10 Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan Tubuh, Jangan Anggap Sepele

Jalan kaki termasuk olahraga ringan, jika dilakukan secara rutin dapat memberikan manfaat seperti menjaga kesehatan jantung dan menurunkan berat badan.


manfaat jalan kaki

Ilustrasi pejalan kaki. (Foto: Istimewa)


Oleh: Ika Umi Hayati

Diterbitkan:

the Monkey Times – Meski hampir semua orang sering berjalan kaki, sayangnya sampai detik ini masih jarang ada yang menyadari manfaat kegiatan tersebut bagi kesehatan tubuh.

Jalan kaki termasuk olahraga ringan, jika dilakukan secara rutin dapat memberikan manfaat seperti menjaga kesehatan jantung dan menurunkan berat badan.

Dibandingkan olahraga jogging atau bersepeda, jalan kaki memang kerap disepelekan orang-orang.

Padahal, kegiatan ini memiliki manfaat yang tidak kalah banyak dari jenis aktivitas lain yang lebih berat.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa jalan kaki yang dilakukan secara rutin minimal 30 menit setiap hari dapat menyehatkan dan membuat tubuh bugar.

Berikut ini akan kami sampaikan beberapa manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuh. Apa saja?

Setidaknya ada 10 manfaat yang harus diketahui, silahkan simak informasinya.

Beberapa Manfaat Rutin Jalan Kaki

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Anda ingin jantung tetap sehat? Mudah kok caranya, tidak perlu melakukan olahraga berat dan cukup hanya dengan berjalan kaki saja.

Ya, jalan kaki punya manfaat untuk kesehatan jantung karena dapat meningkatkan sirkulasi darah dan denyut jantung dalam tubuh. Sehingga jantung akan lebih kuat dan terhindar dari penyakit kardiovaskular.

Namun sebelum melakukan olahraga ini, khususnya untuk Anda yang pernah punya riwayat sakit jantung, diharapkan untuk menghubungi dokter terlebih dahulu guna melakukan konsultasi tentang durasi jalan yang tepat.

Karena Anda harus menyesuaikan jenis olahraga yang dipilih serta dampaknya bagi kesehatan.

  1. Mencegah Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 sering terjadi pada orang dewasa dan lansia, bahkan saat ini mulai banyak ditemukan pada anak-anak dan remaja.

Penyakit ini sebisa mungkin harus dicegah karena dapat menyebabkan komplikasi seperti gangguan pendengaran, penyakit Alzheimer, penyakit kulit, bahkan penyakit jantung.

Untuk menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2, Anda harus rutin berolahraga. Salah satunya dengan berjalan kaki, olahraga ini dapat memicu kinerja otot sehingga mampu meningkatkan penyerapan glukosa dalam sel tubuh dan mengubahnya menjadi energi.

  1. Menurunkan Tekanan Darah dan Kadar Kolesterol

Tak hanya mencegah diabetes tipe 2 dan menjaga kesehatan jantung, olahraga ringan ini juga dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol jahat (LDL).

Dengan demikian, risiko terjadinya penyakit jantung dapat diminimalisir.

  1. Mencegah Tulang Keropos (Osteoporosis)

Tulang keropos atau Osteoporosis terjadi karena adanya penipisan tulang, sehingga jadi rentan patah karena saking rapuhnya.

Baca Juga:  7 Menu Diet Sehat yang Mudah Kamu Dapatkan

Anda dapat mencegah osteoporosis dengan mencoba berjalan kaki setiap hari, lakukan secara rutin karena olahraga ini dapat memberikan banyak manfaat.

Selain jalan kaki, Anda juga bisa mencoba jogging, hiking, maupun aktivitas lainnya yang membantu menjaga kesehatan tulang.

  1. Mengurangi Stres

Stres bisa dikurangi bahkan dicegah dengan cara rutin berjalan kaki. Karena saat Anda melakukan aktivitas fisik, hormon endorfin akan dilepas oleh tubuh.

Pelepasan hormon endorfin dapat mengurangi rasa cemas, depresi, serta memperbaiki suasana hati. Berjalan kaki juga membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak, lho.

  1. Memperkuat Imunitas Tubuh

Tingkatkan imunitas atau daya tahan tubuh dengan berjalan kaki secara rutin, baik di pagi maupun siang hari.

Aktivitas ini bahkan bisa mencegah berbagai infeksi penyakit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa seseorang akan lebih jarang sakit apabila mereka berjalan kaki setiap hari selama 30-45 menit.

Dan manfaat ini tidak akan dirasakan oleh mereka yang tidak berolahraga.

  1. Menurunkan Berat Badan

Setiap orang tentu ingin punya berat badan ideal, bukan? Nah, hal ini dapat diwujudkan dengan berjalan kaki selama 30 menit setiap hari, maka Anda telah membakar 150 kalori.

Kalori akan semakin banyak terbakar apabila langkah kaki semakin cepat. Manfaat jalan kaki yang satu ini pastinya sangat diharapkan oleh banyak orang.

Karena selain menjadikan tubuh lebih sehat, juga bisa membantu mengontrol berat badan.

Supaya hasilnya lebih maksimal, Anda perlu menerapkan pola makan yang sehat. Jadi, tidak hanya berjalan kaki saja ya.

  1. Menguatkan Otot

Berjalan kaki dapat membantu Anda memperkuat otot-otot kaki. Anda bisa berjalan dengan kecepatan sedang hingga cepat untuk hasil yang lebih maksimal.

Atau juga bisa mengkombinasikannya dengan latihan squat dan lunges beberapa kali dalam seminggu supaya otot semakin kuat.

  1. Mencegah Stroke

Manfaat yang terakhir dari jalan kaki adalah mencegah penyakit stroke. Setidaknya lakukan kegiatan ini minimal 5 kali seminggu dengan durasi 30 menit.

Selain mencegah stroke, olahraga ini juga memiliki manfaat untuk orang-orang yang sedang pemulihan dari penyakit stroke.

  1. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Jalan kaki secara rutin akan mengaktifkan berbagai organ di dalam tubuh, termasuk organ pencernaan.

Terbukti bahwa rutin melakukan jalan kaki akan mengaktifkan pergerakan usus. Sehingga, jalan kaki secara rutin mampu memperbaiki sistem pencernaan.

Nah, itulah 10 manfaat jalan kaki yang perlu diketahui. Ayo ubah rutinitas yang tadinya bermalas-malasan menjadi rajin berolahraga setiap hari. Dan rasakan perubahan pada diri Anda yang menjadi lebih sehat.

Baca Juga:  Melek Finansial Sejak Dini: Pengertian dan Cara mengatur Keuangan
Temukan artikel menarik lainnya di topik: Manfaat olahraga, rutin jalan kaki

Atau baca artikel lain yang ditulis: Ika Umi Hayati



Slide
Infografis jumlah bus listrik di seluruh dunia
Slide
Infografis vespa matik di Indonesia
Slide
Infografis kencan di era pandemi
Slide
melek finansial
Slide
infografis waralaba
Slide
infografis-jaga-kesehatan-saat-banjir
Slide
Infografis aktor Philip Seymour Hoffman
Slide
Infografis estetika film Paul Anderson
previous arrow
next arrow


Rekomendasi Artikel


Cara Sinema Sport Wisata Sosial