Penulis: Dina Meidiana

7 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja: Biar Bos nggak Marah-marah

Tapi, kalau ditahan terus juga yang ada makin ngantuk

the Monkey Times – Kalau kamu bekerja kantoran, ada saat-saat di mana kamu butuh cara menghilangkan ngantuk saat kerja, apalagi ketika deadline menghantui.

Nah supaya kerjaan kamu tetap lancar, dan badan kamu segar, di artikel ini kami akan ngasih tahu cara-cara sederhana supaya kamu nggak lagi ngantuk ketika sedang bekerja keras di kantor.

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja 

Karena kita mempunyai tanggung jawab ketika di kantor, maka jelas mengantuk bukan jadi alasan pekerjaan tidak selesai.

Tapi, jika dilanda rasa kantuk, sudah pasti seluruh pekerjaan akan terhambat. Ada beberapa cara yang bisa membantu kamu biar tidak mengantuk selama jam kantor. Berikut ini adalah caranya: 

Minum kopi 

Sudah pasti cara pertama adalah dengan minum kopi yang sudah menjadi sahabat masyarakat yang ingin menghilangkan rasa kantuk.

Kamu juga tahu dengan pasti bahwa dalam kopi terdapat kandungan kafein yang bisa mencegah rasa kantuk muncul. 

Tidak ada salahnya kamu minum kopi untuk membantu tetap dalam keadaan segar. Tapi, kamu juga harus memperhatikan takarannya, karena jika terlalu banyak juga tidak baik. Selain itu, sangat disarankan untuk meminum kopi yang tidak diberikan gula. 

Basuh muka dengan air dingin

Cuci muka bisa menjadi cara yang tepat ketika rasa kantuk melanda di jam kantor. Pastikan air yang kamu gunakan untuk cuci muka bukan air hangat. Pilihlah air dingin yang bisa membantu wajah kembali segar.

Kalau aku biasanya akan menikmati percikan air dingin yang mengenai wajahku. Cara yang satu ini juga terbilang sangat ampuh sekali untuk menghilangkan kantuk. 

Tidur sebentar saat jam istirahat 

Apabila masih ada sisa waktu di jam istirahat, cobalah untuk memejamkan atau tidur sejenak.

Cara ini juga akan sangat membantu agar rasa kantuk cepat hilang. Tapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin tidur disaat jam istirahat. Sebisa mungkin jangan langsung memilih tidur sehabis makan siang. 

Tunggulah sekitar 30 menit, kemudian kamu bisa menikmati sisa waktu istirahat dengan tidur sebentar.

Jangan lupa pasang alarm biar kamu bisa bangun di waktu yang tepat. Jangan sampai kamu masih tidur ketika jam kerja dimulai kembali. Bisa jadi penilaian buruk dari atasan. 

Jangan duduk terus

Nah, cara yang satu ini sendiri sering aku lakukan, yaitu aku akan beranjak dari tempat duduk sebentar.

Biasanya aku akan berjalan-jalan terlebih dahulu, entah ke halaman kantor atau hanya sekedar berdiri sebentar dan melakukan peregangan. Cara ini cukup bisa membuat rasa kantuk cepat hilang karena aliran darah kembali lancar.

Dengarkan musik 

Kamu juga bisa mendengarkan musik dan lagu yang sekiranya bisa mencegah rasa kantuk terus datang.

Misalnya adalah musik-musik yang ceria dan beat menyenangkan. Cara yang satu ini cukup ampuh bagiku.

Biasanya aku akan membuka aplikasi Spotify dan mulai mendengarkan berbagai macam lagu yang ada dalam playlistku. Tentu saja, aku akan pakai earphone agar tidak mengganggu orang kantor lain. 

Jangan makan karbohidrat kebanyakan 

Salah satu cara agar kamu dapat menghilangkan rasa kantuk ketika di kantor adalah dengan memperhatikan menu makan siang.

Sebagai orang Indonesia sudah pasti akan makan nasi yang mana itu adalah karbohidrat. Ketika kebanyakan konsumsi karbohidrat saat makan siang, maka akan timbul rasa kantuk. 

Lebih makan saja secukupnya jangan sampai terlalu kenyang. Pilihlah menu seperti sayur dan buah yang terbukti bisa membuat badan menjadi lebih segar dibandingkan dengan makan nasi banyak-banyak. Karena yang terpenting adalah kamu bisa terus produktif dan pekerjaan bisa selesai tepat waktu.

Minum air putih yang cukup 

Perlu kamu ketahui bahwa kekurangan asupan air putih bisa menyebabkan kantuk hebat. Hal ini sendiri karena tubuh mengalami dehidrasi dan secara otomatis otak akan kehilangan fokus kemudian membuat kamu mengantuk. 

Minum air putih dalam porsi yang seharusnya akan mencegah tubuh mengalami kekurangan cairan.

Selain itu, karena sering minum sudah pasti kamu akan sering ke toilet untuk buang air kecil. Hal ini tentu saja akan menghilangkan kantuk secara perlahan dan akhirnya kamu bisa kembali fokus kerja. 

Itulah beberapa tips hindari ngantuk saat kerja. Jika kamu tidak ingin kondisi ini terjadi setiap hari, maka lebih baik mulai atur waktu tidur agar mendapatkan istirahat yang cukup. Jangan sering begadang dan biasakan sarapan agar tubuh mendapatkan energi yang dibutuhkan.