Penulis: Dina Meidiana

11 tips Buat yang Kesulitan Dapat Ide Menulis

Ketika pikiran buntu, sebaiknya segarkan diri dulu.

the Monkey Times – Menulis adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, termasuk untukku. Bagi kalian yang senang sekali menulis, entah untuk blog atau pekerjaan, pernah merasakan tidak tahu ingin menulis apa? Kalau sudah stuck, pasti akan sulit sekali untuk mulai menulis. 

Nah, disini aku akan memberikan beberapa tips yang bisa membantumu mendapatkan ide untuk menulis. Yuk, cek apa saja. 

Penyebab Kesulitan Mendapatkan Ide Menulis 

Tapi, sebelum tahu apa saja caranya, kamu harus tahu kenapa terkadang sulit sekali menemukan ide yang tepat untuk menjadi bahan tulisan. Berikut ini adalah alasannya: 

  1. Jenuh 

Ini hal yang sering banget aku rasakan, yaitu rasa jenuh. Terkadang kita tak menyadari bahwa sedang merasa jenuh. Kenapa? Karena aktivitas yang selalu dilakukan berulang-ulang kadang membuat pikiran terpaku pada hal yang sama. Kalau sudah begini, pasti kamu akan susah mencari ide. Bagi kamu yang bekerja di kepenulisan, merasakan jenuh karena selalu menulis bisa jadi hambatan terbesar. 

  1. Kurang istirahat 

Ketika tubuh kurang istirahat, maka akan merasa sangat lelah. Ketika sudah seperti ini, biasanya tidak bisa menemukan ide kreatif untuk dijadikan bahan tulisan. Mungkin kamu tidak merasa lelah, tapi secara psikis bisa saja kamu sudah terlalu capek. 

  1. Terlalu banyak pikiran 

Menulis adalah salah satu pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi. Kadang, ketika kita sedang punya banyak pikiran, maka fokus teralihkan. Banyak faktor yang menyebabkan kondisi ini. Mungkin lagi putus cinta atau gebetan lagi tidak bisa dihubungi. Kalau sudah begini jelas kamu akan kesulitan untuk mencari ide tulisan. 

  1. Tempat kamu kerja kurang kondusif 

Selain faktor dari diri sendiri, lingkungan sekitar juga bisa mempengaruhi. Bisa jadi tempat kerjamu kurang kondusif. Sehingga kamu jadi hilang fokus dan pikiran pun jadinya teralihkan. Contohnya adalah lingkungan kantor terlalu berisik atau sekitar meja terlalu kotor. 

  1. Overload 

Overload yang aku maksud disini adalah terlalu banyak pekerjaan yang kamu handle. Bagi kalian yang menjadikan dunia tulis menulis sebagai pendapatan utama, kebanyakan pekerjaan bisa jadi penyebab kamu tidak mendapatkan ide. Hal ini sendiri bisa terjadi ketika kamu merasa bisa melakukan seluruhnya secara bersamaan. Padahal belum tentu kamu bisa mengerjakannya. 

Tips Mendapatkan Ide Menulis yang Menarik 

Nah, dari kelima penyebab di atas, bisa jadi kamu sedang mengalami salah satunya atau malah kesemuanya. Agar kamu bisa kembali menulis dengan ide-ide menarik, maka kamu bisa menjalankan beberapa tips seperti berikut ini: 

  1. Istirahat 

Kalau penyebab dari kesulitan mendapatkan ide adalah karena kurang istirahat, maka lebih baik kamu rehat sebentar. Apabila sudah mepet deadline, kamu bisa beristirahat dengan rebahan atau melakukan peregangan. Kalau bisa tidak melihat laptop atau ponsel. 

Hal ini pernah kulakukan dan cukup berhasil. Aku biasanya akan meninggalkan pekerjaan sekitar 15 menit tanpa menyentuh laptop atau ponsel. Cukup rebahan sambil mengosongkan pikiran sejenak. Tapi, jika kamu mempunyai banyak waktu, tidurlah sejenak.

  1. Membaca 

Nah, cara yang satu ini mungkin yang paling ampuh ketika sudah tidak tahu lagi ingin menulis tentang apa. Aku sendiri paling sering membaca untuk dapat memperoleh ide. Tidak harus membaca buku, kok. Biasanya seperti membaca kanal berita, isu terhangat dan lain sebagainya. 

Pada saat aku kehabisan ide, aku akan mulai membaca apapun. Tidak lama setelahnya pasti aku akan mendapatkan ide menarik yang akan aku bahas. Sstt, tulisan ini juga aku buat karena aku juga kehabisan ide. 

  1. Nonton film atau konten YouTube 

Coba, deh nonton film atau konten di YouTube, biasanya dari sana banyak sekali ide yang akan didapatkan. Contoh yang pernah aku lakukan adalah menulis tentang film yang sudah ditonton. Misalnya dari mengulik jalan cerita, pesan dari film dan lain sebagainya. 

Kalau dari konten YouTube biasanya aku akan mencari acara yang menghibur atau konten yang membahas sesuatu hal penting. Dari konten-konten ini juga bisa jadi referensi untuk kamu tulis. 

  1. Jalan-jalan sebentar 

Kamu juga bisa keluar dan jalan-jalan sebentar untuk bisa merefreshkan otak. Misalnya kamu kerja sebagai content writer di kantor, coba saja memanfaatkan waktu istirahat untuk makan di resto atau cafe favorite. 

Tapi, jangan bawa pekerjaan, ya. Gunakan waktu tersebut untuk kamu mengistirahatkan pikiran sejenak. Ngopi juga boleh atau malah ngemall sebentar juga bisa membantu, kok. 

  1. Banyak mendengar 

Ide tulisan juga bisa kamu dapatkan ketika sedang mendengarkan curhatan teman, keluarga atau boss sendiri, lho. Contohnya saat aku menulis tentang tips menyemangati teman yang putus cinta. Ide tersebut aku dapatkan ketika mendengarkan temanku sedang curhat karena patah hati. 

  1. Tulis dari bidang yang kamu suka 

Cara ini juga sering banget kulakukan. Hehe.. Meski aku menulis beberapa tema, tapi menulis tentang hobi atau kesukaan pasti bisa lancar. Misal, kamu suka Kpop, tulis saja tentang idol Korea Selatan yang kamu suka. 

Nah, itulah beberapa tips agar kamu bisa mendapatkan ide menulis. Sebenarnya kalau kamu jeli, apapun yang ada di sekitarmu juga dapat diulas lebih dalam agar bisa menjadi tulisan yang berkualitas. Jadi, jangan menyerah, ya.