5 Hal Menarik dari Mazda CX-9 2020 Terbaru

Ini yang menarik dari Mazda CX-9, SUV berbadan bongsor yang kini ditawarkan dalam varian All-Wheel Drive (AWD).


Mazda CX-9 2020
Oleh: Roda
Diterbitkan:

Hari ini (03/04), Mazda mengumumkan perilisan Mazda CX-9, SUV berbadan bongsor yang kini ditawarkan dalam varian All-Wheel Drive (AWD).

Melalui informasi perilisan yang tayang di seluruh akun media sosial yang dikelola PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), selaku distributor resmi Mazda di Indonesia, mengumumkan CX-9 kini ditawarkan dalam dua versi.

Versi yang pertama adalah SUV CX-9 dengan penggerak roda depan (2WD). Versi kedua adalah AWD.

Yang menarik dari Mazda CX-9

Cukupkah bila kita menyebut varian AWD sebagai satu-satunya hal menarik yang bisa dilihat dari sebuah Mazda CX-9? Nggak juga kok.

Ini dia 5 hal menarik dari Mazda CX-9 2020 yang pastinya bakal membuat Anda jatuh cinta.

1. Fitur i-Activ All-Wheel Drive 

Secara umum sebuah mobil dengan sistem AWD sewajarnya bekerja dengan cara memberikan tenaga pada keempat ban mobil setiap waktu.

Nah, prinsip ini kemudian berubah, seiring dengan tambahan varian AWD, yakni full-time AWD dan part-time AWD. Pada sistem full-time, sistem bekerja normal selayaknya AWD biasa.

Namun pada sistem part-time AWD, tenaga biasanya hanya diberikan kepada roda depan atau roda belakang. Sistem baru bekerja secara full-time AWD ketika dibutuhkan, misalnya dalam kondisi jalanan licin atau pada kondisi off-road.

Sistem AWD pada Mazda CX-9 bekerja dengan cara part-time. Menurut Head of Department Public Relations and Media Communications PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Fedy Dwi Parileksono, sebagaimana dikutip Oto Driver:

Fitur AWD dalam kondisi normal bergerak secara front wheel drive. Jadi traksi hanya akan berubah ketika kondisi memang menuntut sistem untuk berada dalam mode AWD penuh.

Untuk mengatur kinerja sistem AWD tersebut, Mazda CX-9 memiliki fitur yang disebut i-Activ AWD. Nah, sistem ini keren banget karena bisa membaca pergerakan roda mobil secara otomatis.

2. Mesin dengan turbo

Mazda CX-9 hadir dengan mesin bensin 4 silinder berkapasitas 2.500cc. Bukan cuma kapasitas mesinnya yang besar, namun Mazda juga membenamkan turbo ke dalam mesinnya itu.

Oh ya, jangan lupa bahwa Mazda membenamkan mesin tipe SKYACTIV-G ke dalam Mazda CX-9. Secara teori, mesin yang digunakan Mazda tergolong besar untuk sebuah SUV. Dan karenanya ada dugaan CX-9 tergolong boros dari segi konsumsi bahan bakar.

Tapi dilihat dari sejarah dan kemampuan Mazda, mereka hampir tidak pernah gagal merakit mobil dengan mesin besar dan turbo raksasa, namun tetap efisien dari segi konsumsi BBM.

Baca Juga:  Fakta Toyota Corona Terlengkap yang Penting Diketahui Pada 2020

Apakah hal serupa bisa kita nikmati juga dari Mazda CX-9?

3. Dua varian Mazda CX-9

Di laman resmi Mazda Indonesia, varian CX-9 dijual dalam dua jenis, yakni 2WD dan AWD. Harga Mazda CX-9 2WD adalah Rp849,900,000. Sedangkan harga Mazda CX-9 AWD adalah Rp954,900,000.

4. Sistem hiburan yang lebih mumpuni

Dengan rentang harga yang terjangkau di kelasnya, Mazda CX-9 bolehlah disebut sebagai SUV premium.

Sisi premium tersebut terlihat jelas kalau kita membahas Mazda CX-9 interior. Di bagian kabin, misalnya, Mazda membenamkan 12 speaker dan 1 sub-woofer besutan BOSE. Selain itu ada peningkatan besar layar sentuh MZD Connet Infotaintment System di bagian tengah yang kini berukuran 9-inch.

5. Warna merah yang khas

Mazda CX 9 2020 Merah
Mazda merah yang mencolok mata. Gambar lewat: Mazda Indonesia

Banyak yang bilang bahwa salah satu ciri khas Mazda yang paling menarik untuk diperhatikan ada pada bodi kendaraannya yang khas berwarna merah.

Warna merah yang ditawarkan Mazda memang bisa kamu nikmati di semua model kendaraan yang dijual Mazda di Indonesia, mulai dari tipe hatchback sampai estate.

Kalau berminat, kamu bahkan bisa melakukan personalisasi lebih untuk Mazda CX-9 supaya mobil itu benar-benar terlihat gue banget.

Merahnya Mazda memang sangat mencolok mata. Karenanya mobil itu gampang sekali menarik perhatian kita semua. Selamat datang the new Mazda CX-9!

Baca juga:

Toyota New Agya 2020: Kenapa Facelift lagi Sih?

Temukan artikel menarik lainnya di topik: kabar otomotif

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru