7 Prospek Kerja Teknik Lingkungan yang Menjanjikan

Saat ini kebutuhan dan prospek kerjanya sendiri, Teknik Lingkungan cukup luas dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan.


prospek kerja teknik lingkungan

Foto: Free for Canva Pro

Oleh: Redoni
Diterbitkan:

the Monkey Times – Untuk kamu yang sedang berkuliah dan mengambil jurusan Teknik Lingkungan, rasanya sudah tidak asing ya dengan bidang yang dipelajari dan prospek kerjanya.

Namun, apabila kamu sedang mencari dan menentukan jurusan perkuliahan. Tentunya masih bingung dan belum mengenal jurusan tersebut secara lebih mendalam.

Secara praktis, Teknik Lingkungan adalah jurusan yang fokus pembelajarannya pada lingkungan, khususnya terkait penanganan permasalahan, menentukan solusi, dan pencegahan terhadap masalah di masa depan.

Dalam lingkup fakultas, biasanya program studi Teknik Lingkungan dibawah Fakultas Teknik.

Prospek Kerja Teknik Lingkungan

Saat ini kebutuhan dan prospek kerjanya sendiri, Teknik Lingkungan cukup luas dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Nah, apa saja itu? Mari kita bahas bersama-sama

Menjadi Tenaga Pengajar atau Dosen

Apabila kamu sudah lulus dari Program Studi Teknik Lingkungan, peluang kerja yang bisa kamu ambil salah satunya menjadi tenaga pengajar, baik itu dosen atau guru.

Saat ini beberapa lulusan dari Teknik Lingkungan benar-benar dibutuhkan, karena setiap tahunnya peminatan dari jurusan tersebut mulai banyak dilirik dan diminati oleh anak muda.

Tetapi, apabila kamu ingin menjadi dosen, minimal jenjang pendidikan yang harus kamu miliki itu lulusan studi S-2.

Tentunya menjadi dosen termasuk bidang kerja yang patut kamu banggakan, karena akan melahirkan calon-calon insinyur yang fokus pada lingkungan dimasa mendatang.

Lembaga Pemerintahan atau PNS

Jika kamu lulusan dari Teknik Lingkungan dan mendapatkan gelar S.T, kamu bisa melamar bekerja pada lembaga pemerintah atau menjadi seorang PNS.

Setiap ada pembukaan CPNS, program studi Teknik Lingkungan termasuk dalam jurusan yang banyak dicari. Dengan begitu peluang tersebut bisa kamu ambil dan maksimalkan.

Apalagi menjadi seorang ASN atau PNS akan mendapatkan gaji dan tunjangan yang stabil, ditambah juga ada tunjangan pensiun yang membuat masa tua kamu akan lebih terjamin. Bagaimana tertarik menjadi PNS nantinya?

Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Tidak menutup kemungkinan apabila kamu lulusan dari Teknik Lingkungan, maka kamu juga memiliki peluang bekerja di badan usaha milik negara (BUMN).

Baca Juga:  Buah Salak: Kandungan Gizi, Jenis dan Manfaatnya

Menariknya ada banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga dari lulusan Teknik Lingkungan. Apabila tertarik, persiapkan diri kamu untuk bersaing dan mengambil posisi di perusahaan milik negara itu.

Beberapa perusahaan BUMN yang membutuhkan tenaga Teknik Lingkungan itu diantaranya ada PT. Pertamina, PT. Krakatau Steel, PT Aneka Tambang, dan masih ada banyak lagi anak perusahaan lainnya yang bisa Anda coba.

Konsultan

Untuk kamu yang sudah mempunyai banyak pengalaman terutama dalam bidang lingkungan, membuka konsultan mungkin bisa menjadi peluang kedepannya.

Sebenarnya jika kamu ingin bekerja pada jasa konsultan tersebut minimal harus lulus sarjana Teknik Lingkungan. Namun, kebanyakan klien mencari dan memilih jasa konsultan yang benar-benar terpercaya.

Apabila kamu ingin dan tertarik menjadi seorang konsultan pada bidang lingkungan, selama perkuliahan nanti kamu harus mulai meningkatkan kemampuan dan aktif mengikuti berbagai sertifikasi untuk menunjang impian yang ingin dicapai tersebut.

Health and Safety Officer

Beberapa perusahaan lebih memilih langsung lulusan dari Teknik Lingkungan untuk mengisi pekerjaan tersebut.

Karena lebih menguasai medan dan solusi yang tepat untuk membantu dalam perkembangan perusahaan yang ada.

Untuk itulah, peluang dari jurusan Teknik Lingkungan masih terbuka lebar dan semakin dibutuhkan.

Tugas dan tanggung jawab bidang kerja tersebut adalah Anda akan diminta untuk memantau dan menjalankan aturan yang berkaitan langsung dengan lingkungan.

Selain itu juga, tugasnya Anda akan diminta untuk berkontribusi dalam memberikan ide atau solusi yang berkelanjutan untuk bisnis yang dijalankan tersebut.

Petugas Pemeliharaan Air

Pekerjaan ini tentunya yang paling dicari dan dibutuhkan kedepannya, apalagi air sendiri menjadi sumber utama yang harus terpenuhi setiap harinya.

Menjadi seorang petugas pemeliharaan air dituntut untuk mampu dalam membersihkan air yang tercemar agar dapat dimanfaatkan untuk masyarakat.

Tugas secara lebih mendetail, petugas pemeliharaan air sendiri lebih kepada pengelolaan air, risiko banjir, dan manajemen proyek terhadap limbah air tersebut.

Biasanya jurusan ini berhubungan langsung dengan Teknik Sipil untuk membantu kesuksesan program tersebut.

Menjadi Pengusaha

Saat ini sebenarnya apapun bidang pendidikan yang Anda miliki bisa bekerja dimanapun asal mempunyai skill atau kemampuan yang mumpuni untuk prospek kedepannya. Salah satunya Anda bisa menjadi seorang pengusaha.

Apabila kamu memiliki latar belakang perencanaan yang matang, menjadi pebisnis bisa menjadi peluang menarik untuk dicoba.

Apalagi pertumbuhan pengusaha sendiri masih sangat sedikit, sehingga peluang bisnis yang Anda dapatkan pun masih terbuka lebar.

Baca Juga:  Ini Dia Jenis-jenis Hujan yang Menarik Untuk Diketahui

Bahkan, ada banyak pengusaha lahir dari jurusan teknik, mungkin bidang tersebut bisa kamu maksimalkan.

Nah, itulah beberapa prospek kerja lulusan Teknik Lingkungan yang bisa kamu coba. Persiapkan diri kamu dan jangan lupa juga tingkatkan kemampuan soft skillnya ya.

Temukan artikel menarik lainnya di topik: karir

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru