7 Rekomendasi Buku Self Improvement

Banyak cara untuk mengembangkan diri, salah satunya dengan membaca buku.


buku self improvement

Oleh: Ika Umi Hayati

Diterbitkan:

the Monke Times – Banyak cara yang dilakukan seseorang untuk mencapai kesuksesan, salah satunya dengan mengembangkan diri ke arah yang lebih baik.

Namun sebuah niat hanya akan sia-sia saja tanpa dibarengi dengan usaha. Memulai bisa dilakukan melalui banyak cara, salah satunya dengan merutinkan membaca buku self improvement. 

Berikut ini 7 rekomendasi buku pengembangan diri yang masih best seller sampai tahun 2021, mulai dari jenis buku yang bisa menenangkan jiwa, membuat skil semakin terasah, hingga membangun kebiasaan baru. 

Rekomendasi Buku Pengembangan Diri 

  1. The 7 Habits of Highly Effective People (1989) 

Buku yang ditulis oleh Stephen Covey satu ini sampai sekarang masih banyak diminati. The 7 Habits of Highly Effective People menjelaskan dengan detail perihal kebiasan-kebiasaan baik para orang sukses. 

Terdapat tujuh kebiasaan yang apabila diterapkan dengan sungguh-sungguh bisa mengantarkan kita ke taraf kesuksesan. Rasanya sangat tepat sekali untuk kamu yang saat ini sedang berusaha untuk mencapai puncak kesuksesan versi terbaikmu. 

  1. The Alchemist 

Ternyata buku pengembangan diri bukan hanya hadir dalam bentuk nonfiksi saja, ada juga dalam bentuk novel.

The Alchemist salah satunya, novel karya Paulo Coelho yang menceritakan perjalanan seorang pengembala ini sukses menyita perhatian banyak orang. 

Novel satu ini penuh dengan berbagai simbol serta perumpamaan yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.

Pesan-pesan moralnya dihadirkan melalui cerita-cerita yang membuat pembaca semakin terus penasaran untuk menemukan arti kehidupan. 

Perjalanan Sang Pengembala yang merupakan tokoh utama untuk menemukan harta karun bisa diartikan sebagai salah satu cara bahwa untuk mencapai tujuan hidup memang harus berani melakukan banyak pengorbanan. 

  1. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat 

Realitas hidup sehari-hari tentu tidak selalu berjalan sesuai dengan keinginan kita, terkadang peristiwa pahit datang begitu saja tanpa permisi dan tidak sedikit manusia yang sulit menerima kenyataan tidak mengenakkan tersebut.

Melalui Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat Mark Manson memberikan tamparan keras bagi kita semua bagaimana bisa menyikapi kenyataan hidup. 

Secara garis besar Mark Manson mengajarkan kita untuk berani menghadapi berbagai persoalan hidup.

Penyampaian yang lugas menyempurnakan keberanian kita untuk tidak cengeng. 

  1. Goodbye Things : Hidup Minimalis ala Orang Jepang 

Buku keempat ini ditulis oleh Fumio Sasaki yang mana berisi mengenai pengalaman dirinya yang terus menerus merasa stress akibat sering membandingkan diri dengan orang lain.

Baca Juga:  Cara Membuat Email dan Contohnya: Rekomendasi Layanan Gratisan dan Berbayar

Hingga di tahap tertentu dalam hidup, ia mengambil pilihan untuk tidak peduli dengan berbagai hal yang memang tidak dibutuhkan. 

Secara keseluruhan Sasaki menceritakan pengalaman menariknya ketika menjalani hidup minimalis.

Berbekal penyampaian yang unik, Sasaki mengajak kita untuk mengambil sudut pandang lain dalam hidup. 

  1. The Power of Habit 

Sudah banyak penelitian yang menyatakan jika kebiasaan memiliki kaitan erat dengan kualitas hidup.

Berkaitan dengan hal tersebut, apabila kita memiliki keinginan atau tujuan, sebaiknya dimulai dengan membentuk kebiasaan yang baik.

Melalui buku satu ini, penulis mengajak Anda supaya lebih bisa mengatur serta mengubah kebiasaan hidup.

Sekalipun penulis menggunakan data-data sains, tetapi cara penyampaiannya yang sederhana memudahkan berbagai kalangan. Saatnya merubah kebiasaan untuk membentuk pola hidup yang lebih baik.

  1. David and Golitah : Ketika Si Lemah Menang Melawan Raksasa 

Lagi-lagi Malcolm Gladwel membukakan mata kita bahwa siapapun itu memiliki peluang untuk bisa meraih kesuksesan dan kemenangan.

Melalui buku satu ini, Gladwell menyodorkan berbagai jenis cerita mulai dari psikologi, sejarah hingga kisah yang menarik.

Malcolm memaparkan banyak hal unik yang jarang terlintas, seperti cara pikir orang disleksia hingga kisah-kisah penuh motivasi dari pemimpin gerakan sipil.

Melalui buku ini kita akan menjumpai berbagai hal indah yang terwujud dari kesulitan dan juga penderitaan. 

  1. Menyakitkan, Tapi Tak Seburuk yang Kupikirkan

Ketika kamu sedang merasa hilang semangat dalam menjalani hidup seolah-olah semua hal buruk menimpamu. Luangkan waktu sejenak untuk membaca buku karangan Lee You-Jeong ini. 

Melalui buku ini kamu akan menjumpai jika bahagia merupakan hal yang mudah sekali didapatkan.

Kebahagiaan bisa didapatkan dari hal-hal kecil yang jarang dilirik oleh kita. Intinya, buku ini mengajarkan ke kita untuk lebih banyak mensyukuri hal-hal kecil dalam hidup. 

Bagaimana, sudah siap untuk membuat diri semakin berkembang? Yuk mulai luangkan waktu untuk membaca buku-buku di atas. 

Temukan artikel menarik lainnya di topik: Buku self improvement, rekomendasi buku motivasi

Atau baca artikel lain yang ditulis: Ika Umi Hayati

artikel Terkait

Terbanyak Dibaca


Artikel Terbaru