Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

5 Masker Alami untuk Wajah Glowing, Coba Sekarang Yuk

Jika kamu termasuk yang memilih kulit wajah sensitif, akan lebih aman jika menggunakan face mask yang terbuat dari bahan-bahan alami.


masker alami untuk wajah glowing

Ilustrasi masker wajah (Foto : Shinny Diamond/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Bagi seorang wanita, mempunyai wajah yang cerah dan bersinar adalah impian. Tak heran jika banyak sekali perawatan yang dilakukan untuk memiliki wajah glowing, salah satunya adalah menggunakan masker wajah.

Iklan

Banyak sekali produk-produk kecantikan yang menjual face mask, tapi tidak selalu cocok untuk kulit. Terlebih bagi yang terlalu sensitif. 

Jika kamu termasuk yang memilih kulit wajah sensitif, akan lebih aman jika menggunakan face mask yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Iklan

Kamu pun bisa membuat sendiri masker wajah di rumah. Untuk mengetahui bahan-bahan apa saja yang bisa dibuat menjadi face mask, ikuti terus pembahasannya berikut ini, ya. 

Masker Alami untuk Wajah Glowing dan Cara Membuatnya 

Banyak sekali bahan alami yang sering kamu konsumsi bisa menjadi masker wajah. Kandungan yang ada dalam bahan alami tidak kalah dengan masker wajah yang dijual oleh brand kecantikan.

Iklan

Jika kamu ingin menggunakan bahan alami, berikut ini penjelasan serta cara membuatnya: 

Alpukat 

Bahan alami pertama yang bisa kamu gunakan untuk menjadi masker wajah. Alpukat mempunyai kandungan lemak yang mampu menyehatkan kulit.

Lemak sehat ini juga cocok bagi kamu yang mempunyai kulit kering. Untuk membuat masker dari alpukat, berikut ini adalah caranya: 

  • Pilih buah alpukat yang masih bagus. 
  • Belah alpukat dan ambil dagingnya saja dengan menggunakan sendok. 
  • Kemudian hancurkan daging buah alpukat, bisa pakai sendok atau blender hingga halus. Tambahkan air sedikit jika diperlukan. 
  • Bila sudah halus, kamu bisa langsung mengoleskan ke wajah secara merata. 
  • Tunggu hingga masker kering dan kemudian bilaslah dengan air bersih. 

Madu dan susu 

Minum susu dengan madu memang sangat nikmat, tapi kamu bisa menggunakan dua kombinasi ini untuk dijadikan masker wajah.

Susu mampu membuat kulit wajah terlihat semakin cerah, putih dan lembut. Sedangkan madu bisa dijadikan bahan pelembab alami serta dapat mengangkat sel kulit mati. Untuk membuat masker dari kedua bahan ini, berikut ini adalah caranya: 

  • Campur dua sendok makan susu murni yang sudah dihangatkan dengan dua sendok makan madu
  • Apabila sudah tercampur, oleskan pada kulit wajah secara merata dengan menggunakan kapas wajah atau cotton ball. 
  • Tunggu selama 15 menit hingga 20 menit sampai masker kering. 
  • Lalu bilas wajah dengan menggunakan air hangat dan keringkan pakai handuk bersih. 

Putih telur 

Kamu juga bisa menggunakan putih telur untuk dijadikan masker wajah. Putih telur mengandung protein yang sangat tinggi, sehingga mampu membantu kulit beregenerasi dengan cepat.

Alhasil sel kulit mati yang menyebabkan wajah kusam pun akan terangkat. Untuk menggunakan masker putih telur pun caranya sangat mudah, yaitu: 

  • Ambil satu butir telur ayam. 
  • Pisahkan kuningan dan putihannya. 
  • Oleskan putih telur ke seluruh area wajah. 
  • Tunggulah hingga masker putih telur mengering, kemudian bersihkan dengan menggunakan air bersih. 

Pisang 

Kita tahu bahwa pisang adalah buah yang sangat baik untuk pencernaan. Tapi, nyatanya pisang juga bisa menjadi masker wajah.

Pisang mampu membuat wajah menjadi lembut dan cerah. Untuk membuat masker dari buah pisang di rumah sangatlah mudah, ikuti cara berikut ini: 

  • Pilih pisang yang sudah matang, tidak masalah apa jenisnya. Kemudian haluskan. 
  • Tambahkan madu dan susu secukupnya lalu aduk sampai rata. 
  • Jika sudah, oleskan masker pisang ke seluruh wajah. 
  • Tunggu 15 menit hingga 20 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih menggunakan air hangat. 

Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat menggunakan masker dari pisang ini seminggu 2 kali. Jika kamu rutin menggunakan masker pisang, maka kulit wajah akan terlihat berbeda terasa sangat lembut dan kenyal. 

Bubuk coklat dan minyak kelapa 

Kalau biasanya kita menggunakan bubuk coklat untuk dijadikan minuman atau bahan campuran pada kue, tapi ternyata bubuk coklat bisa dimanfaatkan untuk masker wajah. Pada bubuk coklat terkandung zat teofilin dan teobromin. 

Kedua kandungan tersebut mampu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah, sehingga peremajaan kulit bisa berjalan dengan cepat.

Selain itu, minyak kelapa dapat dijadikan sebagai pelembab alami yang membuat kulit semakin cerah. Untuk menggunakan kedua bahan ini pun sangatlah mudah, yaitu: 

  • Campurkan 1 sdm bubuk coklat dan 1 sdt minyak kelapa. 
  • Bila sudah tercampur dengan rata, oleskan pada seluruh bagian kulit wajah. 
  • Tunggulah sekitar 20 menit sampai masker meresap. 
  • Kemudian, bilaslah wajah dengan menggunakan air hangat. Kamu juga bisa membilas wajah menggunakan teh Chamomile yang sudah didinginkan agar hasilnya semakin maksimal. 

Demikianlah beberapa penjelasan tentang masker wajah dari bahan alami yang bisa kamu buat di rumah.

Untuk mendaparkan manfaat terbaik dari masker alami untuk wajah glowing kamu juga harus mengatur pola makan dan sebisa mungkin menghindari stress, rokok serta minuman beralkohol. 

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: Perawatan wajah alami