9 Negara yang Masih Menyimpan Senjata Nuklir Mematikan

Bukan cuma Amerika Serikat yang masih memiliki senjata nuklir. Masih ada delapan negara lain yang memegang senjata yang sama.


Senjata nuklir

Ilustrasi ledakan senjata nuklir.


Oleh: Ika Umi Hayati

Diterbitkan:

the Monkey Times – Sewaktu perang dingin, Amerika Serikat termasuk negara yang mengembangkan dan memonopoli senjata nuklir. Tetapi, rahasia adanya senjata pemusnah massal tersebut menyebar dan banyak negara lain mengetahuinya. Hal ini terungkap semenjak AS uji coba senjatanya tersebut pada Juli 1945, serta menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. 

Peristiwa tersebut membuat dunia gempar. Selang empat tahun kemudian beberapa negara lainnya turut serta mengembangkannya, termasuk Uni Soviet, Inggris, dan Tiongkok. Melihat jumlahnya yang kian meningkat, Amerika Serikat dan negara lainnya melakukan negosiasi melalui Nuclear Nonproliferation Treaty (NPT) dan Comprehensive Nuclear Test Ban (CTBT).

Negara-Negara Pemilik senjata Nuklir

Adanya kesepakatan tersebut membuat beberapa negara yang mempunyai senjata mematikan itu perlu adanya pengawasan yang ketat. Nah, berikut ini beberapa daftar negara yang memiliki senjata nuklir, simak penjelasan lengkapnya. 

Rusia 

Urutan pertama yang paling banyak memiliki senjata mematikan ini adalah Rusia, negara ini mempunyai sekitar 6.490 hulu ledak nuklir. Berdasarkan informasi dari The Federation of American Scientist (FAS) negeri Tirai Besi itu memiliki hulu ledak berjumlah 4.490 nuklir aktif dan 2.000 nuklir yang sudah tidak aktif atau dipensiunkan. 

Namun, adanya kesepakatan baru melalui traktat START antara AS dan Rusia menyebutkan ada 1.461 hulu ledak nuklir yang ada pada beberapa lokasi strategisnya. Negara dibawah komando Vladimir Putin ini meletakkannya pada kapal selam, pesawat pengebom, dan peluru kendali antar benua. 

Amerika Serikat 

Negara Paman Sam ini termasuk kedua terbesar memiliki hulu ledak nuklir, menurut informasi yang ada sekitar 6.185 yang terbagi 3.800 masih status aktif dan 2.385 sudah tidak aktif lagi. Untuk status keamanan negara, Amerika Serikat meletakan nuklirnya pada peluru kendali, pesawat pengebom, dan kapal selam. 

Semuanya tidak main-main totalnya mencapai 1.365 hulu ledak dan membuat negara musuh masih mempertimbangkan untuk menyerang negara adikuasa itu. 

Perancis

Memiliki ikon negara yang cantik dan romantis ini, Perancis salah satu dari ketiga negara yang mempunyai hulu ledak nuklir terbanyak. Negara yang hidup di benua Eropa ini terdapat 300 nuklir yang statusnya masih aktif. Hal ini menunjukkan Perancis termasuk negara yang tidak main-main untuk status pertahanannya. 

Baca Juga:  Jadwal dan Rute baru Bus Double Decker Rosalia Indah

Tiongkok 

Dengan penduduk terbesar utama di dunia menjadikan Tiongkok harus memperhatikan kedaulatan dan pertahanan bangsanya. Termasuk negara yang mulai diperhitungkan, Negeri Tirai Bambu memiliki jumlah nuklir yang banyak. Menurut informasi yang ada, negara yang mempunyai Panda menggemaskan ini mempunyai nuklir mencapai 290 hulu ledak. 

Mengenai status penggunaannya masih belum diketahui secara menyeluruh, karena negara tersebut masih merahasiakan status keamanan strategisnya. 

Inggris 

Sistem negara yang masih menganut kerajaan dan dipimpin oleh Ratu Elizabeth tidak ingin jauh ketinggalan mengenai teknologi nuklir. Bahkan, untuk jumlahnya saja juga tidak main-main dan mencapai 200 hulu ledak. Semuanya diperuntukkan untuk kedaulatan bangsa, sehingga diletakkan pada beberapa tempat strategis. 

Dari jumlahnya itu, Inggris meletakkan pada 120 untuk lokasi strategisnya dan sekitar 40 an berada pada kapal selam. Tentunya dipasangkan pada rudal peluncur antar benua untuk menghancurkan beberapa negara yang mengancamnya. 

Pakistan 

Meskipun tidak pernah berada dalam perjanjian traktat NPT dan menolak tanda tangan, negara yang berada di Asia Selatan itu mempunyai hulu ledak senjata nuklir yang mencapai 150 – 160 buah. Jumlah tersebut tentunya tidak sedikit, sehingga Pakistan terus dipantau dan diawasi oleh beberapa negara lainnya. 

India

Tahun 1998 antara Pakistan dan India pernah bersitegang yang menunjukkan adu kekuatan nuklirnya, peristiwa ini membuat dunia diambang krisis panjang apabila terjadi. India termasuk juga negara yang tidak menandatangani perjanjian traktat NPT. jumlah hulu ledaknya pun tidak main-main mencapai 130 – 140 nuklir. 

Mengenai pemanfaatan dan penggunaannya tidak ada informasi yang jelas menyebutkannya, karena statusnya bersifat rahasia. 

Israel 

Negara yang memiliki senjata nuklir selanjutnya yaitu Israel, meskipun secara fakta lapangan belum pernah melakukan uji coba dan tidak pernah mengakuinya. Negara yang berada di Timur Tengah ini memiliki hulu ledak yang mencapai 80 hingga 90 nuklir. Hal tersebut menjadi perhatian bersama, apalagi negara ini sering terlibat ketegangan dengan Palestina. 

Iran 

Termasuk negara yang paling banyak disoroti dunia internasional, karena terkait program nuklir yang sudah dimulai sejak dekade 1950-an. Terutama Amerika Serikat yang paling banyak menentang dan membatasi gerak gerik negara Mullah tersebut.

Mengutip CFR, Iran dan negara-negara Barat sempat mencapai kesepakatan Comprehensive Plan of Action (JCPOA) pada 2015, yang pada intinya menyebut Iran setuju menutup program nuklirnya dan memberikan izin kepada otoritas internasional untuk melakukan inspeksi terhadap fasilitas teknologi nuklirnya. Sebagai imbal balik, Iran meminta keringanan sanksi ekonomi dan perdagangan yang diberikan negara-negara Barat.

Baca Juga:  Barter di Masa Depresi Besar

Itulah beberapa negara yang mempunyai senjata nuklir, harapannya semoga nuklir hanya digunakan sebatas energi saja. Jangan sampai untuk dijadikan senjata pemusnah massal, karena berdampak panjang akan kelestarian kehidupan kedepannya. 

Temukan artikel menarik lainnya di topik: Pengetahuan sehari-hari

Atau baca artikel lain yang ditulis: Ika Umi Hayati



Slide
Infografis jumlah bus listrik di seluruh dunia
Slide
Infografis vespa matik di Indonesia
Slide
Infografis kencan di era pandemi
Slide
melek finansial
Slide
infografis waralaba
Slide
infografis-jaga-kesehatan-saat-banjir
Slide
Infografis aktor Philip Seymour Hoffman
Slide
Infografis estetika film Paul Anderson
previous arrow
next arrow


Rekomendasi Artikel


Cara Sinema Sport Wisata Sosial