Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

7 Fakta Unik Lidah Kucing, Perlu Diketahui Cat Lovers

Pada kucing, fungsi lidah bisa jauh lebih kompleks. Mulai dari membersihkan tubuh dan mengonsumsi makanan.


lidah kucing

Ilustrasi lidah kucing (Foto : Serena Koi/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai orang. Bulunya sangat halus ketika dielus, sering bertingkah manja dan lucu membuat hewan ini semakin menggemaskan.

Iklan

Salah satu kebiasaan yang membuat kucing terlihat imut adalah saat mereka menjilati tubuhnya sendiri.

Sekilas sih terlihat biasa saja, tapi tahukah kamu bahwa lidah kucing menyimpan banyak fakta menarik?

Iklan

Lidah termasuk anggota tubuh yang sangat penting bagi makhluk hidup. Pada manusia fungsi organ ini paling utama sebagai indera perasa.

Akan tetapi pada kucing, fungsi lidah bisa jauh lebih kompleks. Mulai dari membersihkan tubuh dan mengonsumsi makanan. Berikut ini kami punya beberapa fakta mengagumkan tentang bagian tubuh tersibuk dari seekor kucing.

Iklan

Sarang dari Papila

Kamu pernah dijilat kucing gak? Ketika lidah hewan ini menyentuh kulit, rasanya seperti bersentuhan dengan kertas amplas bukan?

Sensasi kasar yang kamu rasakan tersebut ternyata disebabkan oleh papila, yang mana pada dasarnya berbentuk duri kecil yang terbuat dari keratin, zat yang sama dalam pembentukkan kuku manusia.

Papila bahkan tampak seperti miniatur cakar kucing dengan bagian ujung yang sangat tajam.

Dengan struktur yang kasar, papillae dapat membantu merawat bulu kucing. Bentuknya juga mirip seperti penyendok, berfungsi mengambil minum dan merobek daging dari mangsanya.

Mendukung Aktivitas Grooming

Dilansir dari National Geographic, lidah kucing bekerja layaknya sisir pintar berkat keberadaan papila.

Papila dapat membantu mengirimkan sejumlah besar saliva dari mulut ke bulu, sehingga kucing dapat menurunkan suhu tubuhnya sekaligus merapikan bulu.

Bagi kucing yang termasuk hewan predator, kehadiran sisir pintar ini sangat penting.

Dikutip dari PBS, kucing dapat menghabiskan waktu untuk grooming selama lebih dari setengah jam bangunnya. 

Hal ini dilakukan dengan tujuan menghilangkan aroma atau bau, sehingga mangsa yang diburu tidak akan mencium baru dari mereka.

Digunakan Sebagai Indra Perasa

Fungsi lidah pada kucing juga sama seperti manusia, yakni sebagai indra perasa. Dilansir dari artikel PetMD, sampai saat ini masih terjadi perdebatan di kalangan peneliti terkait kemampuan mengecap rasa.

Apakah benar kucing hanya mampu mengenali lima asa yakni umami, pahit, asam, asin dan manis, namun juga ada yang percaya bahwa kucing punya kecenderungan memilih rasa sendiri.

Informasi tentang kemampuan lidah kucing dalam mengenal rasa memang masih kurang. Hal ini akibat dari terbatasnya studi yang dilakukan, sebab kucing bukanlah subjek yang kooperatif,  

Mengambil Air Minum

Jika manusia bisa menyedot air minumnya menggunakan bibir, maka bagi kucing sangat sulit melakukannya.

Kucing diketahui punya bentuk mulut yang cenderung lebar di bagian tepi, sehingga air yang masuk akan langsung mengalir keluar.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka hewan ini memanfaatkan struktur papila dan lidahnya yang berbentuk seperti penyendok untuk mengambil air lalu menelannya.

Begitulah kira-kira cara mereka minum. Gerakannya memang cukup cepat, kira-kira empat kali per detik, makanya jarang disadari oleh manusia.

Pertahanan Diri

Biasanya kucing sering terlihat menjilat bagian-bagian tubuhnya yang penting, sebenarnya ini adalah bentuk dari pertahanan diri.

Hewan ini akan menghapus semua sisa makanan yang menempel dan merawat dirinya sendiri secara menyeluruh setelah makan dan berburu agar tak ada satupun jejak yang tertinggal.

Kucing memang rutin membersihkan dirinya untuk memastikan bahwa tidak ada binatang, parasit atau kotoran yang berkembang biak pada bulunya. 

Coba bayangkan kalau ada noda darah dari hewan mangsa di bulu kucing, kalau tinggal di rumah sih tidak masalah tapi misalnya mereka tinggal di alam liar? tentu akan menjadi sasaran empuk hewan predator.

Tidak Bisa Membedakan Rasa

Dibandingkan manusia, kucing memang punya saraf pengecap yang lebih sedikit. Karena hal tersebut, kucing jadi tidak bisa membedakan rasa.

Makanya mereka lebih suka makan daging yang punya rasa lemak dengan aroma khas. Jadi sebenarnya kamu tidak perlu membeli makanan dengan berbagai rasa, karena kucing tak dapat menikmatinya.

Mengetes Makanan Miliknya

Kucing tidak dapat mengecap rasa dengan baik, namun mereka akan mengetes makanan dengan lidahnya.

Sebenarnya apa sih maksud dari tindakan tersebut? Jawabannya adalah kucing merasakan suhu dan tekstur dari makanan.

Para cats lover pasti tahu bahwa hewan berbulu dan berkaki empat ini lebih suka makanan yang bertekstur empuk dengan suhu ruangan.

Mereka tidak akan mau makan makanan yang kamu berikan saat masih panas, terlalu keras, atau terasa dingin. Dasar, emang suka pilih-pilih makanan si kucing, nih.

Dari informasi di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pada hewan ini, lidah juga memiliki peranan penting untuk kehidupan.

Mulai dari membantu mengonsumsi makanan, membersihkan badan, hingga upaya bertahan hidup dari serangan predator.

Meskipun tampak biasa, ternyata ada banyak fakta menarik terkait fungsi lidah kucing ya, cat lovers. Kira-kira, fakta mana saja yang belum atau sudah diketahui, nih?

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: Seputar dunia binatang