Penulis: tmtimes bola

8 Gol Bayern ke Gawang Schalke: Pentas kelas atas

Bayern menjungkalkan Schalke 8-0 pada pertandingan pembuka Bundesliga di Allianz Arena dini hari tadi (19/09/2020). Sinyalnya serius banget.

tmtimes.idBayern sepertinya tenang-tenang saja, kendati kehilangan Thiago Alcantara yang pindah ke Liverpool dengan nilai transfer sekitar £30 Juta. Buktinya bisa kita lihat dari pentas kelas atas yang menghasilkan kemenangan telak Bayern atas Schalke.

Delapan gol yang bersarang di jala gawang Schalke jelas jadi preseden buruk bagi sebuah klub yang baru membuka tabir pertandingan pertama mereka di Bundesliga Jerman.

Akan tetapi bagi Bayern, kemenangan telak itu membuktikan superioritas klub peraih treble winners 2019/20, yang sekaligus memberi sinyal ancaman bagi klub-klub pesaing mereka di medan liga yang sama. Bayern masih tetap sama, walau tanpa Thiago. Dan mereka tetap garang.

Di Allianz Arena, Serge Gnarby mencetak tiga gol (menit 4, 47 dan 59). Disusul lima gol lain yang dicetak Goretzka (19), Lewandowski (31), Muller (69), Sane (71) dan Musiala (81).

Skuad Bayern merayakan kemenangan telak atas Schalke.

Pemain debutan, Sane, tentu patut bergembira malam itu karena golnya. Begitu pula Musiala yang mencetak gol pertamanya di tim senior Bayern. Sebagai tambahan, Musiala memang produk tim junior Bayern dan musim ini baru menjalani debutnya di tim senior.

Bayern jelas jauh lebih agresif ketimbang Schalke, yang tidak pernah menang di 16 pertandingan Bundesliga terakhir yang mereka jalani. Ini bisa dilihat misalnya lewat statistik pertandingan antara mereka berdua.

Formasi 4-2-3-1 ala Bayern lebih superior ketimbang 4-4-2 klasik ala Schalke. Keunggulan Bayern bisa kita lihat dari ball possesion kedua tim yang jomplang. 63% milik Bayern yang berbanding 37% milik Schalke.

Dengan keunggulan penguasaan bola, tidak heran bila Bayern mampu menghasilkan 603 operan. Hampir dua kali lipat lebih banyak ketimbang Schalke yang hanya mampu mengoper bola sebanyak 361 kali.

Superioritas di lapangan, plus kendali permainan yang penuh, membuat Bayern jauh lebih nyaman dalam hal membuat peluang. Mereka tercatat melakukan 21 tembakan. 11 diantaranya mengarah ke gawang, dan 8 gol bersarang di gawang kiper Schalke, R. Fahrmann.

Bandingkan dengan Schalke yang melakukan 5 kali tembakan percobaan, dengan 1 diantaranya mengarah ke gawang. Dari segi kematangan bermain, Schalke jelas kalah telak.

Khusus bagi Lewandowski, kemenangan atas Schalke menciptakan rekor tersendiri. Satu golnya ke gawang Schalke menandai bahwa sang pemain sudah melewati rekor legenda Bayern Karl-Heinz Rummenigge. Lewandowski mencetak 163 gol sepanjang karirnya di Bundesliga, yang kemudian menempatkan pemain asal Polandia itu di peringkat kedua top skorer Bayern di Bundesliga sepanjang masa.

Sementara Rummenigge mencetak 162 gol di sepanjang karirnya di Bundesliga bersama Bayern, Gerd Muller masih berada di peringkat pertama dengan torehan 365 gol untuk Bayern yang dicetak selama berkarir di Bundesliga.