Connect with us

Hi, what are you looking for?

Jelajah

9 Rekomendasi Wisata Jelajah Goa di Indonesia

Kami menyediakan daftar goa di Indonesia yang layak Anda jelajahi.

wisata jelajah goa di Indonesia
Pemandangan bagian dalam Goa Gong di Desa Bomo, Pacitan, Jawa Timur. (Foto: Getty Images lewat Canva Pro)

Ringkasan

  • Indonesia punya Goa Cartenz di Papua yang mesti dikunjungi, setidaknya sekali seumur hidup.
  • Yogyakarta punya satu goa yang namanya sangat terkenal di kalangan wisatawan. Anda sudah bisa menebaknya, kan?
  • Kawasan goa zaman now lebih dikenal sebagai tujuan wisata. Namun nenek moyang kita dulu menggunakan goa sebagai tempat singgah.

the Monkey Times – Wisata jelajah goa di Indonesia rasanya tidak pernah membosankan, apalagi bila Anda tipikal pelancong yang lebih senang berkunjung ke goa ketimbang lokasi wisata lainnya.

Dan kalau kebetulan Anda adalah seorang penggemar goa sebagai tempat wisata, artikel ini ingin memberikan 9 rekomendasi wisata goa di Indonesia yang mengasyikkan.

Orang zaman sekarang cenderung mengenal goa sebagai kawasan wisata, padahal nenek moyang kita dulu memaknai goa sebagai tempat singgah, atau bahkan rumah. Karena itu Anda tidak perlu heran bila kebetulan menemukan lukisan tua tergores di dinding goa.

Sayangnya kami tidak punya data pasti tentang jumlah goa di Indonesia, namun perkiraan kami ada lebih dari seratus ribu goa tersebar di seluruh wilayah nusantara.

Sembilan di antaranya kami rekomendasikan sebagai tempat wisata yang harus Anda kunjungi, minimal sekali seumur hidup.

Goa Cartenz

Sisi menarik yang bisa dinikmati dari Goa Cartenz ada pada pemandangan es di dalamnya. Terletak di Provinsi Papua, Goa Cartenz terletak di ketinggan ekstrim yang membuat bagian dalamnya penuh dengan es dan salju.

Lokasinya yang berada di Puncak Cartenz Timur membuat penjelajah goa mesti sehat dan kuat, baik secara fisik dan mental. Karena karakteristiknya itu, Goa Cartenz tampaknya lebih cocok untuk para pendaki ketimbang orang biasa.

  9 Rekomendasi Lokasi Wisata di Malang Murah Meriah

Kendati medan Goa Cartenz cukup ekstrim bagi sebagian orang, namun wisata jelajah Goa di Indonesia satu ini menarik dan sangat menantang.

Goa Pindul

Wisata Goa Pindul di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, sangat terkenal di kalangan pelancong, oleh karena sungai yang mengalir di bagian dalamnya. Panjang Goa Pindul sekitar 350 meter, dengan pemandangan pilar yang terbentuk dari gabungan stalagmit dan stalaktit di bagian kanan kiri di sepanjang sungai, yang membuat pengalaman menyusuri goa dengan perahu karet jadi sangat mengasyikkan.

Oh ya, Anda harus mencoba Cave Tubing ketika berkunjung ke Goa Pindul. Dan kabar baiknya, Anda bisa menikmati Cave Tubing Goa Pindul dengan menghubungi langsung pengelola wisata Goa Pindul melalui laman resmi Goapindul.com.

Goa Gong

Pacitan terkenal dengan julukan kota 1001 goa, dan Gong merupakan satu nama goa di Pacitan yang wajib dikunjungi. Goa Gong berada di Desa Bomo, Punung, Pacitan, dan terkenal karena suara yang keluar dari dalam dalam goa, yang mirip dengan suara gong yang ditabuh pada sebuah pertunjukan gamelan.

Suara gong tersebut dihasilkan dari perpaduan formasi stalaktit dan stalagmit di dalam goa, yang membuat pemandangan di dalam Goa Gong terasa menyenangkan. Jadi ketika memutuskan menikmati wisata Goa Gong, mata dan telinga Anda akan dimanjakan suara gong gamelan dan pemandangan dalam gua yang indah.

Bantimurung Pangkep

Nama Bantimurung Pangkep merujuk pada satu kawasan di mana Anda akan menemukan 268 goa di area perbukitan karst di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Taman nasional satu ini terletak di sepanjang Maros hingga Pangkajene, Sulawesi Selatan.

Yang menarik dari Bantimurung Pangkep adalah nilai pra-sejarahnya, di mana 50 goa di kawasan tersebut – menurut kabar – sempat dihuni manusia purba. Singkat cerita, Anda akan menemukan banyak sekali lukisan di dinding goa yang dulu dibuat oleh nenek moyang kita yang tinggal di kawasan tersebut.

  8 Lokasi Wisata Malang yang Dekat Dengan Stasiun

Kiskendo

Terletak di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Goa Kiskendo merupakan satu lokasi yang areanya terbilang sangat luas. Pemandangan stalaktit dan stalagmit tentu jadi sangat biasa, mengingat kita juga bisa menemukannya di goa lain di Jogja.

