5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Selama PSBB

Yuk kita sama-sama jaga kesehatan dan jiwa waras kita selama PPSB.


PSBB Social Distancing
Oleh: Kaisar
Diterbitkan:

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai diberlakukan di sejumlah daerah. Apa aja sih hal-hal yang bisa kita lakukan selama PSBB, biar kita nggak gampang bete’ gitu.

  • Jakarta sudah menetapkan PSBB mulai Jumat (10/04).
  • Bogor, Depok, dan Bekasi sepertinya bakal nyusul, soalnya Menkes Terawan udah menyetujui permintaan kepala daerah masing-masing.
  • Gerak kita dibatesin selama PSBB, meski bukan berarti kita nggak bisa kemana-mana.

tmtimes.idCOVID-19 memang bikin kita semua merasa bosen terus. Bayangin aja. Nyetel televisi udah pasti beritanya COVID-19 terus.

Mau kemana-mana juga nyokap & bokap bakalan ngelarang. Mau nyamperin siapa juga?

Tapi kita kaya’nya kudu ngambil hikmahnya juga.

Kita yang kena jatah kerja dari rumah nih, misalnya, jadi punya banyak waktu buat lebih deket sama orang tua.

Kan kebanyakan dari kita sebelum pandemi COVID-19 selalu sok sibuk tuh, sampe hampir hampir cuek sama orang tua kita sendiri.

Belum lagi kalau kita ngambil hikmah lain, misalnya: kita jadi punya waktu buat ningkatin kemampuan pribadi.

Apa aja boleh. Mau itu kemampuan ngaji, kemampuan main suling, kemampuan Bahasa Inggris.

Apapun yang berguna buat hidup kita.

Emang apa yang bisa kita lakukan selama PSBB?

Berhubung kita semua lagi di rumah gara-gara pandemi. Nih kami kasih tahu 5 hal yang bisa kamu lakukan selama masa PSBB.

Nggak pulang kampung

Baru-baru ini Bangkalan, Madura, menerima kasus pertama Corona.

Seorang warga yang tinggal di Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan, dinyatakan positif COVID-19.

Disebutin juga bahwa pasien itu merupakan perantau yang balik dari Jakarta.

Apa sih yang bisa kita pelajarin dari kasus Bangkalan itu?

Yak. Bener banget. Mending nggak usah pulang kampung. Ini penting karena musim udah mau deket-deket lebaran ya kan.

Terus kebanyakan dari kita mungkin nggak bisa ninggalin tradisi mudik ke kampung halaman.

Nah, karena situasi masih nggak pasti, mending itu keinginan mudik ditunda dulu deh. Terutama buat yang tinggal di Jabodetabek.

Ingat bahwa kita tinggal di episentrum penyakit. Daripada kita mudik dengan membawa resiko gede banget, mending anteng dah tuh di rumah.

Sering-sering minum jamu

Di saat pandemi kaya’ begini, penting juga buat kita ningkatin imunitas tubuh.

Makan teratur. Cukup istirahat. Plus olahraga ringan di rumah udah cukup banget.

Baca Juga:  Siapa Sangka, Masker Kopi Kapal Api Bisa untuk Memutihkan Wajah

Oh ya. Banyak kok jenis olahraga yang bisa kita lakuin di rumah. Contohnya di sini nih.

Terus, nggak ada salah juga buat bikin jamu sendiri di rumah. Indonesia ini kaya herbal yang udah turun-temurun digunakan nenek moyang kita. Jadi kenapa kita nggak manfaatin jamu herbal buat ningkatin daya tahan tubuh?

Ilustrasi jamu

Walau bukan berarti kita jadi kebal COVID-19, seenggaknya kita bisa lebih sehat ketika cuaca terus berubah. Apalagi sekarang ini lagi musim pancaroba.

Berikut resep jamu sederhana yang bisa kalian bikin di rumah:

Coba potong-potong kunyit, temulawak, kencur, jahe, dan serai dalam ukuran kecil. Kemudian rebus semua bahan jamu itu dengan air sampai mendidih. Saring airnya dan campurkan dengan madu.

Joss banget itu jamu buat diminum pas musim pancaroba kaya’ gini.

Oh ya. Sekalian kalian bisa belajar soal 6 bumbu dapur yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Nyoba meditasi ringan

Jangan sampai kita frustrasi karena pandemi. Dan sebaiknya kita juga jangan parno berlebihan, apalagi sampai cemas karena hal-hal yang nggak masuk akal.

Supaya kita nggak sampe begitu, ada baiknya mencoba meditasi sederhana selama 10 menit setiap hari.

Pertama-tama kalian bisa nyari waktu tenang dimana kalian bisa fokus.

Kedua, buka Youtube, cari musik relaksasi yang bikin pikiran adem.

Ketiga, mulai ambil posisi duduk paling nyaman. Kemudian tarik dan hembuskan nafas sambil menutup mata. Usahakan tetap fokus sama pernafasan ya!

Kalian bisa belajar teknik meditasi mindfullness di sini.

Hargai yang sering dibuang

Kadang saking sibuknya, kita sering lupa mengerjakan tindakan kecil.

Kita sering lupa menyayangi teman-teman kita. Kita sering lupa mensyukuri bahwa kita masih bisa bernafas dan main medsos. Dan seterusnya.

Nah, mumpung lagi PSBB nih. Coba latih diri supaya mulai menghargai kembali hal-hal yang sering kita buang atau kita lupakan.

Kalau kamu jarang bilang rindu ke pacar, misalnya, cobalah bilang dengan cara paling oke yang belum pernah kamu lakukan ke doi sebelumnya.

Kita kan nggak tahu kapan pandemi ini berakhir. Jadi rasanya lebih baik bila kita yang masih sehat-sehat ini berbahagia dan bersyukur untuk banyak hal. Ya nggak?

Belajar hal baru

Sekarang banyak banget kursus daring yang dibuka gratis. Jadi kamu bisa belajar banyak hal, mulai dari pemasaran digital, tetek bengek soal SEO, sampai belajar Bahasa Inggris.

Baca Juga:  Pengertian Sparkling Water Adalah, Manfaat, Serta Resikonya bagi Kesehatan Tubuh

Dalam kondisi PSBB, kita pasti bakal lebih banyak di rumah. Jadi nggak ada ruginya belajar hal-hal baru.

Yuk buka gawai kamu. Mulailah berburu kursus daring buat naikin skil.

Jadi daripada pikiran kita dipenuhi kecemasan akan masa depan, sebaiknya kita melakukan sesuatu yang positif terus menerus. Lebih baik kita persiapkan masa depan daripada bersedih karena kondisi kita sekarang.

Baca Juga: 


KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru