Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

7 Fakta Tentang Kucing yang Mengejutkan, Mulai dari Usia Hingga Indra Perasa

Tingkah kucing terutama anak kucing memang lucu, apalagi sejumlah kucing ras juga mempunyai bentuk yang unik.


fakta tentang kucing

Kucing yang menggemaskan (Foto : Photogtapy by Ardi/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Apakah kamu salah satu pecinta kucing dan sedang memelihara hewan ini di rumah? Jika iya, pasti kamu sering memperhatikan tingkah lakunya yang lucu dan menggemaskan. Namun, apakah kamu juga tahu fakta tentang kucing?

Iklan

Kucing termasuk salah satu hewan yang paling banyak dipelihara manusia sejak dulu. Bahkan di beberapa negara di dunia, hewan ini dipercaya dapat memberikan keberuntungan, kekayaan, hingga kemakmuran bagi pemiliknya.

Menurut beberapa penelitian, memelihara kucing di rumah dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya meredakan stress.

Iklan

Untuk rasnya sendiri ada banyak mulai dari british shorthair, munchkin, scottish fold, anggora, persia, dan sebagainya.

Tingkah kucing terutama anak kucing memang lucu, apalagi sejumlah kucing ras juga mempunyai bentuk yang unik.

Iklan

Mereka cenderung lebih suka tidur dan bermalas-malasan seperti kaum rebahan. Nah, bagi kamu yang mengaku sebagai pecinta kucing, wajib mengetahui fakta-fakta yang mengejutkan dari hewan menggemaskan ini.  

Kucing Tidak Dapat Merasakan Manis

Setiap mamalia memang memiliki gen yang membuat mereka bisa merasakan rasa manis. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi ras kucing.

Kok bisa ya?

Penyebabnya diketahui berasal dari sel perasa kucing yang tidak berfungsi dengan baik. Untuk merasakan manis, hewan mamalia mempunyai reseptor bermana T1R2 dan T1R3 yang terletak di ujung sel perasa. Nah, kucing termasuk hewan yang tidak memiliki reseptor ini.  

Memiliki Umur Umur Panjang

Sama halnya dengan makhluk hidup lain, kucing juga mempunyai umur maksimal dalam hidupnya.

Beberapa ras kucing memang bisa hidup lebih panjang, meskipun rata-rata usia hewan ini hanya dapat mencapai 15 tahun saja.

Dilansir dari The Spruce Perts, kita dapat memaksimalkan umur kucing dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur, melakukan olahraga yang cukup, serta memberikan nutrisi berkualitas.

Namun semua ahli sepakat bahwa kucing yang hidup di dalam ruangan akan memiliki umur yang panjang.

Di Austin, Texas, Amerika Serikat, ada kucing bernama Crème Puff yang mencatat sejarah sebagai kucing tertua di dunia karena dapat hidup selama 38 tahun lebih 3 hari.

Kucing ini diketahui sudah hidup dari tahun 1967 sampai tahun 2005. Usut punya usut, pemilik Crème Puff telah merawatnya dengan baik.

Ia dapat berumur panjang karena diberi makan brokoli, asparagus, telur, dan daging asap yang memiliki nutrisi tinggi. Punya kucing yang berumur panjang mungkin jadi keinginan semua pemilik kucing.

Telinga Kucing Dapat Berputar 180 Derajat

Kucing punya telinga berbentuk lancip yang memanjang ke atas. Uniknya, kedua telinga kucing dapat berputar hingga 180 derajat, lho.

Kamu pasti sudah menyadari fakta ini jika sering memperhatikan tingkah laku mereka. Dilansir dari Catster, kemampuan tersebut disebabkan oleh adanya 32 jaringan otot yang mengendalikan telinga.

Dalam kondisi tertentu, kucing akan menggerakkan telinga ke sumber suara yang didengar tanpa perlu menoleh sampai jarak 30 meter.  Inilah yang membuat hewan berbulu ini disebut sebagai pemburu yang hebat.

Dapat Bermimpi Saat Tidur

Pernah melihat kucing kedutan atau kejang saat tidur? Sama seperti manusia, ternyata hewan ini juga  bisa bermimpi, lho.

Penyebab mereka mengalami mimpi adalah fase Rapid Eye Movement (REM). Jika kamu melihat kucing melengkungkan punggung saat tidur, tandanya mereka sedang berkelahi atau mengintai mangsa dalam mimpinya.

Dan jika kucing mengangkat kepala saat tidur, itu tandanya mereka sedang melihat benda-benda yang tak terlihat. Tak jarang hewan ini juga mengigau akibat dari mimpinya tersebut. 

Bisa Mendengkur atau Ngorok

Kucing bisa mendengkur bila merasa sakit atau takut. Kondisi ini disebabkan oleh sinyal yang merangsang pita suara kucing untuk bergetar ketika mengeluarkan napas sehingga menghasilkan suara mendengkur selama inhalasi dan ekshalasi.

Ada beberapa alasan lain kenapa kucing mendengkur, seperti saat berada di situasi nyaman, memenangkan diri, hingga membimbing anaknya yang baru lahir.

Lebih Banyak menghabiskan Waktu untuk Tidur

Hewan yang paling hobi tidur adalah kucing. Bahkan per hari mereka dapat menghabiskan waktu selama 15-20 jam untuk tidur.

Meskipun fakta ini sudah diketahui banyak orang, namun belum semua tahu alasan kenapa kucing sering terlihat bermalas-malasan.

Alasan kucing bisa tidur hingga belasan jam adalah karena mereka memastikan untuk memiliki tenaga yang cukup saat beraktivitas atau mencari makan dengan cara berburu.  

Kucing Bisa Berkeringat

Saat suhu sedang panas, kucing akan mengeluarkan keringat melalui cakarnya. Kamu dapat memperhatikan bagian telapak kaki dan cakar kucing yang basah karena keringat.

Hanya saja mereka akan lebih sering mencari tempat teduh saat perlu mendinginkan diri karena keringat yang keluar tidak terlalu banyak.

Nah, itulah 7 fakta tentang kucing yang mungkin akan membuat kamu terkejut. Selain beberapa fakta yang kami sampaikan tadi, tidak menutup kemungkinan masih ada banyak hal unik lainnya yang belum kita ketahui dari hewan tersebut. Namun hal itulah yang membuat kita semakin menyayanginya.   

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: fakta menarik mengenai kucing