Namun yang istimewa dari Kiskendo adalah 15 ruangan dalam goa, yang membuat Kiskendo diperhitungkan sebagai goa dengan luas area terbesar di Indonesia.

Goa Kelelawar

Kalau berkunjungi ke Bukit Lawang, Sumatra Utara, jangan lupa mengunjungi Goa Kelelawar. Pengalaman menjadi seorang petualang ala-ala Indiana Jones jadi daya tarik utama yang ditawarkan pengelola Goa Kelelawar.

Oh ya, jangan lupa bawa lampu kepala atau senter besar ketika menjelajahi Goa Kelelawar.

Goa Jomblang

wisata jelajah goa di Indonesia Jomblang
Goa Jomblang di Gunung Kidul. (Foto: Getty Images lewat Canva Pro)

South China Morning Post menjuluki goa ini sebagai lokasi di mana orang bisa menikmati sentuhan kecil cahaya surga. Untuk menikmatinya Anda mesti turun sejauh 60 meter ke dalam Goa Jomblang, kemudian melakukan penelusuran hingga akhirnya sampai di Goa Grubug.

Nah di Goa Grubug itulah Anda bisa – dan bila datang di waktu yang tepat – menikmati limpahan cahaya yang masuk dari lubang di atas goa. Pokoknya sangat instagramable.

Goa Jomblang terletak di kawasan wisata alam Gunung Sewu di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Goa Harimau

Wisata Goa Harimau di Padang Bindu, Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan, membawa pengunjung menikmati situs sejarah dan wisata sekaligus.

Goa ini adalah rumah yang menunjukkan bagaimana peradaban neolitik dan paleometalik bekerja. Menurut situs Kemdikbud, lukisan cadas, kuburan, perbengkelan dan sisa-sisa hunian manusia purba, jadi temuan arkeologi yang membuat Goa Harimau menarik dikunjungi oleh wisatawan yang tertarik dengan kehidupan pra-sejarah.

Goa Maharani

Perubahan warna stalaktit dan stalagmit yang membuat pemandangan dalam goa terasa indah, adalah tawaran utama yang tidak bisa dilewatkan siapa pun yang berkunjung ke Goa Maharani yang terletak di Lamongan, Jawa Timur.

  Keju-In: Pucuk Dicinta, Mozzarella pun Tiba

Warna-warni stalaktit/stalagmit yang berubah-ubah itu disebabkan perubahan cahaya, dan disebut-sebut sebagai salah satu gejala alam unik yang bisa ditemukan ketika Anda menghabiskan waktu wisata jelajah Goa di Indonesia, terutama di Goa Maharani.

Tips aman wisata jelajah goa di Indonesia

Jelajah goa memang mengasyikkan, namun keselamatan pribadi tetap jadi hal utama yang tak boleh diabaikan. Aturan paling penting ketika menjelajah goa adalah: kamu sebaiknya tidak menjelajahi goa sendirian.

Terkait dengan keamanan menjelajahi goa, kepala pemandu Cango Caves, Steve Mouton, membagi sejumlah tips:

  • Tidak memisahkan diri dari rombongan selama menjelajahi goa.
  • Siap peta goa setiap saat, atau patuhi arahan pemandu jelajah goa.
  • Pakai helm dan pastikan memakai pakaian yang pas untuk jelajah goa.
  • Bawa bekal, terutama air, dalam jumlah cukup.
  • Bawa senter cadangan.
  • Selalu berhati-hati dan patuhi larangan yang berlaku.

Demikianlah rekomendasi wisata jelajah goa di Indonesia yang bisa kami sajikan di sini. Mungkin sesekali Anda bisa mengunjungi salah satu di antaranya, sembari bercengkrama bersama keluarga, atau menikmati indahnya hidup dengan berpetualang di dalam goa.

Written By

Redaktur the Monkey Times yang hobi menulis apa saja yang menarik. Pokoknya gitu aja.

Artikel Terkait

Jelajah

Ke Malang boleh-boleh aja. Tapi jangan lupa oleh-olehnya.

Jelajah

Sudahkah kamu pergi ke pantai akhir-akhir ini?

Jelajah

Jangan lupa jelajah wisata kuliner Malang. Rasa makanannya bakal selalu terkenang.

Jelajah

Mengusir penat sejenak dengan berkunjung ke lokasi wisata di Malang berikut patut dicoba. Nggak perlu keluar duit banyak kok.

Jelajah

Beberapa spot wisata Malang terkenal bisa ditemukan dengan mudah di dekat stasiun kereta utama.

Jelajah

Wisata ke Jawa Timur? Anda bisa menjajal wisata religi dengan cara berziarah ke makam sejumlah ulama di provinsi tersebut.

Jelajah

Bingung cari oleh-oleh di Yogyakarta? Kami punya rekomendasi oleh-oleh wisata Yogyakarta yang nggak ketinggalan zaman!

Jelajah

Kedai Nyah Tan Li adalah tempat makan di daerah Kasongan, Bantul, Yogyakarta yang menyajikan masakan rumahan.