7 Rekomendasi Wisata Kuliner Malang yang Pasti bikin Kangen

Jangan lupa jelajah wisata kuliner Malang. Rasa makanannya bakal selalu terkenang.


ilustrasi wisata kuliner malang

Oleh: Redoni

Diterbitkan:

the Monkey Times – Ketika berkunjung ke Kota Malang, tidak hanya objek wisatanya saja yang memukau, namun kulinernya siap menggoyang lidah. Karena itu Anda tidak boleh melewatkan wisata kuliner Malang begitu saja. Apalagi sekarang ini ada banyak pilihan yang terbaik untuk Anda nikmati bersama teman satu perjalanan.

Kota apel ini memiliki beberapa destinasi kuliner yang jamin membuat Anda kangen dan ingin segera kembali untuk mencicipinya kembali. Ada beberapa kuliner legendaris yang bikin Anda ingin terus kesana apabila sedang berkunjung ke kota hanya 3 jam saja dari Surabaya ini. Penasaran mengenai ragam kuliner yang diberikan? Yuk mulai kita bedah beberapa referensi jajanan menariknya. 

Kenapa harus mencicipi wisata kuliner Malang?

Hidangan pertama yang tidak ingin Anda lewatkan ketika berkunjung kesana adalah Rawon, hidangan nusantara satu ini membuat Anda ingin kembali ke Malang. Apalagi ditambah dengan suasana Kota Malang yang dingin dan sejuk, membuat Anda bersemangat mencicipi hidangan hangat yang campurannya terdapat daging sapi yang siap menggetarkan lidah Anda tersebut. 

Tapi tunggu dulu, wisata kuliner di Malang tentu bukan cuma rawon saja. Berikut daftar makanan khas Malang yang sebaiknya Anda cicipi ketika berlibur di kota tersebut:

Rawon 

wisata kuliner malang rawon
Semangkuk rawon lezat. (Foto: Getty Images lewat Canva Pro)

Untuk yang belum pernah mencicipi sajian ini, mungkin akan merasa kaget akan bentuknya. Tetapi, kuliner satu ini hampir sama dengan sup daging. Perbedaannya terdapat pada kuahnya, kalau rawon itu kuahnya hitam yang hampir mirip seperti semur.dari segi rasa sangat berbeda, karena kuahnya berasal dari Kluwek. 

Jika ingin hidangan yang nikmat, mungkin Anda bisa mencoba Rawon Nguling di Jl. Zainul Arifin, Klojen, Kota Malang

Es Santan Ketan Hitam 

Terik sinar mentari yang begitu menyengat, mampir sejenak untuk menikmati segelas es santan ketan hitam bisa menjadi referensi menarik untuk Anda coba. Minuman satu ini bisa Anda temukan di Malang dan termasuk jajan lama yang membuat Anda kangen ingin merasakannya lagi dan lagi. Komposisi pada kuliner ini terdapat es serut, dawet merah, sirup, ketan hitam, dan disiram santan. 

Semua perpaduan itu akan menjamin rasa haus yang Anda alami akan sembuh dengan cepat. Untuk merasakannya Anda bisa langsung menuju Gerobak Es Santan 68 di Jalan Sempu, Malang. 

Baca Juga:  Makan Ketoprak kaki lima di Tanjung Duren Utara

Orem-Orem 

Menu tradisional setiap daerah itu memang jaminan untuk selalu kembali dan memiliki kenangan tersendiri, karena selalu memberikan cita rasa unik dan khas dari lainnya. Kebetulan jika Anda sedang berada di Malang tidak lupa untuk mencoba orem-orem. Makanan ini campuran dari tahu, tempe yang dipotong kecil-kecil, lalu dimasak bersama kuah santan. 

Sajian ini akan lebih nikmati apabila nda menambahkan lontong, ayam atau telur rebus. Sebenarnya kuliner ini bisa Anda temukan di beberapa sudut Kota Malang. Namun jika Anda ingin merasakan sajian tempo doeloe sekali, bisa langsung mampu di Orem-Orem Pertukangan di Jalan Gatot Subroto, Jodipan.

Buk Madura

Tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati dan mencoba cita rasa Madura, kuliner di Malang yang enak ini bisa Anda cicipi di sana. Makna dari nasi buk itu adalah nasi campur yang didalamnya terdapat nasi, sayur nangka, bakwan, sayur bambu, dan lainnya dalam satu paket. Setelah itu semuanya diberikan serundeng dan nampol deh soal rasanya. 

Jika Anda sedang merasakan lapar yang tidak tertolong, nasi buk Madura ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda rasakan. 

Mendol 

wisata kuliner Malang mendol
Ilustrasi panganan mendol. (Foto: Getty Images lewat Canva Pro)

Dari namanya saja membuat Anda penasaran dan penuh tanda tanya, jenis makanan apa ini. Ketika Anda berkunjung ke Malang, maka kuliner ini bisa menjadi sajian yang menarik untuk dicoba. Kuliner Mendol ini terbuat dari bahan baku tempe yang busuk, tetapi tidak perlu khawatir mengenai kesehatannya. Karena mendol termasuk kuliner yang legendaris untuk Anda coba. 

Proses pembuatannya itu sangat mudah dengan mengumpulkan tempe-tempe busuk, dikasih taburan bumbu agar lebih enak, lalu, ditumbuk dahulu. Kemudian langsung digoreng, selanjutnya Anda bisa langsung untuk menikmatinya. Makanan satu ini termasuk yang khas dan legendaris untuk dinikmati. Jadi ketika sedang melakukan wisata kuliner di Malang, makanan satu ini waib dicoba. 

Toko Oen 

Jika Anda termasuk penyuka es krim, mungkin bisa mencoba untuk merasakan sensasi racikan masa lampau yang membuat Anda terkenang rasa-rasa zaman dahulu. Di Kota Malang ada salah satu tempat yang bisa Anda coba yaitu berkunjung ke Toko Oen. Disana Anda akan menemukan sajian menu es krim, loempia, banana split, dan masih ada menu menarik lainnya. 

Bangunan toko ini sudah ada sejak 1930 berarti masih masa penjajahan Belanda, apabila ingin merasakan kuliner kesan vintage dan penuh perjalanan sejarah bisa langsung ke Jalan Jenderal Basuki Rakhmad 5, Malang. 

Baca Juga:  Rekomendasi Oleh-oleh Wisata Yogyakarta Kekinian

Bakpao Boldy

Sajian terakhir yang tidak lupa untuk Anda cicip yaitu Bakpao Boldy. Menu satu ini sudah lama terkenal sejak tahun 1950. Ada banyak varian bakpao yang bisa Anda temukan, mulai dari isian daging, isian kacang hijau, kacang tanah, dan tausa. Untuk pecinta bakpao dan berkunjung ke malang, tidak lupa ya untuk mencobanya. Lokasinya di Jalan Mangun Sarkoro No. 25, Malang. 

Demikianlah beberapa rekomendasi wisata kuliner Malang. Kalau berkunjung kesana, jangan lupa sempatkan waktu menikmatinya, ya.

Temukan artikel menarik lainnya di topik: panduan wisata, rekomendasi tempat wisata, tempat makan, travel, wisata kota

Atau baca artikel lain yang ditulis: Redoni

artikel Terkait

Terbanyak Dibaca


Artikel Terbaru