Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

4 Rekomendasi Lampu Tidur buat yang Susah Tidur

Kenapa mesti tidur dalam gelap, kalau bisa pakai lampu?


rekomendasi lampu tidur

Ilustrasi lampu terapi. (Foto: Santje09/Getty Images/Canva Pro)

Oleh: Mr. Deal
Diterbitkan:

the Monkey Times – Kadang ada saja momen di mana kita kesulitan tidur. Bisa jadi karena pikiran ini nggak mau diajak istirahat. Bisa jadi karena suasana hati yang kurang enak. Atau bisa jadi karena pengaturan ruang tidur yang kurang maksimal. Atau bisa jadi masalahnya sepele: kita cuma perlu membangun suasana kamar yang nyaman agar bisa tidur nyenyak.

Iklan

Tentu saja ada banyak cara yang bisa kita ambil supaya suasana kamar jadi nyaman dan enak untuk ditur. Menambahkan lampu tidur di kamar bisa jadi salah satu opsi mudah yang bisa diambil.

Cahaya lampu bikin tidur lebih nyenyak

Sebagian besar dari kita terlanjur percaya bahwa tidur yang baik di malam hari adalah tidur dengan mematikan lampu kamar, membuat ruang tersebut gelap total.

Iklan

Kita cenderung percaya bahwa kondisi gelap total bisa membuat tidur lebih nyenyak. Well, setidaknya itu benar, dengan catatan irama tidur kita tidak terganggu, atau kita tidak mengalami gangguan tidur (sleep disorders).

Dalam artikel berjudul Can Light Therapy Improve Your Sleep?, laman Healthline menyebut terapi lampu bisa membantu orang yang mengalami masalah tidur yang terkait dengan gangguan ritme sirkadian (abnormal circadian rhythms).

Iklan

Gangguan ritme sirkadian biasanya cenderung dialami orang yang sering bekerja di shift malam, orang yang mengalami jet lag, orang yang cenderung tidur larut malam dan bangun lebih siang, orang dengan insomnia, atau orang yang sering tidur lebih awal namun terbangun pada dini hari.

Di titik itu, lampu tidur cenderung bisa mengatasi masalah tidur yang diakibatkan gangguan ritme sirkadian. Dengan memakai lampu tidur sebagai bagian dari terapi cahaya, orang yang mengalami gangguan ritme sirkadian.

Sebetulnya terapi cahaya bisa dilakukan sedini mungkin di waktu malam, dengan cara menempatkan lampu tidur sekitar 40 cm dari wajah, selama 30 menit hingga 2 jam. Kamu tidak perlu menatap langsung cahaya lampu, namun kamu diperbolehkan melakukan aktivitas lain seperti membaca, misalnya.

Tapi kamu harus ingat, mungkin kamu perlu melakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum mulai terapi cahaya untuk mengatasi gangguan ritme sirkadian. Ini perlu dilakukan untuk memastikan kamu menerapkan terapi cahaya sesuai anjuran medis.

Rekomendasi lampu tidur untuk atasi gangguan tidur

Kalau kamu mengalami masalah tidur yang diakibatkan gangguan ritme sirkadian, dan kamu sudah berkonsultasi ke dokter, sekarang saatnya kamu mencari produk lampu tidur yang sesuai dengan kebutuhan.

Mengutip Healthline kembali, kamu sebaiknya tidak membeli lampu tidur yang tidak memiliki filter cahaya ultraviolet, dengan intensitas LUX sebesar 10,000 hingga 20,000 LUX.

Selanjutnya, sebagian besar produk lampu tidur tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis. Mengutip Sleep Foundation, jenis lampu tidur yang paling umum adalah:

  • Lampu yang bentuknya menyerupai perangkat tablet
  • Lampu duduk
  • Lampu meja
  • Lampu dengan bentuk menyerupai jam alarm

Berdasarkan jenis-jenis di atas, setidaknya ada 5 rekomendasi lampu tidur untuk kebutuhan terapi gangguan tidur yang bisa kami sarankan di sini:

Circadian Optics Lumos Angelic Quart 

lampu tidur Circadian

Bentuknya mini, dan karena itu tidak makan banyak tempat di kamar kamu. Berdasarkan spesifikasi teknis produk, Circadian Optics Lumos Angelic Quart menyediakan tiga tingkat pengaturan cahaya.

Nilai LUX-nya pun cukup besar, yakni 10,000 LUX. Produsennya, Circadian Optics, mengkalim produknya itu sebagai lampu tidur yang tahan pemakaian sampai 50,000 jam, dan bebas dari pendaran cahaya ultraviolet.

Kekurangannya cuma tempat pembelian. Produk lampu tidur satu ini hanya bisa dibeli lewat Amazon dengan harga $49,9 (atau sekitar Rp 700-ribu bila dihitung berdasarkan kurs dollar hari ini).

Northern Light Technologies Boxelite NLT-BOX

Northern Light Technologies Boxelite NLT-BOX

Produk ini bentuknya menyerupai tablet, dengan ukuran lebar 15-inch. Produsennya menjanjikan produk lampu tidur untuk terapi, yang bebas sinar ultraviolet dan bebas glare.

Dari segi spesifikasi, Northern Light Technologies Boxelite NLT-BOX sanggup memancarkan cahaya hingga 10,000 LUX. Dan sama seperti Circadian Optics Lumos Angelic Quart, ini adalah produk impor. Kamu bisa membelinya di Amazon dengan harga $181.50 atau sekitar Rp 2,5 jutaan bila dihitung dengan kurs sekarang.

Theralite Aura Bright Light Therapy Lamp

Theralite Aura Bright Light Therapy Lamp

Lampu terapi satu ini mungkin bisa disalahpahami sebagai lampu belajar, karena memang dimensi dan bentuknya yang bisa dengan mudah diletakkan di meja kamar.

Kekurangannya hanya bobotnya yang tidak ringan (sekitar 1,8 kilogram), dan mungkin bisa dengan mudah jatuh ke lantai kalau pemiliknya tidak berhati-hati. Tapi di luar kekurangan ini, lampu tidur satu ini memenuhi kualifikasi sebagai lampu terapi, berkat LUX-nya yang mencapai 10,000 dan fitur anti glare-nya.

Di Amazon, Theralite Aura Bright Light Therapy Lamp dibanderol di harga $65,99 atau sekitar Rp 930-ribu.

BIOS Lighting Skyview Smart Table Lamp

BIOS Lighting Skyview Smart Table Lamp

Kekurangan lampu satu ini ada pada harganya yang relatif mahal ketimbang tiga produk yang sudah disebut sebelumnya. Di situs resminya, produk ini dijual di harga $750, atau sekitar Rp 10,5 juta bila dihitung dengan nilai tukar dollar hari ini.

Tapi kalau kamu memang membutuhkan lampu yang bentuknya unik dan enak dipandang, BIOS Lighting Skyview bisa memenuhi kriteria itu.

Kesimpulan

Semua produk lampu tidur yang direkomendasikan di atas dijual di luar negeri. Jadi agak sulit untuk menemukannya di pasar lokal.

Tapi percayalah, dengan spesifikasi dan fungsinya – yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan tidur – 4 produk lampu tidur di atas bisa kamu pertimbangkan untuk dimasukkan ke dalam daftar belanja perabotan rumah tangga.

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: panduan belanja