir putih dengan gugusan pulau karang hijau yang berjajar dekat pantai? Pantai Gatra jelas tidak boleh dilewatkan. Pantai ini masih sangat alami dan tidak kalah cantik dengan Pantai Balekambang. Jika menginginkan suasana yang tenang, Anda dapat berkunjung ke Pantai Gatra saat hari libur. Anda bisa berjalan kaki di pinggir pantai berpasir putih sambil menikmati keindahan gugusan pulau karang hijau.

Pantai Watu Leter

Pantai Watu Leter termasuk pantai yang dekat dengan Kota Malang. Selain menawarkan pesona yang indah, Pantai Watu Leter juga menjadi tempat pelestarian penyu abu-abu. Karena masih cukup sepi, pantai ini banyak dipilih para wisatawan yang ingin liburan sambil melihat hewan tersebut. Hal menarik lainnya adalah suasana alam yang masih sangat asri dan dipenuhi batuan karang di pesisir pantai.

Baca Juga:  Keripik Buah Malang Memang Juaranya Oleh-oleh

Pantai Lenggoksono

Bagi Anda yang hobi memancing, Pantai Lenggoksono bisa menjadi pilihan yang tepat dikunjungi karena terkenal dengan kekayaan alam lautnya yang melimpah. Ada berbagai jenis hasil laut yang dapat ditemukan, mulai dari lobster, cakalang, tunang, dan masih banyak lagi. Pantai Lenggoksono di Malang ini juga merupakan tempat konservasi lobster batu, lobster pasir, dan lobster mutiara.

Pantai Tiga Warna

Belum cukup dengan empat rekomendasi wisata pantai Malang sebelumnya? Tenang saja, ada Pantai Tiga Warna yang siap memukau Anda lewat suasananya yang mirip dengan pantai-pantai di Bali. Saat ini Pantai Tiga Warna termasuk kawasan observasi pohon mangrove sehingga pihak pengelola memberlakukan pembatasan jumlah pengunjung.  Jika Anda ingin leluasa menyaksikan keindahan dari gradasi warna biru, hijau, serta pasir putih milik Pantai Tiga Warna, maka disarankan untuk tidak berkunjung ketika akhir pekan.

Pantai Mbehi

Suasana Pantai Mbehi cukup tenang karena berada di balik hutan lindung. Berjarak sekitar 66 km dari pusat Kota Malang, para wisatawan dapat menikmati suasana pantai yang asri ini sambil berkunjung ke Teluk Bidadari. Kondisi pasir dan air lautnya cukup jernih untuk berenang, tapi ingat jangan sampai Anda terluka saat bermain di batu karang.

Pantai Goa China

wisata pantai malang Goa China
Pemandangan laut dari pantai Goa China Malang. (Foto: Getty Images lewat Canva Pro)

Dinamakan Pantai Gua China karena pada kawasan ini terdapat sebuah gua yang dipercaya masyarakat setempat sebagai tempat semedi pertapa China hingga meninggal. Sambil menikmati pemandangan indah pantai, para wisatawan juga dapat mendengar cerita yang sarat nilai historisnya tersebut. Pantai Goa China ini cukup menarik dan cukup populer di antara pantai-pantai yang ada di Malang.

Pantai Bajulmati

Wisatawan dapat menemukan beberapa teluk yang terbentuk karena keberadaan batu karang di Pantai Bajulmati. Di sisi timur pantai juga ada Gua Wil yang bisa dijelajahi. Pantai Bajulmati sendiri ternyata menyimpan cerita yang cukup unik tentang seekor buaya yang sudah mati dan ditemukan masyarakat setempat sekitar tahun 1890.

Pantai Kondang Merak

Sedang berkunjung ke Pantai Balekambang? Anda juga dapat sekalian berwisata ke Pantai Kondang Merak yang lokasinya cukup dekat dengan pantai tersebut. Meskipun sudah ada beberapa kapal nelayan, Pantai ini masih lumayan alami. Pantai Kondang Merak memiliki ombak yang cukup landai, sehingga sering dijadikan sebagai tempat bermain air. Ditambah lagi air pantai yang berwarna biru terlihat begitu bersih, jernih, dan menyegarkan.

Baca Juga:  Rekomendasi Oleh-oleh Wisata Yogyakarta Kekinian

Bagaimana dengan rekomendasi wisata pantai Malang di atas? Kami harap informasi ini dapat memudahkan rencana liburan Anda. Selamat berlibur.

Temukan artikel menarik lainnya di topik: panduan wisata, rekomendasi tempat wisata, travel, wisata kota

Atau baca artikel lain yang ditulis: Ika Umi Hayati


Artikel Terkait



Terbanyak Dibaca



Artikel Terbaru