Pecinta Pempek Tidak Boleh Ketinggalan, Ada 9 Jenis Pempek Menarik Untuk Dicoba

Persembahan kuliner Bumi Sriwijaya ini memang terbilang unik dan berbeda.


jenis Pempek

Beberapa jenis Pempek Palembang (Foto : Tmtimes)

Oleh: Redoni
Diterbitkan:

the Monkey Times – Siapa sih yang tidak kenal pempek? Kuliner khas asal Palembang ini memang benar-benar mencuri perhatian dan selalu tidak sabar untuk mencicipinya.

Iklan. Konten berlanjut di bawah.

Untuk kamu yang menyukai dan gemar makan pempek, rasanya belum sah dikatakan sebagai pecinta pempek sejati kalau kamu belum mencoba semua jenis pempek yang ada. 

Persembahan kuliner Bumi Sriwijaya ini memang terbilang unik dan berbeda, karena hanya satu bahan utama saja bisa menjadi berbagai variasi rasa dan bentuk yang nikmat untuk kamu coba.

Iklan. Konten berlanjut di bawah.

Nah, apa saja sih macam-macam jenisnya? Sebagai pempek holic, kamu wajib tahu ya! Simak yuk selengkapnya. 

Kapal Selam, Besar, Gurih, dan Nikmat 

Eittss, menu satu ini mungkin sudah tidak perlu untuk dijelaskan panjang kali lebar deh. Soalnya paling banyak ditemui dan kamu pasti pernah mencobanya.

Iklan. Konten berlanjut di bawah.

Pempek kapal selam memang sangat populer, apalagi ini simbol kejayaan masyarakat Sumatera Selatan, tiap hari beli kapal selam terus hehehe. 

Karakter rasa dari pempek kapal selam memang lebih terkesan gurih dan dalamnya terdapat telur yang besar. Jika kamu kombinasikan dengan “cuko” nampol dah tuh. 

Lenjer, Pempek Panjang Porsi Hemat 

Jika kamu sering nemuin abang-abang penjual yang nyediain pempek panjang dan putih , namanya itu pempek lenjer.

Makna lenjer itu berarti panjang, jadi jika kamu ingin porsi hemat dan rame-rame, pilih saja menu satu ini. Tidak perlu sungkan, tetap enak dan nikmat kok untuk kamu hidangkan. 

Pempek Telur, Kecil dan Maknyus

Berbeda dengan pempek kapal selam yang memang berisi telur, tapi pempek telur ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dan porsinya bisa langsung sekali lahapan saja. Termasuk salah satu yang favorit dan menjadi hidangan campuran yang menarik untuk kamu coba. 

Pistel, Isian Pepaya Muda 

Mungkin kamu mengira kalau pempek hanya isiannya terbuat dari telur saja, padahal ada banyak kombinasi yang tidak kalah menarik untuk kamu nikmati.

Pempek pistel salah satu yang dalamnya terbilang menarik, karena dari buah pepaya muda. Biasanya sajian ini kamu temui pada pedagang lokal yang skalanya belum terlalu besar. 

Bahkan, pempek pistel juga sering menjadi sajian andalan ketika ada hajatan atau syukuran di Sumatera Selatan. 

Keriting, Mirip Kerupuk

Untuk kamu yang pertama kali menemukannya, mungkin kamu akan mengira kalau itu kerupuk kering yang belum siap digoreng.

Pempek satu ini memang berbeda dari bentuk lainnya, karena adonannya terbuat dari adonan lenjer. Jika kamu ingin mencicipinya, langsung pesan tiket dan berkunjung ke Palembang. 

Karena, proses pembuatannya tidak mudah dan butuh teknik khusus. Sehingga masih sangat jarang ditemui pada beberapa daerah lainnya. 

Adaan, Bulat dan Gemesin 

Bentuknya bulat dan memang mirip bakso goreng, bedanya dari tekstur rasanya yang lebih kenyal dan tetap lembut untuk dikunyah.

Pempek adaan memang terbilang gemesin, buat perut ingin segera melahap-nya. Proses untuk menyajikannya juga cukup praktis, tidak perlu kamu rebus dan langsung goreng saja. 

Pempek Kulit, Jarang Ditemui Namun Berkesan 

Ungkapan di atas memang nyata, jika kamu termasuk pecinta pempek rasanya jenis satu ini memang yang paling buat berkesan.

Karena, tidak semua penjual pempek menyediakan dan walaupun ada sangat jarang, khususnya untuk diluar Palembang.

Tapi, jika kamu berkunjung ke Sumsel, masih sangat mudah untuk mendapatkannya. 

Segi rasa memang lebih krispi, campuran ikannya sangat terasa, dan apabila dipadukan dengan “cuko” lupa kalau mertua lewat. Untuk penghidangan, hampir sama dengan adaan yang langsung goreng. 

Pempek Panggang, Anti Mainstream 

Sebelumnya pempek itu direbus atau digoreng, tapi pempek panggang untuk menikmatinya kamu harus memanggang terlebih dahulu.

Hal menarik juga dari pempek ini, isian dalamnya terbuat dari ebi yang sangat cocok dipadukan pempeknya yang lembut.

Jika kamu pergi ke pasar-pasar Palembang, kamu akan menemukan pempek panggang. 

Untuk penyajiannya pun sangat unik loh, adonan yang sudah berbentuk pempek akan dipanggang terlebih dahulu.

Apabila sudah sedikit agak kering dan gosong, baru dibelah dan diisi dengan bumbu ebinya yang ada.

Segi rasa tidak perlu khawatir, tekstur lembut dari pempeknya dan rasa pedas dari ebinya buat kamu ingin tambah. 

Pempek Lenggang, Panggang Sekaligus Dibungkus Daun Pisang 

Benar-benar pecinta pempek rasanya sudah tidak asing nih dengan pempek lenggang, prosesnya hampir sama dengan pempek panggang.

Tapi, hal menarik dari pempek jenis ini kamu akan menemukan bungkusan daun pisang dan ditaburi dengan telur. Gimana udah kebayang kan bentuk dan sisi rasanya? 

Jika dihidangkan pas masih hangat, ditambah es jeruk, dan rintik hujan pas banget tuh kombinasinya. Cus yuk beli hehehe

Bagaimana sudah lebih tahu kan jenis pempek? Jadi, tidak cuma pempek kapal selam saja yang kamu ketahui, beberapa pempek yang lain tidak kalah untuk kamu coba dan cicipi. 

Artikel ini diperbarui pada:
Temukan artikel menarik lainnya di topik: Makanan khas Palembang

Bagikan artikel ini