5 Rekomendasi Lem Sepatu Terbaik, Kuat dan Tahan Lama

Tidak hanya kuat dan daya rekatnya bagus, tapi tidak menguning dan mengganggu penampilan sepatu Anda penting untuk diperhatikan.


memilih lem sapatu

Penting untuk memperhatikan cara memilih lem sepatu (Foto : Getty Images lewat Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Sol sepatu tiba-tiba lepas saat Anda sedang jalan-jalan di mall? Tak sedikit orang yang mengalami kejadian memalukan dan dan bikin panik ini.

Supaya tidak bertelanjang kaki sampai rumah, Anda harus segera membeli alas kaki pengganti baru.

Namun setelah mendapatkan yang baru, jangan langsung membuang sepatu lama. Karena sol sepatu yang copot masih bisa diperbaiki dengan bantuan lem khusus.

Anda dapat merekatkan kembali alas kaki tersebut sehingga bisa dipakai kembali seperti sebelumnya.

Nah, untuk merekatkan sol sepatu atau sandal yang terlepas, dibutuhkan lem yang kuat dan tahan lama.

Kali ini kami akan merekomendasikan merk lem sepatu terbaik yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki sepatu atau sandal yang copot, sobek di bagian-bagian tertentu, atau yang terbuka solnya.

Jenis-jenis Lem Sepatu dan Cara Memilihnya.

Tidak dipungkiri kalau sepatu menjadi salah satu alas kaki yang dibutuhkan oleh wanita maupun pria.

Baik itu sepatu sandal, sepatu olahraga, sepatu kerja, sneakers, atau yang lainnya. Hanya saja sering terjadi kerusakan pada sepatu seperti sol yang terlepas atau sobek, tentu ini dapat merusak penampilan sempurna Anda.

Jika ada beberapa sepatu Anda yang tiba-tiba rusak padahal masih bagus, jangan langsung dibuang. Anda masih bisa memperbaikinya dengan lem sepatu yang akan kami rekomendasikan berikut ini.

Untuk itu Lem sepatu yang kuat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda saat ingin memperbaiki sol yang copot. Lalu, bagaimana cara memilihnya? Simak penjelasan berikut ini.

Mengetahui jenis-jenis lem sepatu

Lem sepatu dibedakan menjadi dua macam, yakni lem berpelarut solvent base dan berbahan pelarut air (water base).

Sloven base:

  • Acrylic solvent
  • Grafted
  • Chloroprene rubber
  • Polyurethane

Water base:

  • Styrene acrylic
  • Latex
  • Ethyl vinyl acetat
  • Polyvinylacetat
  • Polyurethane

Cara Memilih Lem Sepatu yang Kuat dan Bagus

Ada berbagai macam lem sepatu yang dapat digunakan sesuai jenis sepatu Anda. Nah, yang perlu diperhatikan adalah pemilihan lem sepatu yang sesuai dengan material dari sepatu tersebut.

Sebaiknya Anda juga memilih lem yang punya daya tahan yang bagus. Selain itu, ada beberapa cara memilih lem sepatu lainnya yang harus diperhatikan. Yakni sebagai berikut:

  • Perhatikan warna lem saat sudah mengering. Anda tentu tidak ingin warna lem tersebut mengganggu penampilan bukan. Ada baiknya memilih lem dengan warna transparan sehingga bisa digunakan untuk jenis sepatu apapun.
  • Lem sepatu harus punya daya rekat yang kuat dan tahan lama supaya kerusakan tersebut tidak terjadi lagi. Saat ini cukup banyak tersedia lem sepatu khusus yang daya rekatnya sangat kuat dan cepat kering. Tanyakan dulu hal ini sebelum Anda membeli di toko online maupun offline.
  • Bandingkan kelebihan dan kekurangan dari setiap merk.
Baca Juga:  Rekomendasi Jam Tangan Wanita yang Lagi Trend 2021

5 Rekomendasi Lem Sepatu Terkuat dan Anti Copot

Cobalah memperbaiki sepatu yang rusak dengan rekomendasi lem berikut ini. Kini sudah ada banyak lem sepatu bagus yang dijual dengan harga terjangkau.

Tidak hanya kuat dan daya rekatnya bagus, tapi tidak menguning dan mengganggu penampilan sepatu Anda. Berikut ini rekomendasinya.

  1. UHU Contact Liquid

Lem sepatu ini tidak hanya kuat tapi juga tahan air. Umumnya orang-orang mengenal merk UHU sebagai lem kertas, padahal sebenarnya ada jenis lem yang bisa digunakan untuk memperbaiki sol sepatu yang lepas atau sobek.

Untuk Anda yang bermasalah dengan sol sepatu, UHU Contact Liquid bisa digunakan untuk merekatkan kembali bagian yang terlepas dengan kuat dan sempurna.

  1. Gorilla Glue

Lem sepatu ini diimpor dari luar negeri, sehingga terjamin kualitas nya. Daya rekat Gorilla Glue sangat kuat, baik itu untuk merekatkan kembali sepatu dengan bahan kulit, plastik, karet, dan sebagainya. Harga Gorilla Glue cukup mahal, rata-rata dijual di pasar dengan harga 100 ribuan.

  1. Aibon 601 – 100 CC

Memiliki tekstur yang kental dan mudah diaplikasikan ulang jika terjadi kesalahan. Aibon 601 – 100 CC bisa menjadi pilihan yang tepat karena mudah menempel ke sepatu, tidak mudah tumpah sehingga tetap rapi saat diratakan.

Untuk daya kering sedikit lambat, tapi jangan remehkan ikatan lem ini setelah mengering.

  1. Shoe Goo

Sedang mencari lem yang bisa memperbaiki masalah sol yang robek dan berlubang? Shoe Goo sangat kami rekomendasikan untuk Anda yang mengalami permasalahan tersebut.

Sol yang lepas, robek, hingga bolong dapat kembali sempurna dengan lem ini. Daya ikatnya sangat kuat sehingga cocok untuk berbagai macam bahan sol.

  1. Loctite Super Glue Ultra Gel Control

Dengan menggunakan lem ini, sepatu tak akan terasa kaku. Produk Loctite Super Glue Ultra Gel Control punya tekstur seperti gel, mengandung formula khusus sehingga dapat menghasilkan lem sepatu yang tidak kaku dan nyaman digunakan. Daya ikatnya juga tidak main-main, tahan benturan, guncangan, dan sebagainya.

Itulah beberapa rekomendasi lem sepatu terbaik serta cara memilih produk yang tepat.

Meskipun tampak sepele, namun ternyata alat ini sangat dibutuhkan bagi Anda yang sedang mengalami masalah seperti sol sepatu terlepas.

Temukan artikel menarik lainnya di topik: panduan belanja, Rekomendasi lem sepatu

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru