Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Topik: Panduan

4 Ide Dekorasi Lamaran Sederhana, Bisa Dicoba Sendiri

Biasanya acara ini dibuat di rumah perempuan, meskipun bisa dilakukan di tempat lain seperti restoran atau kafe.


dekorasi lamaran

Ilustrasi dekorasi lamaran (Foto : StockSnap/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Dekorasi bertujuan memperindah dan menambah nilai estetika pada suatu hal, bukan maksud mengubah.

Iklan

Sejak zaman dulu, kegiatan ini sudah dilakukan hampir semua orang, misalnya pada saat akan menyambut hari spesial seperti lamaran.

Dekorasi lamaran dapat membuat suasana proses lamaran semakin berkesan.  Biasanya acara ini dibuat di rumah perempuan, meskipun bisa dilakukan di tempat lain seperti restoran atau kafe.

Iklan

Bagi kamu tidak ingin mengeluarkan banyak uang, kamu dapat melakukan proses lamaran di rumah dengan lebih nyaman dan sakral.

Kamu juga bisa lebih leluasa berkreasi dengan tema dan dekorasi acara. Jika bingung menentukan, berikut kami punya beberapa referensi tema dekorasi acara lamaran sederhana namun kekinian.

Iklan

Sebelum masuk ke ide dekorasi, yuk cari tahu terlebih dahulu tentang segala persiapannya.

Persiapan Dalam Memilih Dekorasi Lamaran Sederhana di Rumah

Apa saja yang perlu dipersiapkan calon pengantin saat melakukan lamaran di rumah?

  1. Menentukan Tema

Ada banyak tema yang dapat kamu pilih untuk lamaran. Bisa menggunakan satu tema saja atau menggabungkan beberapa tema sekaligus asal menyelaraskannya dengan pakaian yang akan digunakan nanti.

Jangan sampai pakaian dengan tema hiasan lamaran tidak cocok, selain itu kamu juga harus memperhatikan luas tempat acara.

Ada beberapa dekorasi yang membutuhkan sedikit tempat dan ada yang banyak. Silahkan cek terlebih dahulu apakah luas ruangan yang dipakai nanti bisa masuk dengan tema dekorasi yang dipilih, ya.

  1. Sesuaikan dengan Budget

Usahakan untuk memilih tema sesuai dengan budget yang dimiliki. Umumnya orang-orang menggunakan bunga segar untuk hiasan dekorasi, namun untuk biaya tentu lebih mahal dari pada bunga plastik.

Jika ingin lebih hemat, kamu dapat menambah bahan dekorasi yang lebih murah seperti bunga kertas, balon, atau bahan lainnya.

Dengan begitu, kamu bisa mengalokasikan uang untuk hal-hal lain yang dibutuhkan dalam proses lamaran seperti pakaian, cincin pertunangan, makanan, dan sebagainya.  

  1. Dekorasi Sendiri atau Menggunakan Jasa Event Organizer (EO)

Salah satu keistimewaan dari menyesa jasa EO adalah skill organisasi mereka yang bagus dalam membuat timeline acara sampai ke dekorasi lamaran.

Kamu mungkin menginginkan sesuatu yang berbeda untuk hari spesial tersebut, namun bingung menentukan tema yang cocok.

Nah, pihak EO dapat membantu kamu merancang sebuah konsep dan tema, serta memberikan saran alternatif di hari lamaran nanti.

Menggunakan jasa EO juga pastinya akan lebih hemat waktu dan tenaga. Sedangkan jika memilih mendekorasinya sendiri, kamu harus meluangkan waktu untuk berbelanja keperluan dekorasi.

Namun hal ini cukup menguntungkan dari segi budget yang dikeluarkan lebih kecil daripada menyewa jasa EO. Silahkan bicarakan dengan pasangan sebelum memutuskannya.

Referensi Tema Dekorasi Lamaran Sederhana yang Kekinian

Berikut kami punya 5 ide hiasan buat lamaran atau tunangan sederhana yang bisa dibuat sendiri di rumah.

  1. Nuansa Eropa Klasik Nan Elegan

Dua kata kunci dalam tema lamaran ini adalah elegan dan mewah. Kamu bisa menggunakan perpaduan antara warna emas dan putih di backdrop untuk menampilkan kesan mewah.

Kemudian lengkapi dekorasi tersebut dengan rangkaian bunga di sekelilingnya. Untuk pakaian, kamu dan pasangan dapat menggunakan kemeja dan gaun putih yang senada dengan dekorasi tersebut.

Lalu tambahkan buket bunga mawar putih yang memberi kesan menawan pada tampilan calon mempelai.

  1. Tema Rustik

Gunakan dekorasi dengan tema rustik bila kamu dan pasangan tergolong anak hype. Tema ini dapat menambah kesan lamaran yang lebih khidmat dan sakral.

Untuk membuatnya, siapkan daun, bunga, ranting, dan rangka aneka kayu sebagai elemen dekorasi utama.

Kemudian letakkan bunga dan lilitan daun di langit-langit ruangan dan aera backdrop. Kamu jua menambahkan hiasan nama calon mempelai di papan tulis hitam yang berhiaskan lilitan dedaunan.

Untuk meningkatkan kesan romantis, jangan lupa melengkapi hiasan lamaran kamu dengan setting cahaya temaram.

  1. Dekorasi dengan Tema Foil dan Balon

Kalau tema satu ini simpel dan mudah banget dibuat sendiri. Kamu hanya perlu membeli aneka foil yang diinginkan dan balon dalam berbagai bentuk dan huruf untuk merangkai nama.

Beneran murah deh. Apalagi jika kamu punya keahlian khusus membentuk balon akan sangat menguntungkan.  

  1. Romantic Vintage

Tema romantic vintage memang terlihat cantik dan cerah karena didominasi oleh perpaduan warna merah yang bisa menumbuhkan kesan romantis bagi pasangan.

Untuk membuat tampilan vintage juga sangat mudah, kamu bisa menggunakan perabotan atau furniture khas jaman dulu.

Kemudian untuk gorden dan backdrop bisa mengaplikasikan warna merah dan menambahkan hiasan bunga dengan warna yang sama.

Itulah beberapa ide dekorasi lamaran sederhana yang dapat menjadikan hari istimewamu menjadi lebih berkesan.

Silahkan pilih salah satunya, atau juga bisa menggabungkan beberapa tema sekaligus supaya dekorasi semakin unik dari yang lain. Selamat mencoba.

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: Ide dekorasi untuk lamaran