Penulis: Ika Umi Hayati

5 Jenis Pelatihan Prakerja Terlaris dan Paling Mudah Dapat Sertifikat

Apabila berhasil lolos seleksi, para peserta berhak mendapat insentif uang tunai dan sertifikat dari mitra pelatihan.

the Monkey Times – Pada hari Kamis 16 September 2021, pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 21 resmi dibuka.

Ini merupakan program lanjutan dari pemerintah yang terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia, bagi Anda yang sudah memiliki akun dapat mendaftarkan diri dan mengikuti pelatihan yang disediakan.

Tapi sebelumnya, setiap peserta harus melalui proses seleksi terlebih dahulu yang diselenggarakan sesuai jadwal.

Apabila berhasil lolos seleksi, para peserta berhak mendapat insentif uang tunai dan sertifikat dari mitra pelatihan.

Uang intensif dapat digunakan untuk membiayai pelatihan yang diikuti, sedangkan sertifikat yang diberikan di akhir pelatihan dapat membantu para peserta lebih mudah melamar pekerjaan.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi pelatihan prakerja termudah dan bisa dapat sertifikat. Silahkan disimak informasinya.

Contoh Pelatihan Prakerja

Pelatihan prakerja menawarkan banyak sekali topik pelatihan di berbagai bidang, mulai dari marketing, teknologi informasi, sampai bahasa.

Dengan pilihan pelatihan yang beragam, peserta prakerja bisa memilih satu yang paling sesuai dengan minatnya.

Ambil contoh misalnya kalau kamu berminat mengambil pelatihan prakerja di bidang marketing, contoh kursus pelatihan prakerja yang bisa diikuti adalah sebagai berikut:

  • Strategi Marketing Bisnis Usaha Kecil dan Menengah
  • 2 jam Paham Digital Marketing
  • Belajar IG & FB Ads

Atau kalau kamu berminat menguasai lebih banyak bahasa, kamu bisa mengambil pelatihan prakerja seperti berikut:

  • Bahasa Mandarin untuk Pemula
  • Belajar Bahasa Jepang Dasar
  • Belajar Percakapan Bahasa Inggris

Rekomendasi Pelatihan prakerja yang Mudah Diikuti

Topik pelatihan prakerja yang mudah dibedakan berdasarkan materi dan kebutuhan. Dengan kata lain, topik yang ditawarkan pada dasarnya merupakan kelas belajar yang membantu para peserta memahami kebutuhan dunia kerja masa kini sehingga mereka dapat mengembangkan potensi diri dan siap bersaing di pasar tenaga kerja.

Pastinya selama pelatihan para peserta akan dibimbing oleh instruktur yang kredibel dan berpengalaman di bidangnya, dengan demikian hasil yang diperoleh akan lebih maksimal.

Para peserta juga akan menerima sertifikat setelah selesai kelas pelatihan, dimana sertifikat ini akan digunakan sebagai syarat mencairkan insentif. Selain itu, sertifikat prakerja juga dapat memudahkan peserta dalam mendapat pekerjaan baru.

Namun sebelumnya, Anda harus mengikuti kelas pelatihan yang disediakan oleh mitra resmi pemerintah. Nah berikut daftar kelas dan topik pelatihan prakerja yang mudah lolos:

Spesialis Pemasaran SEO dan Website

Menjadi spesialis pemasaran online dengan mempelajari cara menerapkan SEO pada website.

Para peserta akan diajarkan segala hal tentang pengetahuan, sikap, serta keterampilan seorang spesialis pemasaran SEO.

Perlu diketahui, dalam beberapa tahun terakhir bidang pekerjaan ini semakin banyak dibutuhkan perusahaan, sehingga ini menjadi peluang besar untuk para peserta prakerja dalam meningkatkan keterampilan diri di bidang tersebut. Jadi, siapa saja dapat sukses berkarir sebagai spesialis pemasaran SEO dan website.

Desainer Website E-Commerce

Kelas pelatihan desainer website E-Commerce punya banyak manfaat bagi para peserta yang ingin mencoba terjun di dunia bisnis digital seperti saat ini.

Atau peserta juga dapat berkarir sebagai desainer website setelah lulus pelatihan. Siapa saja bisa ikut kelas pelatihan desainer website E-commerce, tanpa harus memiliki latar belakang kemampuan IT.

Bahkan kelas ini terbuka untuk para peserta dari lulusan SMK, SMA, maupun fresh graduate S1.

Kelas ini akan mengajarkan pengetahuan, sikap, serta keterampilan yang harus dimiliki desainer website E-commerce.

Wirausaha dan manajemen Bisnis

Para peserta pelatihan dapat belajar memulai usaha dari nol di kelas ini, mengetahui kunci menjadi pengusaha sukses, membnagun brand dan menciptakan keunikan bisnis, mengembangkan bisnis kreatif di era ekonomi digital, manajemen dalam membangun bisnis di saat kritis, serta menyusun strategi untuk bersaing dengan para kompetitor.

Pelatihan akan disediakan dalam bentuk video pembelajaran yang menarik dengan sangat lengkap, sehingga membantu para peserta yang baru belajar berwirausaha.

Perencanaan Keuangan

Kelas pelatihan ini tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri tapi juga usaha Anda. Dengan mengikuti perencanaan keuangan, para peserta dapat membuat strategi dalam mencapai tujuan hidup.

Hal penting lainnya adalah dapat membentuk dan melindungi masa depan yang lebih baik.

Perencanaan keuangan sangat penting untuk masa depan bisnis karena dapat memantau sumber penghasilan dengan tepat, mengetahui pertumbuhan arus kas, menciptakan aset, serta membantu memilih investasi yang penting bagi masa depan.

Anda yang punya pengetahuan perencanaan keuangan yang baik dapat mempersiapkan diri dari inflasi serta meriah tujuan jangka panjang dalam kehidupan.

Spesialis Periklanan Facebook, Instagram, Google dan lain-lain

Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari kelas pelatihan prakerja. Salah satunya itu adalah tentang dunia periklanan digital yang saat ini banyak digunakan perusahaan dalam memasarkan produk atau jasanya.

Nah, para peserta prakerja dapat mengambil peluang tersebut dengan mengikuti kelas pelatihan spesialis periklanan.

Selama belajar, para peserta dapat mengetahui cara mengiklankan produk atau jasa sesuai target di platform sosial media dan search engine.

Teknik ini dapat mendatangkan pengunjung sehingga dapat menciptakan konversi penjualan yang lebih baik. Sangat bermanfaat bagi perusahaan tempat bekerja dan bisnis Anda sendiri.

Bagaimana Cara Mengikuti Program Kartu Prakerja?

  • Memenuhi persyaratan yang diminta, seperti sudah berusia 18 tahun dan bukan pejabat negara, ASN, prajurit TNI, pimpinan dan anggota DPRD, kepala desa, perangkat desa, direksi/komisaris.dewan pengawas BUMN.
  • Melakukan pendaftaran di situs Prakerja.go.id
  • Mengikuti seleksi tes motivasi dan kemampuan dasar.
  • Menunggu pengumuman hasil seleksi.
  • Memilih pelatihan di salah satu mitra prakerja.
  • Mengikuti pelatihan yang disediakan hingga akhir.
  • Mendapatkan sertifikat.
  • Menerima intensif pasca pelatihan prakerja.

Itulah rekomendasi pelatihan prakerja terlaris dan paling mudah dapat sertifikat. Kami juga sudah menyampaikan informasi tentang cara mengikuti program kartu pelatihan prakerja yang mudah diikuti. Semoga bermanfaat dan semoga Anda lolos seleksi.