Vaksin Janssen: 500,000 Dosis untuk 1 Kali Suntik tiba di Indonesia

Vaksin Jannsen cukup digunakan sekali suntik, dan ditujukan untuk subjek berusia 18 tahun ke atas.


ilustrasi vaksin janssen

Ilustrasi botol vaksin. (Foto: istimewa)


Oleh: Berita

Diterbitkan:

the Monkey Times – Sejumlah 500,000 dosis vaksin Janssen dalam bentuk jadi, yang diproduksi Johnson & Johnson, tiba di Indonesia melalui bandara Soekarno Hatta, hari ini (Sabtu 11/09/2021).

Kedatangan Janssen merupakan hasil dari kerjasama bilateral antara pemerintah Indonesia dan Belanda. Sebelumnya Indonesia sudah menerima 657,000 dosis vaksin Astra Zeneca dari Belanda.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menyebut kedatangan vaksin Astra Zeneca maupun Janssen merupakan bagian dari komitmen dose-sharing dari Belanda, yang nantinya akan mencapai total 3 juta dosis.

Vaksin Janssen merupakan jenis yang dikembangkan Janssen Pharmaceutical Companies dengan platform Non-Replicating Viral Vector menggunakan vector Adenovirus (Ad26).

Mendukung percepatan program vaksinasi nasional

Sementara itu Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengaku optimis dengan kedatangan Janssen hari ini. Dia yakin tambahan 500,000 dosis vaksin Janssen dalam bentuk jadi bisa mendukung upaya percepatan vaksinasi untuk 280 juta rakyat Indonesia.

“Dengan kedatangan dua vaksin ini, pemerintah optimis dapat mempercepat laju vaksinasi, dan harapannya bulan ini kita dapat mencapai dua juta dosis vaksin per hari,” kata Dante dalam pernyataannya di konferensi pers virtual yang diadakan Sabtu.

Dante menyebut Indonesia sudah memiliki stok vaksin lebih dari 232 juta dosis, baik dalam bentuk jadi maupun dalam bentuk bahan baku.

Sudah mendapat izin darurat BPOM

Vaksin Janssen sudah mendapat izin pemakaian darurat dari BPOM pada Selasa kemarin (07/09/2021). Izin penggunaan vaksin Janssen diperbolehkan untuk kalangan berusia 18 tahun ke atas, dengan metode pemberian sekali suntik sebanyak 0.5 ml.

Dari segi efektifitas, Janssen mampu mencegah semua gejala COVID-19 dengan tingkat efikasi mencapai 67,2 persen.

Lebih jauh lagi, vaksin yang sama juga mampu mencegah gejala COVID-19 sedang sampai berat dengan tingkat efikasi mencapai 66,1 persen untuk pasien berusia di atas 18 tahun.

Baca Juga:  JLR akan memperkenalkan new Range Rover dan mobil Elektrik XJ
Temukan artikel menarik lainnya di topik: baca berita, berita hari ini, vaksinasi Covid 19

Atau baca artikel lain yang ditulis: Berita



Slide
Infografis jumlah bus listrik di seluruh dunia
Slide
Infografis vespa matik di Indonesia
Slide
Infografis kencan di era pandemi
Slide
melek finansial
Slide
infografis waralaba
Slide
infografis-jaga-kesehatan-saat-banjir
Slide
Infografis aktor Philip Seymour Hoffman
Slide
Infografis estetika film Paul Anderson
previous arrow
next arrow


Rekomendasi Artikel


Cara Sinema Sport Wisata Sosial